EMG 85 Pickup Serbaguna Untuk Gitaris Rock

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 25 November 2015
  • 7692 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah EMG 81, kali ini kita akan membahas EMG 85 yang merupakan pasangan klasik dengan EMG 81. Berbeda dengan EMG 81 yang mempunyai karakter yang lebih agresif terutama untuk frekuensi high-nya, EMG 85 mempunyai karakter yang bisa dibilang lebih soft dan lebih warm. Mungkin itu yang membuat pickup ini sering dipasang di posisi neck dengan EMG 81 di posisi bridge, meskipun EMG 85 tetap oke jika dipasang di posisi bridge.

Berbeda dengan EMG 81 yang menggunakan bahan keramik untuk magnetnya, pickup ini menggunakan alnico sebagai magnetnya. Pickup ini sangat baik untuk digunakan dengan sound clean dan sound lead gitar yang smooth. Saat menggunakan sound clean, pickup ini sangat balance dan presisi, dengan dinamika yang lebih "berasa" (jika dibandingkan dengan EMG 81). Saat dimainkan dengan sound distorsi, karakter pickup yang lebih smooth membuat pickup ini lebih serbaguna. Meskipun pickup ini tetap menunjukkan kualitasnya saat dimainkan dengan distorsi hi-gain, namun pickup ini tetap melakukan kerja yang bagus saat dimainkan dengan sound rock yang lebih konvensional atau bahkan untuk memainkan style musik blues (dengan catatan blues yang tidak memerlukan tone yang tradisional).

Meskipun pickup ini tidak seagresif EMG 81, pickup ini dapat menjadi pickup yang lebih serbaguna dibanding dengan EMG 81, saat dipasang di posisi neck, pengguna bisa mendapatkan sound yang smooth atau bahkan bluesy tone. Saat dipasangkan di posisi bridge, pickup ini dapat membuat sound gitar lebih big karena karakternya yang lebih warm, namun tetap cukup agresif untuk membuat ampli berteriak. Secara keseluruhan memang pickup ini sangat cocok dipasangkan di posisi neck dengan EMG 81 di posisi bridge.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
123 views
supergears
123 views
supergears
123 views
supergears
123 views
supergears
449 views
supergears
449 views