Marshall JCM900 reissue

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 25 November 2015
  • 3444 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kali ini akan membahas ampli yang paling sering muncul hampir di setiap venue di Indonesia; JCM 900. Ampli keluaran dari Marshall Amplification memang paling sering tersedia baik di venue maupun di studio latihan/recording. Ampli yang sering digunakan oleh para gitaris rock dan metal pada awal 1990-an ini mempunyai knob paramater yang bisa dibilang simple; dua channel (low-gain A; high-gain B) dengan empat band EQ yang digunakan secara bersamaan.

Untuk Channel A, ampli ini memberikan sound clean dengan clarity dan body yang oke, dengan memberi tambahan reverb bisa dikategorikan sweet. untuk channel B, sound distorsi yang dihasilkan tentu saja Marshall banget, mungkin jika dideskripsikan; sound dengan frekuensi mid-high yang menonjol, secara clarity oke meskipun cenderung agak ‘tajam’. Kadar distorsi yang dihasilkan memang tidak se-brutal ampli high-gain yang beredar di era-era sekarang. Mungkin kita perlu tambahan efek di depannya untuk menambah kadar distorsinya, karena jika knob gain channel-B ini kita geber, sound yang dihasilkan cenderung jadi terlalu fuzzy atau kehilangan clarity-nya. Dari segi ketahanan, ampli ini jelas dapat melalui medan-medan venue, selama enggak dibanting tentunya hehe.

Meskipun diberikan label high-gain, secara sound ampli dua channel ini memiliki karakter yang in my opinion cenderung lebih cocok untuk musik rock. Namun, untuk keperluan saya di panggung, terutama manggung diluar kota/pulau di mana kemungkinan untuk membawa ampli sendiri bisa dibilang kecil dan biasanya ampli ini yang selalu available, ternyata ampli ini mampu mengakomodasi saya mendapatkan sound yang saya butuhkan untuk memainkan lagu-lagu saya di Burgerkill ;) 

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
328 views