MENGENAL MIDI BAGI PEMULA BAG II

MENGENAL MIDI BAGI PEMULA BAG II

  • By:
  • Minggu, 27 December 2020
  • 190 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dapat dipahami jika pada bagian sebelumnya perangkat MIDI merupakan perangkat yang ada di sekitar sobat saat ini, dan bagi musisi elektronik/digital MIDI bahkan mempunyai peran yang sangat besar. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa pada dekade 2000-an diproyeksikan terdapat sekitar 2,6 miliar perangkat yang mengaktifkan fitur MIDI. Tidak terkecuali di dalam dunia perekaman modern saat ini, MIDI menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi seorang musisi yang bekerja di ranah musik populer seperti pembuatan musik untuk film, TV, bahkan Video Game. Ini sebenarnya adalah hal yang baik, karena MIDI memungkinkan sobat-sobat melakukan segala macam yang berkaitan dengan musik yang tentu saja menarik dan sedikit berbeda. Dengan demikian mengetahui apa itu MIDI akan menjadi sumber pengetahuan yang berguna bagi musisi milenial, maka dari itu artikel ini akan melanjutkan kegunaan dari MIDI dan peran pentingnya dalam dalam proses kreasi seorang musisi.

APA ITU MIDI SEQUENCING?

MIDI Sequencing merupakan proses merekam note dalam sebuah sistem dan tidak langsung diubah menjadi audio. Data ini biasanya disajikan dalam sesuatu yang dikenal sebagai 'piano roll'. Sekarang yang sebagian besar akan ditemukan ketika menggunakan program Digital Audio Workstation (DAW). Itu berarti pengoperasian MIDI ini harus dilengkapi dengan pemahaman kita terhadap pengoperasian DAW. Sebagian besar perangkat lunak DAW menampilan piano roll persis seperti bentuk piano yang dilengkapi garis-garis tempat menyimpan nada yang akan ditulis, misalkan contoh piano roll dalam CUBASE di bawah ini. 

Dengan piano roll ini sobat akan memiliki keuntungan dan memungkinkan sobat membuat trek dengan akurasi luar biasa. Sobat dapat memastikan not dimulai tepat waktu dan dimainkan selama yang Sobat inginkan (turun ke not ke-32 misalnya). Kasus lainnya misalkan Jika sobat memainkan nada yang salah saat memasukkan MIDI, itu juga tidak menjadi masalah. Cukup seret (drag) dan lepas di tempat yang dituju.

 

JENIS MIDI

Teknologi MIDI telah ada selama lebih dari 30 tahun, dan pertama kali muncul dalam bentuk konektor khusus DIN 5-Pin di bagian belakang keyboard yang digunakan untuk menghubungkan ke keyboard lain atau ke komputer. Meskipun koneksi DIN 5-pin masih digunakan untuk membuat koneksi antara instrumen digital perangkat keras mandiri, selama bertahun-tahun teknologi komputer telah berkembang dan maju begitu pula dengan MIDI. 

Tentu saja, MIDI juga tidak hanya untuk keyboard , alat musik yang dilengkapi MIDI lainnya termasuk drum digital, gitar, alat musik tiup, dan banyak lagi. Untuk musik EDM dan DJ, ada pengontrol khusus yang menggunakan MIDI untuk memproduksi ketukan dan loop serta untuk mengontrol pencahayaan, bahkan jenis baru alat musik digital dan pengontrol sedang diciptakan sepanjang waktu, yang semuanya terintegrasi sempurna dengan instrumen dan perangkat yang ada karena MIDI.

GEAR APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHASILKAN MUSIK MELALUI MIDI?

 Menggunakan komputer

Cara termudah untuk menghasilkan suara menggunakan MIDI adalah dengan menggunakan sekuenser MIDI yang terpasang di perangkat lunak DAW Sobat . Seperti yang diulas sebelumnya, Sobat dapat memasukkan nada secara manual ke dalam piano roll Sobat hanya dengan menggunakan kursor mouse Sobat di dalam perangkat lunak DAW Sobat dan kemudian menyesuaikan pengaturan lain di dalamnya sesudahnya. Tetapi melakukannya dengan cara ini adalah proses yang panjang dan tidak terlalu rumit.

Menggunakan Midi Controller

Cara yang lebih umum untuk memasukkan not ke dalam sekuenser MIDI adalah dengan menggunakan instrumen MIDI. Ini bisa berupa keyboard MIDI, synthesizer dengan kemampuan MIDI atau mesin drum. Di bawah ini adalah gambar Novation Impulse 49 sebagai contoh, jenis ini hanya mampu mengirim atau menerima sinyal MIDI, tidak dapat memutar sinyal audio. Jadi, jika Sobat mencoba menyambungkannya ke amplifier atau speaker tanpa melalui modul suara atau instrumen virtual di DAW terlebih dahulu, tidak akan mengeluarkan suara.

Menggunakan Audio Interface, DAW, dan VST

Saat memainkan serangkaian not pada salah satu instrumen ini, data MIDI akan dikirim untuk not yang dimainkan (angka antara 0 dan 127) dan serangkaian angka lain untuk kecepatan, lengkungan nada, dll. Informasi ini akan dikirim bersama kabel melalui port MIDI out atau USB tergantung pada apa yang Sobat gunakan. Jika Sobat menggunakan kabel MIDI 5 pin tradisional, kemungkinan besar Sobat tidak memiliki port MIDI di komputer Sobat , oleh karena itu Sobat harus menggunakan audio interface, berikut adalah Focusrite Scarlett 2i2 3rd Generation tempat memasang kabel MIDI dan menghubungkan ke komputer dan speaker melalui koneksi USB.

Jika keyboard MIDI Sobat atau perangkat lain lebih modern, kemungkinan hanya menggunakan koneksi USB dan ini dapat dicolokkan langsung ke komputer tanpa memerlukan audio interface. Seperti yang saya sebutkan di atas, USB berfungsi sebagai gabungan MIDI In, Out, dan Thru. Tetapi komputer Sobat sekarang baru saja menerima serangkaian angka, dengan ini saja tidak akan mengeluarkan suara, maka sobat harus memiliki semacam instrumen virtual dalam DAW yang akan menerapkan angka-angka ini dan suara akan dihasilkan. Ada ribuan instrumen virtual atau 'VST' yang dapat diunduh dan ditambahkan ke DAW Sobat atau coba bertanya kepada teman-teman berpengalaman.

Demikian sedikit pembahasan tentang MIDI, semoga saja bermanfaat sekaligus memberi pertimbangan untuk menggunakan perangkat MIDI dalam menunjang karya sobat-sobat

“”Selamat berbelanja””

TAGS:
0 COMMENTS