iRig Blueboard

iRig Blueboard, Great Thing with Complicated Things

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 31 January 2019
  • 483 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Berkat kemunculan plugins-plugins digital untuk keperluan rekaman seperti Amplitube, Guitar Rig, Kuassa Amplification, JST dsb. telah mempermudah kita, khususnya para gitaris untuk berkarya. Karena plugins tersebut itulah kita jadi lebih mudah untuk merekam ide-ide kita tanpa harus pergi ke studio profesional dahulu. Tidak hanya untuk digunakan di PC, saat ini plugins tersebut sudah bisa digunakan ke gadget lain seperti iPad.

Meskipun saat ini kita lebih mudah untuk mendapatkan sound seperti ampli, baik itu di PC ataupun di iPad/tablet yang kita gunakan, salah satu pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah “Apakah mungkin untuk menggunakan software tersebut ke atas panggung?” jawabannya adalah sangat mungkin. Karena saya pernah lihat beberapa gitaris yang memang membawa laptopnya sendiri dan menggunakan software tersebut untuk sound-nya di atas panggung.

Satu poin yang saya dapatkan dari fenomena di atas adalah mengenai pengoperasiannya, mungkin untuk yang membawa laptop seperti di atas bisa menambahkan MIDI controller yang lalu disambung ke laptop melalui midi connector lalu bla bla bla… and everything will be fine. Namun bagaimana untuk pengguna iPad?

iRig Blueboard

Belum lama ini IK Multimedia (yang membuat amplitube, dll) akhirnya mengeluarkan produk bernama iRig Blueboard yang memang berfungsi bagi para gitaris yang memang menggunakan iPad sebagai source dari sound-nya untuk keperluan di panggung. 

iRig BlueBoard ini bisa dibilang merupakan ide yang sangat baik, apalagi jika kalian memang sering menggunakan instrumen + iPad sebagai media kerja kalian. Karena bisa mengganti sound/preset dari plugin yang kita gunakan dengan kaki (tanpa harus mengklik mouse) merupakan hal yang “sesuatu banget”, apalagi jika kita terbiasa menggunakan pedalboard kita sendiri saat di panggung.

Complicated

Meskipun tujuan dari benda ini adalah untuk mempermudah para gitaris untuk menggunakan plugins mereka di manapun, sayangnya kita harus menempuh beberapa hal rumit, sebelum akhirnya kita bisa mengoperasikan benda ini.

1. Kita harus scanning QR code yang terdapat pada box dari benda ini untuk mendapatkan registration number agar benda ini bisa bekerja

2. Kita harus download aplikasi dari Blueboard ke iPad/iPhone kita

3. Untuk menggunakan BlueBoard dengan Amplitube, kita harus mengubah MIDI mode menjadi control change, lalu add account information (username dan password) lalu memasukkan registration number yang kita dapatkan dari QR Code dari box benda ini

4. Kita harus memilih tipe AmpliTube yang ingin kita kontrol dengan BlueBoard ini, lalu

5. Pencet dan hold tombol on/off kurang lebih selama 3 detik

6. Lakukan hal yang kurang lebih sama untuk menggunakan BlueBoard dengan app lainnya

See, mungkin alasan di atas kurang lebih bisa menggambarkan kenapa saya bilang benda tersebut complicated, mungkin untuk teman-teman yang memang gemar ngulik, hal di atas bukan menjadi sebuah masalah, tapi untuk pribadi seperti saya yang lebih suka yang simpel-simpel, hal di atas cukup membuat sakit kepala, hehe.

Conclusion

Meskipun terdapat “complicated things” dalam benda ini, setelah kita dapat mengoperasikan benda ini dengan plugins favorit kita, benda ini akan menjadi salah satu “super gear” kalian di atas panggung, dengan desain yang solid dan tampilan yang menarik, benda ini akan menjadi salah satu hal yang menarik perhatian di atas panggung, baik itu dari penonton maupun dari kalangan musisi lainnya.

*Foto: techadvisor.co.uk, sweetwater.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
2458 views
supergears
1571 views
supergears
3914 views
supergears
4059 views
supergears
5266 views

Memilih Audio Interface