JIMI'S PEDALS: 4 PEDAL YANG BIKIN KAMU KEDENGERAN SEPERTI JIMI HENDRIX

  • By: RSP
  • Kamis, 27 October 2016
  • 3428 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Siapa sih yang enggak tau gitaris blues rock era tahun 60an Jimi Hendrix? Ngga cuma bapak-bapak kita, kita pun sekarang masih suka nganga kalo dengerin om Jimi main. Gitaris kelahiran tahun 1942 di Seattle ini terkenal dengan permainan gitarnya yang ‘nakal’ dengan sound yang kasar. Nah, sekarang kalian punya kesempatan untuk memiliki sound kaya Jimi Hendrix, cukup dengan beberapa pedal berikut.

1. ELECTRO HARMONIX BIG MUFF 

Efek legendaris yang tergolong murah tapi tidak murahan ini kerap menemani Jimi di atas panggung atau saat rekaman. Mulai dari "Stone Free", "Red House", hingga lagu sepopuler "Purple Haze", sound Big Muff terdengar di sepanjang lagu. Menggunakan Big Muff, Jimi biasanya hanya memainkan volume di gitarnya saat sedang solo gitar untuk mendapatkan sound tipis ke tebal seperti yang dia mau. Seperti terdengar di lagu "Manic Depression", mulai dari intro lagu hingga ke bagian vocal masuk, volume gitar diset di ‘5’, lalu saat solo, Jimi memaksimalkan volume gitarnya tanpa merubah setting-an pedal.

 

 

2. VOX WAH WAH

VOX V846 atau yang biasa disebut dengan VOX Wah Wah, adalah pedal wajib punya buat kamu yang biasa memainkan lagu cover Jimi Hendrix. Selain suaranya yang brutal, pedal ini juga memiliki karakter Wah yang khas. Sebut saja track "Voodoo Child" atau "Sunshine of Your Love", suara distorsi kasar dicampur dengan suara kering VOX Wah, siapapun yang mendengar pasti akan langsung meleleh mendengarnya. Tak heran apabila pedal ini sering digunakan Jimi di beberapa lagu yang favorit dibawakannya pada saat Live.

 

3. MXR UNI-VIBE

Sebetulnya Jimi dulu menggunakan Univox Uni-Vibe yang sudah agak langka untuk dicari. Untungnya, Dunlop series MXR mengeluarkan saudari kembar dari pedal tersebut, MXR Uni-Vibe. Tidak jauh berbeda dengan pedal aslinya, Uni-Vibe mengeluarkan suara chorus-vibrato seperti yang kita dengar di hampir semua lagu Jimi Hendrix apalagi saat dia memainkan clean tone-nya. Di beberapa lagu slow seperti "Angel" atau "Little Wing", suara kental Uni-Vibe mengambil alih emosi gitar Jimi Hendrix dan tidak pernah gagal meninggalkan kesan. Masih ingat saat Jimi memainkan lagu kebangsaan Amerika "Star Spangled Banner" di Woodstock 1969? Semua berkat Uni-Vibe!

 

4. FUZZ FACE

Walaupun tidak begitu sering menggunakan pedal, namun Jimi tidak akan pernah ketingggalan menggunakan Fuzz Face-nya. Di lagu hits seperti "Foxy Lady" dan "All Along The Watchtower", suara pedal ini nongol disepanjang lagu. Keasikannya dalam menggunakan Fuzz membuat para penggemar menjulukinya the master of fuzz. Makanya banyak yang kecewa saat Fuzz Face tidak lagi dikeluarkan sampai di tahun 1993, Dunlop yang berhasil mendekati keluarga dekat Jimi, berhasil meluncurkan Fuzz Face Jimi Hendrix Series. Sekarang Fuzz Face bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko musik terdekat.

 

Nah, 4 pedal di atas akan ngebuat sound kamu terdengar seperti Jimi Hendrix. Belum sah jadi fans Jimi Hendrix apalagi sampai memainkan lagunya kalau kamu lepas dari pedal-pedal di atas.

 
0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
328 views