DigiTech Whammy Ricochet

DigiTech Whammy Ricochet, Alternatif Minimalis untuk Whammy Pedal

  • By: Agung Hellfrog
  • Minggu, 30 December 2018
  • 826 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Seiring ngetrennya pedal-pedal mini, DigiTech akhirnya menganugerahi kita dengan pedal whammy terkecil yang pernah ada. Saat benda ini pertama dirilis memang memunculkan beberapa pertanyaan, Seperti “Apakah efek ini tetap disebut whammy jika tidak memiliki pedal?” atau “Apakah kita (market) membutuhkan sejenis pedal ‘pitch shifting’ lagi?” dan “Apakah benda ini memiliki ‘mojo’ yang sama seperti versi aslinya?”

Pertanyaan terakhir cukup unik, karena dari awal kemunculannya 28 tahun lalu, whammy pedal merupakan salah satu pedal yang hampir selalu ada di setiap rangkaian pedalboard para gitaris. Karena pedal ini memang salah satu pedal yang fresh dan juga ekspresif, seperti halnya whammy bar.

Seperti Pedal Pitch Shifting Lainnya?

Sekilas, pedal ini memang seperti pedal pitch shift lainnya; EHX Pitchfork, BOSS PS-5, dll. Bahkan dengan fitur yang hampir mirip. Salah satu alasan DigiTech mengeluarkan seri ini adalah dari segi ukurannya. Kita semua tahu bentuk orisinal dari whammy pedal lebih besar dari ukuran pedal efek pada umumnya. Sedangkan untuk seri ini, dengan ukurannya yang terbilang kecil akan membuat benda ini lebih mudah untuk di-manage di dalam sebuah pedalboard. Selain itu, yang membedakan efek ini dari pedal pitch shift lainnya adalah control.

Terdapat beberapa fitur selain fitur yang umumnya ada di pedal lain, salah satunya adalah fitur untuk mengatur speed dari bagaimana benda ini mengubah pitch dari sound kita. Yang memungkinkan user untuk menghasilkan sound yang unik dan fleksibel. Seperti yang disebutkan sebelumnya, meskipun sekilas seperti pedal lainnya, tapi pedal ini tetap memiliki “sesuatu” di dalamnya.

Orisinal dan Lebih Baik Lagi

Meskipun memiliki banyak fitur baru, tapi rasa dari efek ini tetaplah sama dengan versi orisinalnya. Mulai dari kualitas sound-nya sampai cara bekerjanya. Besar kemungkinannya jika pengguna whammy pedal versi orisinal akan banyak yang beralih ke seri ini. Di samping bentuknya yang minimalis, juga karena pengunaannya yang lebih mudah.

Room for Improvement

Jika kalian adalah gitaris yang masih asing dengan efek-efek jenis pitch shift seperti ini tapi senang bereksplorasi, benda ini ini adalah pilihan yang tepat karena dengan kualitas sound yang diberikan dan juga konstruksinya yang kokoh, benda ini hadir dengan harga yang masih masuk akal.

Selain itu, dengan mengganti pedal whammy orisinal dengan seri ini, otomatis akan memberikan ruang lebih kepada pedalboard yang kita gunakan, yang berarti kita akan mempunyai ruang lebih untuk mengembangkan sound kita, mungkin dengan cara membeli efek baru lagi.

*Sumber foto

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
688 views
supergears
924 views
supergears
1787 views
supergears
3460 views
superbuzz
3237 views

5 Musicians with Big Muff Pedal