BOSS DS-1: Best Selling Guitar Pedal?

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 14 September 2018
  • 429 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Semenjak kemunculannya di tahun 1978, efek BOSS DS-1 seringkali hadir dalam rangkaian pedal board milik para guitar legend, dari mulai Steve Vai, Joe Satriani sampai dengan Kurt Cobain. Setelah lebih dari 30 tahun beredar di market dan tetap bertahan dengan bentuk dan performanya, banyak yang mengatakan kalau pedal BOSS DS-1 ini adalah salah satu best-selling pedals of all time.

Sound & Performance

Seperti halnya pedal effect klasik, BOSS DS-1 hanya mempunyai 3 knob pengaturan: level, dist, dan tone. Tetapi memang bukan knob-knob tersebut yang membuat pedal ini banyak digunakan oleh gitaris. Keunggulan dari pedal ini memang terletak pada kualitas sound yang dihasilkan. Dan hal yang menarik adalah benda ini bisa juga digunakan untuk bass bahkan kibor.

Test, test…

Hal pertama yang dilakukan saat mencoba pedal ini adalah menggunakannya dengan clean channel (Gitar -> DS-1 -> Ampli) dengan setting knob semua flat di jam 12. Dengan setting yang disebutkan tadi, sound yang dihasilkan oleh benda ini akan mengingatkan kita ke sound drive classic rock macam AC/DC dan sejenisnya.

Jika kita putar knob distortion lebih besar lagi, sound yang dihasilkan akan sedikit “fuzzy” dengan compression yang lebih besar. Untuk knob tone sendiri, akan mengakomodasi kita untuk membuat sound lebih dark/bright.

Percobaan kedua adalah mencoba pedal ini dengan lead channel (masih dengan konfigurasi yang sama; Gitar -> DS-1 -> Ampli). Well, saat mencoba hal ini kita akan langsung pada kesimpulan pedal ini akan kita perlukan untuk nge-boost pada saat kita ini melakukan gitar solo. Pedal ini memberikan saturasi yang memberi kesan sound lead yang BIG, Tinggal tambahkan delay, dan kita akan mendapatkan sound lead yang epic.

Kesimpulan

Versatile, mungkin itu adalah kata yang pas untuk menggambarkan sound yang dapat dihasilkan oleh benda ini. Mulai dari sound low drive sampai dengan high gain bisa ter-cover oleh pedal ini. Meskipun judul dari benda ini adalah pedal distortion, benda ini juga bisa melakukan hal-hal layaknya overdrive pedal (meskipun perlu sedikit pengalaman lebih untuk mendapatkan sound tersebut). Dan seiring berkembangnya teknologi, saat ini ini pedal tersebut juga tersedia dalam versi “modified” atau yang sudah mengalami modifikasi, tentunya dengan sound variatif dari versi default-nya.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
1863 views
superbuzz
2414 views

5 Musicians with Big Muff Pedal