Diezel VH4 Head

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 27 January 2016
  • 1789 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Selama beberapa tahun terakhir, Diezel amplifier telah menjadi ampli pilihan yang harus dimiliki oleh beberapa gitaris-gitaris high-profile­  di planet ini. Sebut saja James Hetfield, Billy Corgan dan Matt Bellamy adalah tiga dari sekian banyak orang yang telah menggunakan ampli empat channel keluaran Jerman ini.

Peter Diezel yang merupakan founder dari Diezel amplification, mulai berkecimpung di dunia amplifikasi gitar dengan memodifikasi Marshall di Munich pada tahun 1980 dan mendirikan perusahaan dengan Peter Stapfer pada awal 1990s. VH4 pertama diproduksi pada awal 1994, baru dalam beberapa tahun terakhir profil perusahaan ini mengalami akselarasi setelah banyak musisi rock papan atas yang mulai menggunakan ampli ini.

Ampli yang terdiri dari empat channel dengan masing-masing equalizer ini memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai variasi sound, mulai dari sound clean (channel 1) sampai super high-gain (channel 4).

Mungkin untuk sound clean, ampli ini bisa dibilang hanya mempunyai sound clean yang masuk dengan kategori “cukup”, karena memang tidak bisa menandingi sound clean yang dihasilkan oleh ampli seperti Fender blackface atau sejenisnya. Channel dua  di design untuk sound yang crunch/ classic rock. Dengan karakter yang menyerupai ampli plexi seperti sound-nya AC/DC.

Dan akhirnya kita mencoba channel 3 & 4, channel yang sudah kita tunggu untuk dibunyikan. Channel 3 ini memang mempunyai sound yang diharapkan, sesuai dengan labelnya sebagai ampli high-gain. Sound yang dihasilkan juicy dan powerful. Dan yang unik adalah kita tetap bisa mengatur kadar distorsi sesuai dengan karakter musik yang kita inginkan, mulai dari indie rock overdrive sampai distorsi trash metal atau yang lebih ekstrim sekalipun.

Untuk channel 4, tetap mempunyai kadar distorsi sedikit lebih banyak dari channel 4, mungkin dengan kompresi yang lebih dari channel 3. Menurut saya pribadi, channel 3 menghasilkan sound distorsi yang lebih musikal dengan dinamik yang natural.

Untuk gitaris yang bermain di band dengan suara gitar high-gain yang dominan, ampli ini masuk kedalam list “harus dicoba”. Mungkin untuk gitaris yang memang “spesialis” dengan sound clean atau vintage crunch mungkin ada baiknya tidak membeli ampli ini dari awal. Dan juga ampli ini di design untuk panggung skala besar, namun orang-orang dari Diezel dikabarkan ingin mengeluarkan Diezel VH4 versi mini, kita tunggu aja hehe.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
321 views
supergears
321 views
supergears
321 views
supergears
321 views
supergears
321 views
supergears
336 views