Mengamati Gears Minimalis Milik Terrance Hobbs ‘Suffocation’

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 22 February 2018
  • 3237 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Bisa dibilang ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, tentang tantangan untuk memakai efek minim/sedikit. Karena ternyata salah satu gitaris dari Suffocation juga menganut paham yang sama. Hal itu dapat dilihat dari gears yang dia gunakan selama tur dengan band death metal asal AS tersebut.

Tentang Suffocation

Bagi teman-teman yang belum mengetahui siapa itu Suffocation, mereka adalah band technical death metal asal Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 1990. Sejak merilis album debut Effigy of the Forgotten pada tahun 1991, band ini disebut-sebut sebagai salah satu pembentuk blueprint musik death metal era 90-an. Sebagai pionir technical death metal, band ini telah merilis tujuh studio album sampai saat ini.

Terrance Hobbs

Gitaris sekaligus founder Suffocation ini dikenal di scene death metal dengan style permainannya yang cukup unik; mengombinasikan riff-riff gitar yang cepat dan repetitif dengan tambahan teknik tremolo dan finger tappingStyle ini akhirnya dijadikan sebagai basic style dari genre musik technical/brutal death metal saat ini.

About the Gears

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Terrance Hobbs memang menggunakan gears yang bisa dibilang minimalis, apalagi untuk kebutuhan tur. Berikut adalah gears yang dia gunakan untuk tur bersama Suffocation.

1. Maxon OD 9

Secara sound dan sirkuit yang membentuk efek ini bisa dibilang mirip dengan tube screamer. Yang berbeda adalah efek ini lebih mempunyai “bottom” terhadap sound yang dihasilkannya. Dan juga pada efek ini terdapat switch normal/boost. Terrance Hobbs sendiri menggunakan efek ini sebagai booster untuk ampli yang digunakan.

2. BOSS Noise Suppressor-NS2

Seperti yang teman-teman tahu bagaimana peran dari pedal noise gate bagi para gitaris (bisa baca artikel sebelumnya). Demikian juga dengan Terrance Hobbs, beliau juga menggunakan pedal ini dalam rig minimalis yang dia gunakan. Terrance Hobbs sendiri menggunakan noise gate dari BOSS-Noise Suppressor NS2.

Gears Lainnya

1. Ampli

Terrance Hobbs bisa dibilang merupakan “Peavey maniac”, karena sejauh ini dia selalu menggunakan ampli Peavey, meskipun berbeda seri. Mulai dari seri Peavey 5150, XXX, JSX, 6505 dsb. Kabar terakhir dia tengah menggunakan ampli Peavey 6505+.

2. Gitar

Gitar utama yang sering digunakan oleh Terrance Hobbs adalah B.C. Rich Terrance Hobbs signature Warlock dengan tambahan Floyd Rose Tremolo dan Pickup Dimarzio. Selain itu dia juga pernah menggunakan gitar lainnya seperti ESP.

3. Efek Lainnya

Di samping dua efek di atas, untuk beberapa kesempatan, Terrance Hobbs kadang menggunakan pedal delay Maxon AD-10 Analog Delay dan Sonic Research turbo tuner ST-200.

Conclusion

Seperti yang telah kita bahas, gitaris sekaliber Terrance Hobbs pun menggunakan efek yang minim, bahkan untuk keperluan tur sekalipun. Kesimpulannya adalah tantangan manggung dengan efek minim tidak hanya berlaku untuk gitaris pemula saja, toh gitaris band sebesar Suffocation pun tetap mempunyai tantangan yang kurang lebih sama, meskipun alasannya mungkin berbeda.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
595 views
supergears
1619 views
supergears
2385 views
supernoize
2308 views
superbuzz
2164 views