JANGAN MAIN MUSIK METAL TANPA PEDAL DISTORSI INI

JANGAN MAIN MUSIK METAL TANPA PEDAL DISTORSI INI

  • By:
  • Minggu, 30 May 2021
  • 132 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Bagi kebanyakan musisi yang sering tur, pedal distorsi adalah pedal yang paling penting, terutama saat backline yang disediakan oleh promotor atau dealer lokal tidak sesuai dengan musik yang dibawakan. Mungkin saja gitaris disediakan Fender tradisional, padahal musik yang dimainkan adalah musik metal. Untuk itu, pedal distorsi mungkin satu-satunya alat yang akan menyelamatkan performa band sobat karena pedal distorsi merupakan perangkat yang fungsinya menghasilkan sound gitar yang sangat mungkin bisa membuat musiknya terdengar lebih epik, dan dramatis.

Jadi apa saja pedal efek terbaik untuk seorang gitaris metal? Dalam artikel ini saya membahas pedal distorsi pilihan terbaik saya. Secara garis besar gitaris metal hanya membutuhkan 4 jenis pedal efek, yaitu: distorsi, noise suppressor, booster, dan delay, tetapi pedal distorsi menjadi paling utama, mengingat salah satu identitas musik metal adalah sound yang heavy yang salah satunya dihasilkan dari pedal distorsi ini 

Jadi, apa yang dimaksud dengan distorsi dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi perburuan untuk pedal distorsi terbaik? pada akhirnya semua bersifat subjektif dan tidak ada aturan baku. Tapi sebagai aturan praktis, bagaimanapun, alangkah baiknya untuk menggunakan kemampuan dan pengetahuan dan mencoba untuk tidak berlebihan agar tidak menyesal setelah memilih pedal distorsi yang salah. Sebelum mulai membahas bagaimana menjadi pedal distorsi ini menjadi pertimbangan bagi gitaris metal, pertama-tama mari bahas pengertian distorsi, sederhananya pedal distorsi merujuk pada segala perangkat yang mengubah suara (sinyal) asli (clean) menjadi distorsi. Distorsi dapat dianggap negatif atau 'terdengar buruk' jika tidak diinginkan. Namun, distorsi juga bisa menjadi alat yang dapat digunakan secara kreatif, terutama untuk membangkitkan emosi, meningkatkan intensitas dalam sebuah lagu, atau menciptakan kesan. Berikut adalah beberapa produk pedal distorsi terbaik versi saya. 

  1. METAL ZONE MT-2W

    Efek legendaris ini terbilang murah tapi dapat diandalkan, jika ingin bereksperimen, pedal distorsi ini tepat untuk digunakan. 
     
  2. AMT P2

    Pedal buatan Rusia ini salah satu yang terbaik di kelasnya. Seolah-olah memiliki dua simulasi amp analog dan suara clean seperti ampli Fender. Memiliki 3 Output sinyal yang dapat digunakan secara bersamaan: Drive Out untuk koneksi ke channel clean dari amp gitar; Preamp Out untuk koneksi langsung ke power amp gitar; cabinet simulator output untuk koneksi langsung ke mixer
     
  3. MXR EVH 5150 Overdrive

    Di dunia gitar hard-rock, Edward Van Halen merupakan sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Bukan hanya gaya bermain yang mengubah standar, tetapi karakter sound juga selalu menjadi tolok ukur bagi gitaris generasi selanjutnya. Pedal distorsi kolaborasi EVH dan MXR ini dijamin tidak akan mengecewakan. Pedal 5150 Overdrive yang dihasilkan mengemulasi high-gain ampli EVH 5150 III dengan akurasi dan fleksibilitas tone yang luar biasa. Dilengkapi tombol Boost dan Smart Gate built-in membuat MXR EVH 5150 Overdrive ini tetap senyap bahkan dalam kondisi pengaturan gain tertinggi.

     

  4. Electro Harmonix Metal Muff/ Top Boost

    Diproduksi untuk ditujukan bagi gitaris pecinta metal, konstruksi yang kokoh dengan dimensi yang cukup besar, pedal ini salah satu yang terbaik untuk heavy metal yang pernah dibuat. Fitur EQ 3-band menawarkan kontrol frekuensi middle yang sempurna untuk membentuk kontur midrange yang menjadi ciri khas sound gitar metal. 

     

Susah-susah gampang memang untuk membentuk karakter sound gitar metal. Berdasarkan pengalaman, agar dapat menghasilkan sound gitar metal ideal, biaya yang dikeluarkan terkadang setara dengan harga motor atau bahkan mobil. Tapi jangan putus harapan, karena seharusnya hal tersebut tidak menjadi alasan untuk berpikir bahwa sound yang baik sebanding dengan uang yang banyak. Pada satu sisi hal itu memang benar adanya, namun di sisi lainnya hal itu tidak sepenuhnya benar karena deretan pedal distorsi di atas menjadi alternatif dalam membentuk karakter suara gitar tanpa biaya yang berlebihan. Tunggu apa lagi, selamat berburu!!!!

0 COMMENTS