Arturia MicroFreak

Membedah Kecanggihan Arturia MicroFreak

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 8 July 2019
  • 720 Views
  • 10 Likes
  • 119 Shares

Ini bukanlah pertama kalinya saya menulis tentang tema synthesizer. Kali ini saya menulis tentang salah satu produk terbaru dari sebuah perusahaan yang bernama Arturia. Sebuah perusahaan asal Prancis yang dibentuk pada tahun 1999 ini sudah sangat dikenal sebagai perusahaan pembuat software dan hardware instrumen musik seperti software synthesizer, drum machines, analog synthesizer, MIDI controllers dan sequencer. Tahun 2019 ini mereka meluncurkan produkter barunya, yaitu MicroFreak.

MicroFreak adalah alat yang fokus pada penggabungan dua unsur analog dan digital. seperti penggabungan kombinasi digital oscillators dengan filter analog. Digital oscillator menyediakan banyak sekali model synthesizer. Alat ini dikenal  banyak sekali sound unik yang dihasilkan dan diyakinkan akan sulit didapat oleh sebuah plug-in pada saat ini.

Selain banyaknya synth analog yang sangat baik dan sangat mudah untuk dipilih, ketertarikan saya melihat alat ini adalah karena penggunaannya yang tidak meninggalkan kesan analognya. Saya banyak sekali teringatkan akan sesuatu ketika melihat cara penggunaan alat ini, semisal dulu menonton beberapa musisi yang banyak mengunakan synthesizer, salah satunya adalah Radiohead, yang pada saat itu masih menggunakan alat yang super analog, dan yang saya ingin rasakan adalah bagaimana sensasi mereka dalam memainkan oscillator dengan media mesin synthesizer yang sangat besar, sampai dengan memindahkan kabel dari satu input channel ke channel yang lain.

Secara kasat mata saya, ketika melihat beberapa musisi yang memainkan alat tersebut saya merasa seolah-olah melihat seorang ilmuwan yang sedang bersatu dengan dunia personalnya dalam sebuah laboraturium. Menurut saya mereka keren karena mereka selalu mencari ramuan frekuensi hingga bisa menghasilkan suara-suara yang aneh, baru, dan unik dalam sebuah imajinasinya.

Walaupun saya bukan orang yang sangat paham dengan dunia synthesizer tapi saya termasuk orang yang sangat selalu tertarik menikmati output suara dari bentuk suara apapun yang ada dalam dunia synthesizer.

Secara desain, MicroFreak bisa dibilang cukup keren. Dengan ukuran yang tidak besar dan terkesan ringan, ditambah faktor pendukung bisa menggunakan power dari USB, faktor lain yang mengundang mata saya adalah ini merupakan sebuah produk hybrid yang sama sekali tidak meninggalkan unsur analognya.

Jadi seandainya saya diharuskan untuk memilih alat apa yang harus saya punya untuk bisa memainkan synthesizer, tentunya MicroFreak akan menjadi alat yang harus saya miliki untuk bisa memainkan synthesizer dengan cara analog.

Features

  • Monophonic/paraphonic synthesizer
  • Digital Oscillator hingga 11 model
  • State variable analogue filter
  • Arpeggiator and sequencer onboard
  • ADSR cycling
  • MIDI/USB

Touch of Madness

MicroFreak membuat ‘sentuhan kegilaan’ dengan membuat kapasitif keyboard dibanding tuts keyboard regular moving keys pada umumnya. Ini  merupakan hal yang bisa dikatakan aneh meskipun tidak jarang ditemukan pada alat yang berprinsip modular.

Tuts keyboard langsung diletakkan pada panel PCB dengan matriks mode terbuka yang akan merasakan kontak langsung dengan kulit jari. Tombol putih dibuat lebih dangkal dan tombol hitam dibuat sedikit lebih tinggi dengan sensitifitas yang sangat tinggi pula. Dinamika suara yang dihasilkan akan tergantung dari seberapa besar tenaga yang dikeluarkan ketika menekan tuts tersebut. Keseruan lainnya adalah ketika menggeserkan jari kita ke atas dan ke bawah pada tuts tersebut itu akan ikut membantu perubahan suara dari pitch atau arpeggio yang sedang kita mainkan, itu semua tergantung dari mode  sequencer apa yang sedang digunakan.

Dengan sensitivitas yang sangat baik, banyak sekali yang merasakan sensasi ketika menggunakan alat ini mereka tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk beradaptasinya, malahan kondisinya terbalik karena mereka justru membutuhkan waktu yang lebih lama dari seringnya mendapatkan notasi yang sifatnya accidental. Sifat accidental dalam menemukan sebuah karya adalah sebuah ide yang mahal bagi seorang seniman.

Get Your Freak On

Dunia synthesizer bertumbuh dan berevolusi secara kuat setiap tahunnya. Dan tidak sedikit orang yang masih setia dengan penggunaan synth dengan alat yang besar, tapi untuk masa sekarang ini tentunya segala macam alat musik yang sifatnya compact sudah harus menjadi suatu pertimbangan untuk dimiliki, walaupun itu sifatnya hanya sebuah alternatif untuk beberapa orang tertentu.

Alat ini tidak diharuskan untuk pemain yang sudah berpengalaman, pemain baru pun sangat tidak direpotkan dengan alat ini, ini adalah pilihan yang menarik yang tentunya akan membantu pengembangan skill dan berkarya bagi siapapun yang memainkannya.

Kita bisa punya beberapa alasan untuk bisa "menggilai" MicroFreak ini. Ya, ini kecil tetapi menawarkan suara-suara yang unik ketika dimainkan, micro in size but big on features.

Secara hargapun alat ini bukanlah harga yang luar biasa dibandingkan kita harus membeli alat analog yang super besar dan yang pasti super mahal. Remember, you don't need expensive equipment to make good music.

Foto: Sweetwater.com, Keymusic.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
623 views
supergears
1175 views
superbuzz
1140 views
superbuzz
1334 views