ESP SH-7ET Brian ‘Head’ Welch, Inovasi dari Sang Ikon Nu Metal

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 7 November 2018
  • 419 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tidak mungkin rasanya jika kita tidak menyebut nama KoRn di dalam perjalanan musik metal, sebagai salah satu ikon musik nu metal, KoRn adalah salah satu band yang menghadirkan warna baru di skena musik cadas, terutama dari segi sound. Dan Jika kita membicarakan sound dari band tersebut, kita pasti akan langsung menyorot kedua gitarisnya, Munky dan Head. Karena kedua orang inilah gitar seven-string kembali populer di kalangan musisi khususnya para gitaris. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas signature series dari sang gitaris, Brian ‘Head’ Welch.

Setelah sebelumnya Head dan Munky bersama Ibanez mengeluarkan signature series, belum lama ini akhirnya Head “pindah” ke pabrikan lain yaitu ESP. pada akhir 2017 tepatnya di NAMN, ESP memamerkan seri terbaru dari gitaris tersebut yang juga mengonfirmasi bahwa Head sudah bersama ESP.

ESP SH-7ET

Selain dikenal sebagai founder dari KoRn, Head juga dikenal sebagai orang yang penuh dengan inovasi. Demikian juga yang terjadi dengan signature series terbaru miliknya tersebut. Sekilas gitar ESP SH-7ET ini terlihat seperti seri ESP Horizon, tetapi dalam spesifikasinya terdapat beberapa modifikasi yang membedakan antara gitar ini dan seri Horizon, mulai dari konstruksinya yang neck-through, fretboard ebony dan penggunaan EverTune Bridge.

EverTune Bridge

Perbedaan yang mencolok dari gitar ini terletak pada bridge-nya. Mungkin itu adalah hal yang pertama yang akan kita sadari saat melihat gitar ini. Gitar ini menggunakan bridge keluaran dari EverTune, yang mana mengklaim produknya dapat menjaga gitar in-tune untuk waktu yang sangat lama. Salah satu alasan menggunakan bridge ini adalah agar gitar ini tetap aman saat dimainkan menggunakan drop tuning, karena salah satu permasalahan yang kerap muncul saat menggunakan drop tuning adalah gitar akan sering out of tune.

Komponen electronik yang versatile

Hal menarik lainnya dari gitar ini terletak pada pickup-nya, dengan menggunakan Fishman Fluence Pickups pada kedua posisinya (neck dan bridge), gitar ini memungkinkan kita untuk mendapatkan sound powerful khas pickup Humbucker aktif, dan juga sound single-coil yang lebih bright, hanya dengan menggunakan switch push/pull pada salah satu knob-nya, akan memungkinkan bagi user untuk memilih antara kedua sound tersebut.

Selain kedua inovasi di atas, akhirnya gitar ini dilengkapi dengan finishing menawan yang menggunakan flamed maple top di atas body basswood yang kemudian dibalut dengan warna translucent purple. Gitar ini menggunakan fretboard berbahan ebony untuk menghadirkan kesan “bite” saat kita menggunakan down-tuning. Satu fitur menarik lainnya dari gitar ini adalah fitur Glow-in-the-dark side markers (inlay) yang memudahkan user untuk tetap melihat fret meskipun di tengah gelapnya panggung.

Conclusion

Personal, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan gitar signature ini. Karena menurut saya pribadi, gitar ini merupakan gitar yang memang dibuat berdasarkan kebutuhan-kebutuhan yang didapatkan oleh sang gitaris selama masa karirnya hingga sekarang. Untuk para gitaris yang juga fans berat dari Head ataupun gitaris dengan style permainan yang sama, saya rasa ini adalah gitar yang pas bagi kalian.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
382 views

Korn Luncurkan Produk Kopi

superbuzz
457 views
superbuzz
1454 views
superbuzz
840 views
superbuzz
613 views