Manggung Tanpa Penonton? Hajar Terus!

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 28 December 2017
  • 1848 Views
  • 15 Likes
  • 41 Shares

Punya band terus bisa manggung di depan ribuan orang, apalagi ribuan orang tersebut menghargai karya kita. Siapa yang gak mau? Ya, bisa dibilang hal tersebut adalah salah satu impian setiap orang yang berkarier di industri musik ini. Namun jika dilihat lebih dalam, kalimat pertama di atas terdiri dari dua gambaran situasi; yang pertama adalah situasi saat musisi/band tampil di hadapan ribuan orang dan yang kedua adalah situasi saat musisi/band tampil di hadapan ribuan orang yang sekaligus orang-orang yang mengapresiasi karya musisi tersebut.

Ada beberapa cerita yang saya dengar, baik itu dari teman-teman sesama musisi ataupun teman-teman di industri kreatif, tentang sebuah band yang ingin tampil di depan banyak orang sampai-sampai band tersebut rela membayar ke pihak penyelenggara acara demi bisa tampil setelah headliner acara tersebut. Well, mungkin ada alasan sendiri kenapa band tersebut melakukan hal itu, entah mungkin ada personelnya yang memang baru bisa tampil pada jam tersebut atau mungkin ada ‘wejangan’ khusus agar tampil pada jam tersebut. Well, who knows. Namun jika alasan mereka adalah agar bisa tampil di depan banyak orang, what for??!!

Let the product speaks itself

Buat saya pribadi, tujuan pertama saya terjun di industri ini adalah untuk berkarya sebaik mungkin. Karena tampil di depan banyak orang—apalagi orang-orang tersebut sangat appreciate terhadap karya kita–menurut saya adalah bonus dari karya yang kita buat. Karena semakin baik karya yang kita buat akan semakin banyak orang yang akan mengapresiasi karya tersebut, dan otomatis akan semakin banyak juga orang yang ingin melihat langsung pertunjukan kita.

Seperti halnya sebuah produk baru, akan ada momen di mana pertunjukan kita hanya dilihat oleh beberapa orang saja, atau bahkan tidak ada penontonnya. Namun seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sebuah karya yang baik akan berbicara dengan sendirinya, toh sudah sering kita dengar cerita band-band besar di luar sana yang mempunyai pengalaman manggung yang hanya ditonton oleh beberapa orang saja saat mereka baru meniti kariernya sebagai musisi.

Untuk teman-teman yang sudah mempunyai karya tapi merasa jumlah audiensnya tidak bertambah, saran saya mungkin hanya ada satu: yaitu tetap berkarya. Karena dengan terus berkarya, akan ada suatu momen di mana kita menemukan karakter atau warna khas dari karya kita sendiri. Dan warna/karakter itulah yang nantinya dapat membedakan karya kita berbeda dari karya orang lain, juga memudahkan orang untuk mengingat karya tersebut.

So buat teman-teman yang berencana atau memang telah memulai kariernya di bidang ini, jangan pernah melupakan betapa menyenangkannya untuk berkarya. Meskipun nantinya akan terdapat banyak sekali aspek yang harus kita mengerti saat terjun sepenuhnya ke dalam industri ini, yang terpenting adalah karya itu sendiri, karena karya tersebut yang akan berbicara pada akhirnya.

2 COMMENTS
  • yukeren

    Cadas

  • dephythreehandoko

    HAJAR

Info Terkait

supergears
351 views
supergears
226 views
supergears
991 views

Membedah Efek Fractal AX8

supergears
1324 views
supergears
759 views
supergears
1199 views

Memilih Audio Interface