John Petrucci Series JP16

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 16 August 2016
  • 2842 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejak tahun 2010 Ernie Ball Music Man telah memperkenalkan model baru hampir setiap tahun, contohnya seperti yang terjadi di tahun 2015, pabrikan ini mengeluarkan langsung dua model seri sang gitaris Dream Theater tersebut; seri JP15 dan seri Artisan Majesty.

Uniknya lagi adalah setiap seri baru John Petrucci tidak mengganti/menghapus seri sebelumnya melainkan memang menambahkan varian dari seri signature tersebut. Saat ini sudah terdapat 10 model untuk seri John Petrucci dalam line produk Ernie Ball Music Man tersebut. Dimana termasuk seri John Petrucci Model (2001) dan juga model terbaru yang keluar di tahun 2016 ini yaitu seri JP16. 

Mungkin jika diibaratkan dengan mobil, seri JP16 ini setara dengan mobil Porche Boxster Spyder, karena design dari gitar ini menjadi prioritas utama dari gitar ini, dengan membuang semua hal yang tidak berguna sementara meng-upgrade semua hal-hal penting dalam sebuah gitar, Ernie Ball Music Man akhirnya mengeluarkan seri JP 16 ini. 

Secara bentuk, gitar ini masih mempunyai design yang sama dengan seri JPX sebelumnya, yang juga menggunakan kayu Basswood untuk bodynya untuk menjaga agar gitar ini tetap mempunyai bobot dibawah 8 pon. Perbedaan mencolok dari gitar ini adalah penggunaan Floyd Rose 1000 untuk tremolonya, yang menggantikan tremolo keluaran Music Man yang terdapat pada seri-seri sebelumnya.

[bacajuga]

Penggunaan pickup Dimarzio Illuminator pada gitar ini membuatnya dapat menghasilkan karakter sound dengan midrange yang fat dan attack yang crisp. Dengan menggunakan kayu maple yang dipadukan dengan ebony, neck pada gitar ini menjadi neck tertipis dari seri gitar keluaran Ernie Ball Music Man.

Dari bentuk, sound dan playbility, gitar ini memang telah dikembangkan sesuai riset kebutuhan para shredder yang ingin bermain lebih cepat dengan nyaman. Meskipun dibuat berdasarkan kebutuhan shredder, gitar ini masih masuk kategori flekibel untuk menghasilkan sound yang diperlukan untuk beragam jenis musik. Tetapi jika sudah memasuki ranah rock atau metal, khususnya progressive metal, gitar ini ahlinya.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
242 views
supergears
242 views
supergears
242 views
supergears
242 views
supergears
242 views
supergears
318 views