CHOOSE YOUR AMPLIFIER: Amplifier Tabung atau Solid State?

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 11 November 2016
  • 8181 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Pada suatu waktu di sekolah musik saya, ada salah seorang siswa bertanya kepada saya, kurang lebih begini percakapan yang terjadi:

siswa: "kang, saya mau beli ampli, kira-kira ampli apa ya?".

saya (sambil iseng): "butuhnya ampli yang kaya gimana?"

siswa: "... yang kaya gimana tuh gimana kang?"

saya: "maksudnya karakter soundnya seperti apa; lebih ke amrik atau british, vintage atau modern, high gain atau nggak, tabung atau solid state?"

siswa : ".......(bingung).... emang ada banyak ya kang jenis-jenisnya?"

Memilih ampli bisa dibilang gampang-gampang susah, gambaran di atas adalah salah satu contoh kasus yang terjadi saat seorang pemain gitar mulai melengkapi gear-nya dengan membeli ampli. jika kita bahas semua aspek tentang ampli mungkin akan perlu uraian yang lebih panjang dan mendalam. Namun untuk lebih singkat, mari kita bahas salah satu aspek yang sering ditanya para gitaris yang telah melakukan sedikit riset tentang ampli; beli ampli tabung atau solid state.

Sejarah Singkat Ampli

Pada era awal kemunculan amplifier antara perang dunia I & II, hampir semua barang elektronik menggunakan teknologi tabung - termasuk radio, telephone dan televisi. Baru pada akhir tahun 40-an, teknologi transistor ditemukan, dan selama 30 tahun ke depan semua sistem yang menggunakan tabung sudah beralih menggunakan transistor, termasuk ampli gitar.

Bagi para gitaris, banyak yang berpendapat bahwa ampli dengan teknologi tabung masih bersuara lebih baik daripada yang menggunakan teknologi transistor (solid-state). Namun bukan berarti ampli solid-state bersuara jelek, karena saat ini banyak sound dari ampli solid-state yang sudah bersuara sangat baik. Munculnya teknologi digital juga membantu menghilangkan "gap" antara ampli tabung dan solid-statem dengan banyaknya ampli solid-state yang hampir mampu menyamai sound ampli tabung. Meskipun demikian, banyak yang tetap berpendapat jika ampli tabung bersuara lebih baik ketimbang solid-state. But why?

 

Ampli Tabung

Singkatnya, ampli tabung lebih responsif menangkap permainan kita ketimbang solid-state. Yang berarti dinamika picking kita akan berpengaruh dalam membentuk sound yang keluar. Ampli tabung juga cenderung bersuara lebih keras dari solid-state, atau dengan kata lain suara yang keluar langsung dari ampli tabung 50-watt. Karakter ampli tabung juga cenderung warm, dan cenderung lebih nyaman di telinga; meskipun kita menggunakan setting ampli sekasar mungkin. atau bahasa simplenya ampli tabung bersuara lebih "enak".

 

Solid State

Seiring perkembangan teknologi, ampli solid-state saat ini juga banyak yang mampu menyerupai sound yang keluar dari ampli tabung. Tidak seperti tabung yang mempunyai umur (waktu) tertentu untuk diganti, ampli solid state bisa dibilang lebih sedikit memerlukan perawatan jangka panjang. Selain tidak membutuhkan perlakuan khusus dari segi penggunaan dan maintenance, ampli solid state umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan ampli tabung.

 

In a nutshell

Kamu harus memperhatikan beberapa poin berikut sebelum membeli ampli tabung atau solid state.

Pilih ampli tabung jika:

  • Memerlukan ampli tabung untuk mendapatkan sound yang dibutuhkan.
  • Punya waktu lebih untuk perawatan dan penyimpanan.
  • Budget tersedia.

Pilih ampli solid-state jika:

  • Mencari ampli dengan harga yang ekonomis
  • Memerlukan rig yang lebih mobile (karena bobot ampli solid-state yang cenderung lebih ringan)
  • Memerlukan sound yang dihasilkan dari ampli sound state.

Meskipun sekilas terlihat ampli tabung lebih baik dari solid-state, bukan berarti ampli solid state jelek atau kurang pas untuk keperluan professional. Pada kenyatanya gitaris sekaliber Dimebag Darrel (Pantera) dan Eet Sjahranie (EdanE) menggunakan ampli solid-state untuk keperluan recording dan live performance mereka. 

 

So, keep looking for your needs and keep playing.

1 COMMENTS
  • rikysubagza31

    baru tau, mendukung yang suka musik

Info Terkait

supergears
376 views
supergears
376 views
supergears
376 views
supergears
376 views
supergears
705 views
supergears
705 views