Clean Boost Pedal: Fungsi dan Alasan Memilihnya

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 19 September 2017
  • 8040 Views
  • 5 Likes
  • 0 Shares

Clean boost adalah pedal yang akan mem-boost volume dari sinyal gitar kita. Yang membedakan dengan overdrive ataupun pedal distorsi adalah pedal clean boost ini hanya sedikit atau bahkan tidak memberikan ‘warna’ tambahan dari sinyal aslinya.

Lantas apa gunanya pedal ini?

Untuk beberapa teman yang memang sudah biasa menggunakan distorsi dari ampli, mungkin ada yang sudah paham mengenai apa yang disebut sebagai headroom. Sebagai contoh, jika ampli yang kita gunakan mempunyai clean-headroom yang besar, berarti ampli tersebut tidak akan mudah terdistorsi, kecuali kita menggunakan volume yang sangat keras. Misalnya pada ampli Fender Twin Reverb, clean-booster pedal yang kita gunakan pada ampli ini akan tetap terdengar clean.

Demikian juga sebaliknya, jika kita menggunakan ampli dengan clean-headroom yang kecil seperti JCM 800. Saat kita menggunakan clean-boost pada ampli ini, ampli JCM 800 akan lebih mudah untuk menghasilkan distorsi dibanding saat kita menggunakan ampli Fender Twin Reverb, karena clean-headroom ampli JCM 800 lebih kecil dibandingkan ampli Fender. Dan saat kita menggunakan clean-booster, distorsi yang dihasilkan hampir atau bahkan sepenuhnya dihasilkan oleh ampli tersebut, berbeda dengan pedal overdrive yang memberikan color atau drive bawaan dari pedal.

[bacajuga]

Apa lagi yang dapat dilakukan clean-boost?

Hal yang paling dapat dirasakan adalah distorsi yang dihasilkan akan terdengar atau terasa lebih natural saat kita menggunakan clean-boost. Sound kita akan terdengar lebih smooth dan creamy yang mana hal tersebut sulit didapatkan oleh pedal overdrive standar.

Alasan memilih clean-boost dibandingkan overdrive?

Menggunakan clean-boost akan memberikan kita beberapa benefit yang mana sulit didapatkan apabila kita menggunakan pedal overdrive standar. Salah satu benefit-nya adalah saat kita mengombinasikan clean-booster dengan pickup gitar ber-output medium-high, kita akan mendapatkan sound overdrive yang clean dan juga creamy, yang mana sulit didapatkan dengan menggunakan overdrive pedal standar, meskipun beberapa pedal overdrive sudah ada yang dapat mengakomodasi kita untuk mendapatkan sound tersebut, tapi tetap lebih mudah apabila kita menggunakan clean-booster.

Selain itu, clean-boost juga dapat mengakomodasi kita untuk mendapatkan sound boost yang clean saat kita solo. Karena meskipun kita mengatur knob gain pada pedal overdrive, kebanyakan pedal overdrive tetap memberikan color sendiri.

Yang perlu diingat saat menggunakan clean-booster ini adalah benda ini akan sangat baik untuk digunakan apabila ampli yang kita gunakan sudah "baik" dari sisi tone-nya.

Clean-boost yang harus dipilih?

Berikut akan disebutkan beberapa clean-boost pedal yang dapat dijadikan referensi untuk teman-teman dalam memilih pedalnya. Namun hal penting yang harus diingat adalah: list dibawah bersifat subjektif. Karena untuk beberapa orang yang mempunyai budget yang tidak terbatas akan mempunyai list pedal yang berbeda dengan player yang mempunyai budget yang terbatas hehe.

1. MXR M-133 Micro Amp

Salah satu pedal yang paling recommended yang ada di market. Pedal yang hampir sepenuhnya transparan (tanpa coloration) ini hanya memberikan kesan sedikit lebih bright saat digunakan. Harga cukup terjangkau dan juga digunakan oleh musisi-musisi ternama seperti john Frusciante, Alex Turner, Flea, Jack White dll.

2. Xotic Effects EP Booster

Termasuk salah satu pedal booster yang paling sering saya lihat di kalangan teman-teman gitaris. Pedal ini memberikan sedikit warna tambahan pada sound kita, tapi tetap natural; tone overdrive terasa lebih tebal dan lebih creamy. Pedal ini juga bisa dibilang perfect sebagai pedal yang "always On".

3. Electro-Harmonix LPB-1

Bila kita mencari pedal yang memberikan color untuk sound gitar kita, terutama di frekuensi mid-range, akan cukup sulit mencari pedal dengan harga yang ‘pas di kantong’. Namun dengan kualitas dan nilai ekonomisnya , pedal ini akan masuk dalam list untuk kalian yang tidak terlalu ingin menghabiskan budget di pedal boost.

4. ZVex Super Hard On

Salah satu pedal efek kelas ‘boutique’ ini mungkin bisa dibilang merupakan pilihan yang tidak biasa dalam list pedal boost. Dengan sound yang cukup transparent dan jangkauan gain knob yang besar, pedal ini masuk ke dalam list pedal boost kita sekarang. Dan juga selain fitur yang dimilikinya, pedal ini mempunyai desain unik yang dapat membuat pedalboard kita semakin menarik.

5. Xotic Effect RC Booster

Salah satu booster paling clean yang ada di market saat ini. Berbeda dengan pedal-pedal sebelumnya, tersedianya knob treble dan bass pada pedal ini akan memberikan kita kontrol untuk sound yang dihasilkan saat pedal ini digunakan. Dengan fitur true bypass dan kualitas dari Xotic yang sudah tidak diragukan lagi, pedal ini adalah pilihan yang paling baik, terutama untuk teman-teman yang mempunyai budget di atas rata-rata.

Beberapa list pedal di atas dapat dijadikan acuan awal untuk teman-teman yang memang ingin memilik clean-boost pedal. Meskipun mungkin banyak istilah yang masih asing bagi teman-teman, tapi setidaknya saat kalian mampir ke toko musik, beberapa pedal di atas dapat dijadikan benda awal yang dapat kalian coba. 

Cover photo: bigcitymusic.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
39 views
supergears
39 views
supergears
39 views
supergears
39 views
supergears
39 views
supergears
39 views