Gitar Portabel Nan Praktis untuk Berlatih di Manapun

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 30 January 2018
  • 2315 Views
  • 12 Likes
  • 10 Shares

Practice makes perfect, sebuah frasa asing yang pasti sudah sering kali kita dengar. Terutama saat kita mempunyai keinginan untuk mengusai sebuah keterampilan baru, apapun bidang yang sedang kalian jalani saat ini. Terlebih di dunia musik, ungkapan “practice makes perfect” bisa dibilang adalah sesuatu yang selalu dijadikan pegangan, baik itu bagi orang yang sedang mempelajari (misal) sebuah alat musik, maupun orang yang memang berprofesi sebagai pengajar musik.

Teman-teman di sini pastinya sudah sering mendengar tentang kisah bagaimana dahulu para musisi idola kalian menghabiskan sebagian besar waktunya dalam satu hari hanya untuk berlatih, yang bahkan beberapa diantaranya sampai menghabiskan waktu 10 jam sehari hanya untuk berlatih.

Mari kita luangkan waktu sebentar untuk melihat ke beberapa tahun yang lalu, saat kita sedang ‘hot-hot-nya’ mempelajari alat musik yang sedang kita pelajari. Mungkin tanpa disadari saat itu kita dapat menghabiskan waktu berjam-jam dalam satu hari yang kita miliki hanya untuk berlatih, setuju?

Namun seiring berkembangnya waktu, pola pikir, dan munculnya berbagai tuntutan lain dalam hidup kita, sedikit demi sedikit terkikislah porsi latihan kita, sampai akhirnya kita tidak lagi berkesempatan meluangkan waktu untuk latihan.

Gambaran tadi adalah sebuah cerita yang bisa dibilang “sangat manusiawi sekali”, karena pasti ada beberapa teman di sini yang sedang berada di fase tersebut dan sayapun yakin ada beberapa teman di sini yang tetap berjuang untuk selalu menyempatkan dirinya untuk latihan.

Kabar baiknya adalah seiring berkembangnya waktu dll, akhirnya para produsen alat musik menjawab masalah tersebut dengan mengeluarkan produk-produk yang serba portabel; Mulai dari gitar, ampli, perangkat recording, sampai ada juga speaker PA portabel. Well, let’s say semua itu dibuat untuk memudahkan teman-teman di sini yang memang mempunyai keterbatasan waktu untuk latihan.

Anyway, kita tidak akan membahas tentang perangkat recording ataupun speaker PA portabel, karena mungkin akan sedikit melenceng dari konteks “practice” di atas. Di artikel ini kita akan membahas tentang beberapa gitar portabel, baik itu buatan lokal maupun luar negeri, yang nantinya dapat membantu proses berlatih kalian.

1. The Tripper - Travel Guitar

Adalah sebuah travel guitar yang menarik untuk disebutkan dalam list kita kali ini. Karena meskipun banyak travel guitar di luar sana, produk The Tripper ini adalah salah satu yang bisa dengan mudah kalian dapatkan. Karena The Tripper ini adalah salah satu varian produk yang dibuat oleh Stranough Guitar Tech (Bandung).

Travel guitar dengan desain dan material menarik ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu kalian untuk terus berlatih. Salah satunya adalah adanya output untuk headset/headphone, yang membuat kalian untuk tetap fokus bila tidak ingin diganggu oleh lingkungan sekitar. Selain itu, tersedia juga output TRS Jack (jack gitar standar) bila kalian ingin menggunakan ampli atau speaker.

Dengan dimensi yang relatif kecil dan fitur-fitur yang disediakan, produk ini boleh dibilang gear portabel yang fleksibel, karena dapat memenuhi kebutuhan latihan kalian, tetapi juga ready untuk dibawa manggung dsb, karena di produk ini terdapat hardware yang terdapat di gitar elektrik umumnya, termasuk tremolo up/down.

2. Jamstik+

Salah satu produk hasil dari perkembangan teknologi yang semakin cepat. Karena fitur-fitur yang diberikan di produk ini boleh dibilang sangat mengikuti zaman. Produk buatan Zivix ini memang menyediakan fitur futuristis, karena konsep dasar gitar ini adalah digital guitar dengan string dan fret sesungguhnya, mulai dari MIDI Controller, Bluetooth, dan aplikasi-aplikasi suplemen di smartphone Anda.

Yup, dengan adanya Bluetooth, benda ini bisa connect dengan gadget Anda, baik itu iOS, Mac OSX, Windows, dan Android. Dikarenakan benda ini juga adalah MIDI Controller, maka benda ini dapat menghasilkan tidak hanya suara gitar, tetapi apapun (tergantung dari penguasaan Anda terhadap pengolahan sound atau synthesizer). Selain itu, produk ini juga mampu berintegrasi dengan berbagai macam DAW.

3. Anymo

Satu lagi produk buatan Bandung yang masuk list kali ini. Mungkin secara dimensi, produk ini tidak terlalu jauh berbeda dengan gitar akustik umumnya, tetapi dari segi terobosan yang dilakukan, Anymo telah berhasil mematahkan standarisasi tentang gitar akustik pada umumnya.

Karena gitar ini mungkin adalah gitar akustik dengan desain paling tipis, otomatis membuat produk ini masuk kategori list kita sebagai gear portabel yang bisa mengakomodasi kita untuk berlatih di manapun. And, gitar ini terlihat cool.

Alasan dan benefit utama dari memiliki gitar portabel adalah fakta bahwa kita dapat dengan mudah membawa gitar tersebut. Atau dengan kata lain, tanpa harus menambah beban dari bawaan kita, sehingga dapat berlatih di manapun. Semoga artikel ini dapat membantu proses latihan kalian, dan kedepannya dapat memotivasi teman-teman di sini untuk berlatih lebih giat, karena... Practice makes perfect!

*Foto: LapAxe, Mytravelguitar,com, Jamstik+, Anymo 

1 COMMENTS
  • yukeren

    Kereeenn

Info Terkait

supergears
531 views
supergears
405 views

Mengenal Roll-Up Piano

supergears
572 views
supergears
442 views
supergears
1465 views

Membedah Efek Fractal AX8

supergears
1641 views