BACK TO BASIC: Haruskah Musisi Mengerti Audio Recording? (Bagian 1)

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 13 February 2017
  • 3002 Views
  • 4 Likes
  • 0 Shares

Tidak bisa dipungkiri, sebagai seorang musisi baik pemula ataupun musisi profesional, tetap membutuhkan apa yang disebut demo. Baik itu demo untuk ke event, produser, atau bahkan demo yang kita buat untuk diberikan kepada anggota band/musisi lainnya. Sebuah demo merupakan medium yang paling mudah dipahami oleh pihak lain dibandingkan memberikan karya kita dalam bentuk partitur, karena tidak semua orang mengerti cara membaca partitur. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita dapat membuat sebuah demo yang layak dengar.

Di era sekarang ini, mengerti akan basic audio recording akan sangat membantu seorang musisi dalam membuat karya atau bahkan mengembangkan karirnya. karena dengan mengerti basic audio recording, seorang musisi akan mendapatkan beberapa benefit seperti:

1. Mengikuti perkembangan teknologi

Sedikit melihat ke beberapa tahun belakang, saat dimana untuk membuat sebuah demo memerlukan beberapa proses seperti harus menyewa studio untuk live recording dsb.

Perkembangan teknologi telah banyak membantu para musisi dalam membuat sebuah karya. Banyak step-step­ dalam membuat sebuah karya yang telah diberhasil dipangkas atau dipercepat prosesnya oleh teknologi. yang salah satunya adalah proses recording.

Dengan mengerti bagaimana mengoperasikan komputer, audio interface, dan DAW (Digital Audio Workstation), seorang musisi akan mempunyai tools yang powerful untuk berkarya, baik itu sekadar untuk membuat demo ataupun membuat sebuah album yang siap rilis.

2. Efisiensi budget dan waktu

Dengan mengerti basic audio recording, akan mempermudah kita untuk membuat demo yang bisa diperdengarkan oleh rekan satu tim kita. Hal tersebut akan membuat waktu kita di studio rekaman (untuk pembuatan album) tidak terbuang percuma hanya untuk sekedar membuat guide yang nantinya semua itu akan berujung pada efisiensi biaya untuk produksi secara keseluruhan.

3. Mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan engineer

Dengan mengerti proses audio recording, kita sebagai musisi juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan engineer ataupun produser, terutama dalam mendeskripsikan sound yang kita inginkan. Mulai dari microphone yang kita gunakan untuk recording, sampai hardware yang kita perlukan untuk proses mixing/ mastering.

4. Dapat mengaplikasikan ilmu ini di situasi lain

Karena pada dasarnya teknologi yang digunakan untuk keperluan studio recording dan keperluan live adalah sama. Sebagai contoh, kita akan dengan sendirinya belajar mengenai beda antara kabel TS dan kabel TRS saat kita mulai mengenal basic audio recording, selain itu kita juga akan mempunyai pengetahuan tentang frequency dalam sebuah komposisi musik dan banyak lagi hal lainnya.

Membuat lagu, latihan, membuat demo dan recording merupakan rutinitas yang dilakukan oleh para musisi. Tapi di era sekarang ini, teknologi telah berhasil mempercepat semua proses tersebut, yang berarti membuat sebuah karya atau sekedar demo sudah tidak sesulit beberapa dekade kebelakang, bahkan terdapat beberapa teman musisi yang membuat albumnya sendiri; mulai dari proses recording, mixing sampai mastering

Menurut saya pribadi, seorang musisi memang sebaiknya mengerti tentang dasar audio recording dan juga tetap mengikuti perkembangan teknologi, karena saat ini hal tersebut dapat menentukan apakah si musisi dapat sukses atau bertahan di industri ini.

Don't forget to practice and keep open for any knowledge ;)

Foto: www.thebalance.comwww.bandpages.ie, songtown.com.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster

supergears
203 views

Mooer GE-200: The Multi-Monster