Memperbaiki Kerusakan Gitar Akibat Banjir

Memperbaiki Kerusakan Gitar Akibat Kena Air Banjir

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Rabu, 8 January 2020
  • 4024 Views
  • 7 Likes
  • 6 Shares

Hujan yang tidak berhenti di malam pergantian tahun 2020 mengakibatkan sebagian wilayah Indonesia terendam banjir. Genangan air menyebabkan peralatan rumah tangga rusak dan ratusan kendaraan bermotor. Di beberapa liputan media nasional, mereka yang peralatannya mengalami kerusakan terlihat mengantri di bengkel untuk diperbaiki.

Lalu apa jadinya jika gitar kalian ikut terendam? Gitar elektronik memiliki komponen elektronik yang membutuhkan perlakuan khusus saat terendam air. Perlu diketahui bahwa air adalah penghantar listrik yang baik, sehingga saat terhubung dengan komponen elektronik dapat menyebabkan korsleting.

Jika hal ini terjadi, maka kerugian anda akan semakin bertambah, terutama kalau gitar dan hardware yang kalian berharga mahal.

Bagi gitar kalian yang terdampak banjir, maka artikel ini akan menjelaskan beberapa tips penanganan petama pasca banjir, dengan tujuan agar kerusakannya berkurang. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

1. Keluarkan gitar dari hardcase atau softcase

2. Lepaskan semua bagian dari body gitar, termasuk hardware dan komponen elektroniknya

Pisahkan semua hardware-komponen elektronik seperti potensio dan sakelar dari body gitar.

Bagaimanapun, kabel tidak akan mungkin digunakan lagi. Jadi, kabel dapat dipotong untuk melepas komponen. Kemudian, komponen elektronik tersebut harus dibersihkan dengan pembersih elektronik yang berkualitas. Berkutnya, simpan komponen itu di dalam beras yang belum dimasak.

3. Keringkan gitar di luar ruangan, usahakan di tempat teduh, sebaiknya dingin

Hal ini dilakukan agar kayu kembali kering. Ketika gitar sudah cukup kering, bersihkan seluruh bagian gitar seperti fingerboard, neck dan lain-lain.

4. Agar kadar air dari kayu hilang, simpan gitar di dalam ruangan lalu keringkan dengan kipas angin

Jangan dulu menggunakan pembersih apa pun pada permukaan hardware dan usahakan jangan  mencoba merekatkan bagian atau lapisan yang rusak sampai body benar-benar kering.

5. Setelah semua tahapan telah selesai, bawa gitar anda ke bengkel gitar berkualitas sesegera mungkin agar mendapatkan perawatan yang lebih professional

Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”, beberapa hal yang paling ideal dilakukan sebelum gitar kalian terendam banjir ialah:

  • Simpan gitar ditempat yang tinggi, seperti di atas lemari atau digantung menggunakan wall hangers.  Buat kalian yang mempunyai ruangan di lantai lebih tinggi, gitar bisa sebaiknya disimpan di sana.
  • Gunakan softcase atau hardcase tahan air, setidaknya dapat menahan air masuk selama dua sampai tiga jam sampai kalian bisa menyelamatkan gitar kesayangan.
  • Hal terpenting ialah melakukan kontribusi untuk mencegah banjir dengan tidak membuang sampah sembarangan, hal yang sangat murah dan mudah dilakukan.  

Itulah beberapa kiat mencegah gitar mengalami kerusakan parah pasca terjadinya banjir. Semoga bermanfaat!

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Hellfroggg