GUITAR X MUSIC: 4 Gitar dan Jenis Lagu Yang Dimainkan

  • By: Ricky Sidan Putra
  • Kamis, 13 October 2016
  • 6615 Views
  • 0 Likes
  • 2 Shares

Mencari gitar yang cocok bagi seorang musisi itu seperti membeli rokok, karakter dan image dari produk bisa mempengaruhi persona orang yang memegangnya. Oleh karena alasan itu, beberapa produsen gitar sangat fokus untuk mendukung musisi dengan permainan yang bisa mewakili karakter produk mereka. Berikut beberapa merek gitar yang mungkin sesuai dengan jenis musik yang akan kamu mainkan.

1. IBANEZ

Image taken from: www.wallpaperfolder.com

Saat mendengar istilah “Dewa Gitar”, mungkin yang terlintas di kepala kita nama-nama seperti Steve Vai, Joe Satriani, dan Paul Gilbert. Tidak hanya kecepatan tangan, keahlian permainan nada, atau bahkan riff-riff unik bisa menjadi persamaan di antara mereka. Persamaan lain? Mereka menggunakan gitar Ibanez. Dengan neck yang tipis, gitar buatan Jepang ini memiliki karakter suara yang tajam dan jumlah fret yang cukup luas. Dicampur dengan distorsi tebal, Ibanez bisa menjadi sangat ‘nakal’. Hanya dengan permainan volume pada gitar, kamu akan mendapatkan range suara halus ke kasar yang luas. Tambahkan delay sedikit dan kamu siap untuk memainkan lagu para dewa-dewa gitar di atas.

Cocok untuk memaikan: Dream Theatre, Steve Vai, Joe Satriani, Mr. Big, PAS Band.

2. GIBSON

Image taken from: www.uberchord.com

Dibuat di Nashville, Tennessee, Gibson terkenal dengan range produk yang sangat luas. Mulai dari Les Paul yang tidak pernah lepas dari pangkuan Slash, seri SG yang sangat populer di kalangan musisi hard rock seperti Tommy Iomi, hingga ke seri hollow body atau Firebird yang menjadi favorit musisi gokil seperti Dave Grohl.

Berawal dari pabrik pembuat mandolin pada akhir era 1800an hingga ke awal 1900an, semua berubah saat tahun 1936 Gibson ‘nekat’ untuk mengeluarkan seri Electric Spanish atau ES-150 yang merubah industri gitar selamanya. Setelah itu Gibson terus berinovasi untuk menciptakan barisan produk yang sangat memuaskan, mulai dari kayu halus yang tahan lama, pick up yang memiliki khas sound detail, dan yang terpenting adalah inovasi terbaru mereka yaitu G-Force alias alat tuner otomatis di gitar. Ya, OTOMATIS! Petik masing-masing senar, dan gitar akan otomatis menyetem sendiri.

Cocok untuk memainkan: Black Sabbath, AC/DC, Foo Fighters, Guns N Roses, The S.I.G.I.T.

3. FENDER

Image taken from: www.fender.com

Walaupun Gibson mengeluarkan Electric Spanish gitar pertama di tahun 1936, 5 tahun kemudian seorang tukang listrik bernama Leo Fender memiliki ide untuk menciptakan gitar solid pertama dengan suara yang mudah untuk disetel. Muncullah Fender Telecaster (saat itu masih bernama Broadcaster), sebagai gitar listrik dengan single pick up pertama. Walaupun instrumen listrik pertama sebetulnya diciptakan oleh Luthiers, namun Fender adalah gitar listrik masif pertama yang laku di pasaran. Dengan menggunakan single coil pick up, karakter suara Fender sangat jernih dan ‘jujur’ alias bersih sesuai dengan pengaturan dan permainan kita. Maka dari itu gitaris-gitaris blues seperti Stevie Ray, John Mayer, & Jimi Hendrix lebih memilih Fender sebagai senjata mereka di atas panggung.

Cocok untuk memainkan: Rolling Stone, Radiohead, John Mayer, Jimi Hendrix, Scaller.

4. RICKENBACKER

Image taken from: www.thegearpage.net

Mempunyai bentuk yang unik tidak membuat Rickenbacker menjadi gitar yang dianggap enteng oleh para musisi kelas dunia. Berawal dari gitar electric hollow body, para gitaris di era itu melihat Rickenbacker hanya sebagai gitar spanyol listrik biasa. Semuanya berubah saat pemuda bernama John Lennon pada tahun 1960 mencobanya di salah satu toko musik di Hamburg. Setelah itu Lennon yang sedang naik daun dengan The Beatles mempopulerkan gitar ini sebagai trademark-nya. Setelah berkali-kali menggunakannya di atas panggung & rekaman, Rickenbacker pun mengeluarkan seri Lennon yang langsung menjadikan image The Beatles melekat pada Rickenbacker. Saking banyaknya band Inggris yang mulai mengunakan gitar ini, banyak orang mengira gitar yang berasal dari California ini adalah gitar British.

Cocok untuk memainkan: The Beatles, Oasis, The Smith, Tame Impala, Sore

 

Keempat gitar diatas adalah beberapa contoh gitar yang mempunyai karakter kental dan melekat berdasarkan genre musik yang dimainkan. Gitar mana yang paling cocok untuk memainkan musikmu?

1 COMMENTS
  • armandasthenia

    ibanez + fender + gibson

Info Terkait

supergears
356 views
supergears
356 views
supergears
356 views
supergears
356 views
supergears
698 views
supergears
698 views