The Iconic Guitar Gibson SG Standard

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 13 October 2015
  • 5916 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Gitar yang diproduksi pada tahun 1961 ini merupakan salah satu gitar iconic dalam sejarah musik rock. Sebut saja Tony Iommi (Black Sabbath), Angus Young (AC/DC), Frank Zappa, atau Eben (Burgerkill), merupakan sosok-sosok yang sering terlihat menggunakan Gibson SG di panggung. Berbeda dengan Les Paul, SG mempunyai body lebih tipis dari Les Paul yang membuatnya lebih ringan dan lebih nyaman untuk dipakai, design SG juga membuat gitar ini lebih mudah untuk meng-akses fret-fret tinggi jika dibandingkan Les Paul.

 

Gitar yang menggunakan kayu Mahogany dan rosewood ini bersuara sangat baik saat dimainkan dengan suara Clean atau pun High gain. Untuk sound clean, gitar ini merupakan salah satu gitar dengan suara clean paling enak yang pernah saya dengar terutama untuk musik rock atau yang lebih keras dari itu. Sound clean yang dihasilkan terkesan tegas dengan punch dan tone khas SG.

Kata yang pas untuk Gibson SG ketika dimainkan dengan sound terdistorsi adalah “Heavy”.  Dapat kita dengar di album-album Black Sabbath melalui Tony Iommi atau gitaris Angus Young di album-album AC/DC, atau juga sound Eben di album-albumnya Burgerkill. Segimanapun kadar distorsi yang digunakan, kesan yang muncul dari Gibson SG tetap saja “Heavy”.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views
supergears
20 views