FAKTA DIBALIK PEDAL BOSS METAL ZONE

FAKTA DIBALIK PEDAL BOSS METAL ZONE

  • By:
  • Minggu, 18 April 2021
  • 177 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Apakah Boss Metal Zone bagus? pertanyaan itu yang seringkali muncul dari murid-murid saya. Saya sadar bahwa musik metal bukan untuk semua orang, tapi coba perhatikan, Boss Metal Zone adalah pedal efek legendaris yang mampu melayani riffers dan shredder pemula, tetapi pernahkah sobat menyadari kenapa hal itu bisa terjadi. Jadi sebelum sobat menilai bahwa pedal ini ketinggalan zaman dan berniat menyimpannya di gudang, kita lihat sedikit lebih dalam. Berikut ini adalah fakta-fakta tentang pedal metal zone yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. 

  • Jujur, metal zone adalah pedal distorsi serbaguna 
  • Pedal ini bekerja dengan baik sebagai buffer
  • Pedal ini juga bagus untuk modding
  • Banyak musisi terkenal menggunakannya

1 : PEDAL SERBAGUNA

Jadi, bagaimana cara sobat memproduksi suara gitar yang bagus dari Metal Zone? Pertanyaan ini sebenernya sangat tentatif, karena setiap orang akan mempunyai cara dan selera berbeda dalam memproduksi karakter gitarnya. Namun, yang harus dikerjakan hanya sedikit tweaking (mengotak-atik) pedal efek ini. Tips pertama pergunakan Gain secukupnya, jangan diputar sampai penuh. Gain control yang tinggi akan menghasilkan desis yang tidak diinginkan, bahkan mengorbankan dinamika dan artikulasi nada. Putar gain di arah jam 10 atau maksimal arah jam 12 dan sobat akan memproduksi sound gitar yang kasar dengan clarity (kejernihan) yang baik sehingga sobat seolah-olah sedang berada di wilayah punk / hardcore, dengan distorsi renyah dan agresif.

Selanjutnya, bayangkan sobat masih berusia 15 tahun, sebagai seorang metalhead muda, respons pertama setelah mendapatkan MT-2 mungkin memberikan informasi yang lebih besar tentang frekuensi middle. Ya, itu adalah naluri pertama yang sangat alami – sobat mungkin baru saja mendengar Master of Puppets atau riff-riff Pantera, kedengarannya luar biasa, dan telah melihat EQ grafis berbentuk V yang terkenal yang digunakan untuk mendapatkan nada khas itu. Masuk akal untuk mencoba dan melakukan hal yang sama dengan Metal Zone sobat. Intinya, pola tersebut tidak salah, namun hal itu akan terdengar kuat dan besar ketika bermain sendiri, tetapi saat bermain dalam satu kelompok musik, dapat dipastikan sobat pasti kecewa. Suara gitar sobat akan tertelan seluruhnya oleh perpaduan instrumen lainnya, alhasil sobat tidak akan jelas mendengar suara gitar sendiri. Beberapa alasannya ialah gitar merupakan instrumen dengan fokus frekuensi tinggi. Di situlah tempatnya, jadi jika sobat benar-benar mengatur middle di posisi paling bawah, tidak mengherankan jika itu menghilang. Jika ingin menemukan suara gitar ideal dengan Metal Zone, putar secukupnya frekuensi middle. Kemudian luangkan waktu mengontrol Equalizer. Fitur knob ganda yang praktis, dua kontrol menjadi empat berarti Anda memiliki EQ 3-band terperinci - low, high & mid (dengan kontrol frekuensi menengah dari 200Hz hingga 5kHz) cobalah melakukan eksperimen dengan keempat knob tersebut.

Apa sebenarnya dijelaskan di atas? pada dasarnya, sobat memiliki kendali yang besar untuk membentuk suara gitar sesuai kebutuhan- eksperimen menjadi kata kuncinya, coba atur semua kontrol EQ pada pukul 12 sebagai permulaan. Sesuaikan kontrol high dan low sesuai selera untuk mendapatkan dasar suara gitar sobat. Tapi Ingat!!! berhati-hatilah! Karena kontrol EQ sangat kuat, perubahan kecil membuat perbedaan besar. Maksimalkan pengaturan Mid dan putar knob mid Freq sambil memainkan gitar sobat dengan teknik dampening(chug) pada senar terendah sampai sobat menemukan frekuensi yang diinginkan. Terapkan sedikit menurunkan pengaturan Mid, hilangkan frekuensi yang paling buruk dari frekuensi-frekuensi yang mengganggu tersebut!

2: MENGGUNAKAN METAL ZONE SEBAGAI BUFFER

Memiliki rantai sinyal panjang atau banyak pedal dapat menyebabkan suara yang jelek juga. Maksudnya, saat nada sobat kehilangan karakter dan kejelasan suara gitar sobat karena diganggu oleh sinyal yang diproses terlalu panjang, disinilah pedal buffer ini bermanfaat. Jadi, apa itu pedal buffer? Pedal buffer bertujuan untuk memperkuat sinyal untuk mencegah hilangnya volume atau kejernihan. Mereka mencegah arus bolak-balik (AC ) memasuki sirkuit, sehingga mencegah sinyal gitar terputus atau terpengaruh. Sinyal yang lebih kuat dan lebih jelas berarti suara yang diproduksi lebih baik, sesederhana itu. Semua pedal bos memiliki sirkuit buffer bawaan, yang berarti bahwa saat dilewati, pedal tersebut masih berfungsi sebagai penguat sinyal. Singkatnya, memiliki Metal Zone MT-2 di pedalboard akan memberikan sinyal yang lebih kuat, meskipun dimatikan. 

3: MEMODIFIKASI (MODDING) METAL ZONE

Meskipun modding pedal mungkin terdengar asing bagi pemula, banyak pabrikan mulai memodifikasi pedal klasik, beberapa di antaranya kemudian menjadi nama populer di lapangan.

Boss MT-2 ini dapat dipandang sangat populer untuk modding, tentunya karena beberapa alasan. Pertama-tama, ini cukup mudah - lebih dari sebelumnya, karena banyak perusahaan menawarkan kita modding sederhana yang dapat dibeli secara online. Kedua, suara out-the-box dari pedal ini seolah-olah sedang menunggu untuk dimodifikasi. Jadi untuk sobat-sobat yang menyenangi modifikasi pedal efek, membuka Metal Zone adalah solusi terbaik dan menarik. 

4: PENGGUNA BOSS METAL ZONE YANG TERKENAL

Tanpa disadari ketenaran pedal ini juga dipengaruhi oleh beberapa artis yang menggunakannya. Sejumlah artis ternama menggunakannya atau telah menggunakannya untuk meramu suara gitar mereka. Baik sebagai komponen rig mereka di panggung, di rumah, atau rekaman. Metal Zone selalu menemukan tempatnya. Secara pribadi saya juga telah menggunakan pedal efek untuk kebutuhan tur Eropa dan Amerika bersama Burgerkill. Ini bukan tanpa alasan, saya sangat percaya pedal ini akan membantu performa saya di atas panggung. Benar saja selain hemat bagasi karena secara bobot sangat ringan untuk dibawa ke pesawat, dengan pedal kecil ini saya jadi lebih praktis melakukan tur tanpa mengurangi kualitas suara gitar saya. 

Sudah cukup cerita pengalamannya ya, kita lanjut lagi. Beberapa musisi yang tercatat menggunakan pedal ini antara lain: Simon Neil, Biffy Clyro (Below)- laki-laki Skotlandia yang bertato ini telah menggunakan Metal Zone di setiap rekaman Biffy hingga saat ini. Dalam sebuah wawancara video dengan That Pedal Show, dia mengaku masih menggunakan satu distorsi bersama MD-2 Mega di rig live-nya. Selanjutnya ada Brian 'Head' Welch & James 'Munky' Shaffer (Korn). Band raksasa tak terbantahkan dari genre Nu-metal ini menggunakan MT-2 di pedalboard live mereka. Mereka juga dilaporkan menggunakannya di studio untuk momen-momen yang membutuhkan energi ekstra. Kurt Ballou, Converge - Penggunaan Metal Zone Kurt adalah contoh yang bagus dari penggunaan pedal secara kreatif. Di studio, dia dilaporkan mengatur gain dengan sangat kecil dan meratakan Equalizer diatur rata, coba dengarkan lagu Converge dan semuanya akan terdengar masuk akal. Dan Donegan, Disturbed - contoh lain dari penggunaan hebat EQ Metal Zone yang hebat. Donegan memutar bagian low dan menyesuaikan mid untuk suara radio lo-fi, cocok untuk intro lagu dan jeda instrumental.

Sudah lihat kan bagaimana pedal yang cukup ramah di kantong ini punya banyak kelebihan, SO, jangan tunggu lama-lama untuk segera berburu pedal efek ini dan rasakan sensasinya. Selamat belanja!!!!!

0 COMMENTS