Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu- Bagian II

Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu- Bagian II

  • By:
  • Kamis, 24 June 2021
  • 171 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Persoalan dan tata cara mempersiapkan gear atau senjata kita sebelum masuk dapur rekaman sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Seperti disinggung sebelumnya, bahasan tentang pencarian sound gitar terbaik akan dilanjutkan pada artikel kali ini. Informasi yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini merupakan metode praktis yang seringkali digunakan ketika saya dalam situasi rekaman di rumah. Jadi, jika asumsinya jika berada di studio profesional, maka perlakuan berbeda sangat mungkin dilakukan mengingat kita harus mempertimbangkan dengan alat-alat, ruangan, dan keputusan band. Baiklah, untuk mempersingkat waktu kita mulai saja pembahasannya.

Double tracking

Double tracking atau merekam gitar dalam dua track adalah proses kunci untuk mendapatkan sound gitar yang lebar dan tebal, yang mana proses ini juga secara praktis banyak ditemukan pada band-band rock, metal selama hampir tiga dekade belakangan ini. Yang harus dilakukan adalah merekam bagian gitar yang sama persis dua kali, lalu menggeser dua rekaman yang dihasilkan ke kiri dan kanan untuk menciptakan efek gitar stereo. Gunakan pengeditan untuk menambah atau mengurangi volume jika diperlukan. Jangan membuat jalan pintas dengan menduplikasi track di DAW karena dampak yang dihasilkan akan berbeda, dan tidak akan memberikan efek stereo. Pola duplikasi ini hanya akan membuat bagian itu dua kali lebih keras!

Tips untuk metode double tracking

Biasanya gitaris ingin bagian gitar double-track menggunakan suara gitar yang sama persis di channel kiri dan kanan, dengan simulator amp di masing-masing. Dampaknya, setiap kali melakukan pengaturan amp sim di satu track tertentu, sobat juga harus melakukannya di track ganda. Pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih banyak atau bahkan lebih banyak lagi ketika isian yang diperlukan lebih dari dua track.

Untuk kasus ini beberapa DAW menampilkan fitur pengelompokan (group) atau linking yang memungkinkan pengaturan efek dari semua channel yang ditautkan untuk saling terhubung. Dengan mengaktifkan fungsi group di Cubase's Mixer, misalnya. sobat hanya hanya perlu menyesuaikan satu amp simulator atau efek-efek seperti EQ, kompresi, reverb, dan sebagainya hanya dalam satu kali kerja.

Quad tracking dan dual amps

Mari ke tingkat berikutnya dengan quad tracking, yakni dengan mengatur dua track gitar hard-panned atau disetel penuh ke kanan dan ke kiri. Metode ini membuka opsi untuk menggunakan amplifier virtual dan pengaturan kabinet yang berbeda untuk setiap pasangan. Jika sobat menggunakan fitur grup di DAW, maka harus mengatur ulang untuk mengontrol dua pasang channel, bukan empat sekaligus.

Trik sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan setup amp yang sama persis dua kali, tetapi dengan gain tinggi pada satu 'lapisan' (layer) amp, sebagai sound gitar utama dan gain yang lebih rendah di sisi lain, untuk keperluan artikulasi. Tentu saja sobat juga dapat menggunakan ampli dan cabinet simulator yang berbeda, bisa jadi yang bright dan crunchy yang dipasangkan dengan yang lebih nge-bass.

Menambahkan pedal efek dan noise suppressor

Trik selanjutnya ialah menambahkan pedal efek dan noise suppressor. Trik ini merupakan trik studio yang cukup populer untuk menambahkan kekencangan, nge-cut low, dan menambah warna suara. Saya merekomendasikan menggunakan pedal Ibanez Tubescreamer, maxon od-9, atau horizon sebelum amplifier, seringkali dengan pengaturan drive jam 7 dan level di putar habis, untuk knob tone sobat tinggal menyetel sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Karena metode ini cenderung menghasilkan noise yang besar, maka dibutuhkan pedal peredam noise. Saya cukup lama menggunakan decimator dari pabrikan SP Technologies yang didirikan oleh Buck Waller, yang sebelumnya mengembangkan sistem HUSH untuk Rocktron. Pedal ini sangat populer di kalangan gitaris beberapa tahun belakangan ini. Selain konstruksi yang kuat karena berbahan metal, pedal ini juga mudah digunakan. Sobat bisa menggunakan pada akhir rantai pedal atau memasukan pedal decimator dalam efek loop yang biasanya berada di bagian belakang head amplifier untuk membersihkan noise pada input dan pada preamp.

Demikian tips singkat yang saya bagikan, pada prinsipnya tidak ada metode yang benar-benar pasti untuk mendapatkan suara gitar yang bagus. Jadi jangan takut untuk bereksperimen, karena dengan eksperimen kemungkinan besar sound terbaik bagi musik dan perasaan kita akan ditemukan. Salam.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS