FRETWRAPS: Sebuah Jalan Pintas Bagi Gitaris?

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 28 April 2017
  • 7867 Views
  • 4 Likes
  • 0 Shares

Untuk beberapa orang, khususnya gitaris, FretWraps mungkin adalah salah satu benda yang sudah tidak asing lagi. Benda yang akhir-akhir ini sering muncul di gitar-gitar yang digunakan oleh Guthrie Govan ini memang memberikan banyak benefit untuk permainan gitar kita.

[bacajuga]

Meskipun ada beberapa orang yang beranggapan menggunakan benda ini terkesan ‘curang’, tetapi untuk keperluan tertentu benda ini akan sangat membantu kita, misalnya untuk keperluan rekaman.

Membantu saat rekaman

Seiring dengan perkembangan sound, para gitaris era sekarang terus mem-push sound mereka yang akhirnya sampai ke titik di mana si gitar akan beresonansi dengan sendirinya (feedback). Apabila kita sampai di titik ini, si gitar akan sangat sensitif terhadap noise dan hal lainnya. Dan apabila kita tidak mempunyai teknik permainan gitar yang bagus, sound kita akan terdengar tidak fokus dan ‘kotor’.

Meski cara paling ampuh untuk membenahi masalah di atas adalah dengan berlatih, tetapi untuk masalah noise dan resonansi berlebih dapat diminimalisir dengan menggunakan FretWraps ini. Hal tersebut sangat membantu, khususnya saat rekaman.

Menjaga akurasi dan artikulasi

Berlatih, berlatih dan berlatih. Mungkin itulah cara terbaik untuk menghasilkan sound yang baik dari permainan yang baik. Namun untuk beberapa teknik seperti tapping ataupun lick-lick modern dengan pattern yang semakin kompleks, benda seperti FretWarps akan sangat membantu kita memainkan teknik-teknik tersebut. bahkan gitaris sekelas Guthrie Govan ataupun Ron ‘Bumblefoot’ Thal (eks Guns N’ Roses) tetap menggunakan FretWraps untuk memainkan beberapa teknik mereka.

Namun jika kalian para gitaris melihat benda ini sebagai jalan pintas untuk menjadi player yang baik, maka kalian salah besar, karena permainan yang baik adalah hasil dari proses latihan yang tekun. Yang harus diingat adalah, benda ini tidak lantas membuat permainan kita lebih baik. Namun untuk memaksimalkan efisiensi saat rekaman ataupun mendorong teknik-teknik bermain gitar ke arah yang lebih kompleks, benda ini memang sangat tepat untuk digunakan.

Keep push yourself and keep practicing!

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
249 views
supergears
249 views
supergears
249 views
supergears
249 views
supergears
249 views
supergears
323 views