ACTIVE Vs PASSIVE PICKUPS: Perbedaan Pickup Aktif dan Pasif

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 26 January 2017
  • 18140 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Membeli sebuah gear/perangkat musik mungkin akan menjadi sebuah pengalaman yang gampang-gampang susah untuk bagi sebagian teman-teman gitaris ataupun yang baru akan serius untuk terjun di bidang ini. Sampai sekarang pun kadang saya masih suka ‘bimbang’ jika harus membeli sebuah perangkat musik. Karena mudahnya kita untuk mengakses informasi, maka dengan otomatis opsi kita akan bertambah, yang ujung-ujungnya malah membuat semakin bingung :)).

Untuk kalangan gitaris, salah satu yang cukup membuat bingung adalah saat sang gitaris ingin membeli/meng-upgrade pickup pada gitarnya. Pertanyaan yang sering muncul adalah: beli merek apa? beli pickup aktif atau pasif? nanti bakalan bagus atau enggak dsb. Mungkin kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan berangkat dari jenisnya: Aktif vs Pasif.

Pickup Passive

Pickup pasif adalah pickup yang dibuat terlebih dahulu dan masih tetap populer sampai saat ini. Jika kalian sering mendengarkan musik-musik ‘tradisional’: jazz, blues, era awal musik rock & roll, sampai era awal musik-musik metal, pickup inilah yang digunakan di gitar para gitaris era-era tersebut. 

Pickup Active

Di samping memerlukan baterai, cara paling mudah untuk mendeskripsikan pickup aktif adalah pickup ini cenderung mempunyai power yang lebih besar ketimbang pickup pasif umumnya, sehingga lebih mudah bagi para user-nya untuk mendapatkan distorsi saat ‘menghajar’ channel gain dari ampli yang digunakan. Pickup yang mulai populer di pertengahan tahun 80-an ini masih banyak digunakan oleh para gitaris saat ini terutama para gitaris metal. Salah satu merek yang populer adalah EMG atau Seymour Duncan.

Perbedaan

Hal paling mudah untuk membedakan kedua jenis pickup tersebut adalah dengan melihat apakah pickup tersebut perlu baterai atau tidak. Pickup aktif memerlukan sebuah baterai (biasanya sebuah baterai 9v berbentuk kotak) untuk beroperasi sedangkan pickup pasif tidak. Tapi selain itu terdapat juga beberapa perbedaan dari kedua jenis pickup tersebut, seperti:

  • Output

Kebanyakan pickup aktif ini mempunyai power yang lebih besar ketimbang pickup pasif pada umumnya, yang mana hal tersebut merupakan poin menarik bagi beberapa gitaris.

  • Dynamic

Dari segi respons, pickup pasif lebih responsif terhadap dinamika picking kita. Dengan kata lain, sound yang keluar akan lebih mencerminkan bagaimana power dari picking kita; pelan ataupun keras. Dengan pickup aktif, sound yang keluar secara keseluruhan akan terdengar lebih rata dari segi power.

  • Noise

Dikarenakan jumlah lilitan yang digunakan dan jenis magnet yang bla bla bla.... simple-nya, pickup passive lebih sensitif terhadap feedback dan noise lainnya ketimbang pickup aktif. tidak jarang juga ada kasus gitaris ‘classic rock’ yang beralih ke pickup aktif karena hal tersebut.

Kesimpulan

So, kenapa tidak semua pickup aktif? Meskipun punya beberapa kelemahan dari segi power dan noise, pickup pasif tetap mempunyai respons dinamika yang lebih lebar ketimbang pickup aktif. Meskipun ada beberapa pabrikan pickup seperti DiMarzio yang sudah membuat pickup pasif yang mampu menyaingi kehebatan pickup aktif, yakni seri D-Activator, untuk gitaris yang membutuhkan dinamika yang lebar seperti musik blues, jazz, funk, ataupun rock.

Di sisi lain, pickup aktif yang mampu mengeluarkan sound yang lebih detail dan powerful. Sering dianggap bersuara kaku atau steril, karena respons dinamikanya yang lebih sempit ketimbang pickup aktif. Tapi untuk urusan power dan artikulasi, pickup ini masih sering menjadi pilihan pertama bagi para gitaris-gitaris metal.

Bagi saya, salah satu kesulitan yang belum terjawab dalam membeli sebuah pickup disini adalah belum ada sistem yang membuat bagaimana pembeli dapat mencoba/trial pickup yang akan dibeli di gitar kita sendiri. Mungkin dalam waktu dekat ini akan muncul solusi untuk hal tersebut

Keep playing and never stop to learn ;)

Foto: ultimate-guitar.com

2 COMMENTS
  • andhika13pap

    Gitar saya pake pickup active (Seymour Duncan Blackout), rencananya mau dicampur sama pickup pasif (Dimarzio Liquifire), biar menghasilkan soundnya John Petrucci di neck & suara hardcore di bridge. Nah, kalo dua jenis pickup digabung bakal muncul masalah ga (di sound ataupun kelistrikannya)? Makasih

  • rikysubagza31

    Wah keren baru tau

Info Terkait

supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views