KORG Pandora Mini, Ampli dan Efek Portable dalam Satu Paket

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 29 June 2018
  • 1680 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Features

Sejak awal beredar pada tahun 1995, seri Pandora keluaran Korg ini terus berkembang tidak hanya dari segi kualitas, tetapi dari segi bentuk yang kian mengecil di setiap modelnya. Di seri terbarunya ini, Pandora kembali hadir dengan dimensi yang sangat compact, kurang lebih memiliki panjang sekitar 3 inci.

Dari awal, seri ini memang mengkhususkan untuk mem-provide sebuah alat untuk latihan yang portable menyediakan sound “jadi”, baik itu untuk gitar maupun bass. Dengan menyediakan tujuh kategori sound; amp modeling, cab modeling, dynamics and pickup modeling, modulation, delay, reverb, dan noise reduction, terdapat lebih 150 sound/efek dalam product ini. Selain itu satu buah benda kecil ini menyediakan 200 presets yang dapat digunakan oleh user-nya (160 untuk gitar, 40 untuk bass) lengkap dengan 200 user location untuk menyimpan setting-an sound yang sudah dibuat oleh user.

Hal lain yang menarik dari unit ini adalah selain kita bisa berlatih dengan sound dan efek layak dengar, benda ini juga menghadirkan fitur metronome dan juga sound drum dengan 100 pattern rhythm berbeda yang dapat disesuaikan tempo dan volumenya. Selain itu, dengan adanya aux input, unit ini juga memungkinkan user untuk berlatih bersama dengan lagu-lagu favoritnya. Oh, dan satu lagi, terdapat fitur pitch control yang memungkinkan kita untuk menyesuaikan lagu yang sedang kita play dengan tunning gitar yang kita gunakan.

Sound

Factory Preset yang dihadirkan di efek ini menggunakan nama-nama yang familiar yang memudahkan user untuk mengetahui sound yang akan keluar hanya dengan melihat nama preset-nya, misalnya Message in A bottle sound, Radiohead’s Tremolo’d, dsb. Meskipun menurut saya pribadi beberapa preset kadang menghadirkan modulasi yang terlalu wet, sehingga mengharuskan user untuk mengedit beberapa preset.

Untuk perihal interface, Pandora menghadirkan interface yang cukup mudah bagi user untuk melakukan editing langsung. Jika user masih kesulitan dalam melakukan editing onboard, Korg juga menyediakan software khusus bagi user yang ingin mengedit sound-nya di PC/laptop, meskipun sejauh ini saya belum pernah mencoba software tersebut karena interface yang diberikan memang sudah sangat simpel dan user friendly, hehe.

Selain itu, Bagi para user yang sudah mulai bosan menggunakan unit ini dengan headphones, Pandora mini ini juga memungkinkan user untuk mengeluarkan sound melalui ampli atau speaker yang lebih besar, meskipun sound yang dihasilkan mungkin tidak sebaik produk lain, seperti Line 6, Vox atau BOSS. Namun untuk latihan, sound yang dihasilkan oleh efek ini sudah sangat cukup.

Conclusion

Overall, Pandora Mini keluaran Korg ini berhasil menghadirkan multi-effect portable yang didesain dengan baik dan sangat user friendly. Meskipun di era smartphones ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur-fitur seperti Tuner, Drum Beats dan beberapa effect, tetapi ternyata dengan dedikasinya, Korg mampu menghadirkan sebuah produk yang lebih baik dengan paket lengkap, baik dari segi sound, fitur, dan interface. Yang pasti, untuk latihan baik itu di kamar hotel ataupun di backstage sebelum manggung, benda ini telah banyak membantu saya untuk mempersiapkan diri sebelum manggung, terutama pada saat tur.

*Foto: Korg, Musicradar

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
690 views