Mengenal Roll-Up Piano

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 26 July 2018
  • 5290 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Jika teman-teman sebelumnya belum pernah mendengar tentang roll-up piano keyboard, kebetulan benda itulah yang akan kita bahas di artikel ini. Seperti namanya, roll-up piano adalah sebuah piano yang bisa digulung dan dimasukan ke dalam tas atau apapun bawaan kita. Bisa dibilang ini adalah piano yang sangat portable. Karena ‘space bukanlah masalah saat kita menggunakan benda ini.

Saya kira uraian singkat di atas cukup membantu teman-teman tentang ide dari roll-up piano tersebut. Sekarang mari kita bahas fitur-fitur umum yang ada di dalam sebuah roll-up piano:

1.Selain mempunyai fungsi yang sama dengan piano, sebuah roll-up piano umumnya hadir dengan built-in effect, rhythm, midi, adapter, LED display dll

2.Tersedia dalam beberapa ukuran jumlah tuts yang tersedia; 37, 61 dan 88 tuts

3.Menggunakan baterai yang dapat diisi ulang

Desain

Dari segi desain, material yang digunakan oleh roll-up piano adalah karet silikon dan sedikit plastik. Material itulah yang membuat benda ini bisa digulung dan dibawa-bawa. Setiap tuts dari roll-up piano ini menggunakan sensor yang bereaksi terhadap sentuhan kita, yang lalu mengubahnya menjadi suara.

Connectivity

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sebuah roll-up piano umumnya sudah dilengkapi dengan MIDI support dan juga USB port. Jadi user dari benda ini dapat menghubungkan sebuah roll-up piano dengan PC, handphone, ataupun hanya sebagai MIDI controller.

Roll-up piano yang harus dibeli?

Saat ini sudah lebih dari satu jenis brand dari roll-up piano yang ada di pasaran. Dan banyak di antara brand-brand yang ada sudah memiliki kualitas yang sangat baik. Jika kalian memang seseorang yang sudah bisa memainkan piano ataupun kibor, tidak ada salahnya kalau kamu memilih roll-up piano dengan jumlah tuts lebih dari 61 buah.

Jika kamu ingin memiliki benda ini, sebaiknya pilih yang sudah menyediakan koneksi MIDI/USB. Karena fitur tersebut akan sangat membantu jika sewaktu-waktu kamu ingin menggunakan roll-up piano untuk berkarya.

Roll-up piano yang beredar di market juga menyediakan seri yang memang diperuntukkan untuk anak-anak. Dengan jumlah tuts yang sedikit, yaitu 3 octaves. Dengan fitur-fitur seperti volume control, headphone jack and built-in speaker, dll. Di sisi lain, fitur-fitur lain seperti built-in effect, drum playback, demo song dsb akan sangat membantu user, terutama user yang memang masih pemula untuk urusan piano.

And here’s the list:

Seperti biasa, saya akan membuat daftar beberapa roll-up piano yang bisa kalian jadikan referensi jika kamu ingin membeli benda tersebut. Berikut adalah beberapa bendanya:

1. Roll-up piano portable 88-key soft Elastic Music Keyboard Piano

Ini adalah salah satu roll-up piano yang menyediakan jumlah tuts yang ada di sebuah piano konvensional; 88-tuts. Roll-up piano ini juga menyediakan 140 sound plus 30 demo song dan juga 120 playback rhythm. Roll-up piano ini bisa dibilang ingin memberikan simulasi bermain piano konvensional tetapi dengan tambahan experience lain kepada user-nya, mulai dari kualitas tone yang dihasilkan dan juga fitur-fitur yang disediakan. Piano ini juga merupakan jenis roll-up piano yang paling sering dipilih oleh para beginner, salah satu alasannya adalah karena baterai yang tahan lama dan juga desain yang durable.

2. Aufitker Roll-up Piano

Jika kalian mencari roll-up piano yang paling compact, roll-up piano keluaran Autfiker ini bisa jadi salah satu pilihan kalian, dengan dimensi yang minimalis dan berat 1 (satu) pon ini, mungkin bisa dibilang ini adalah salah satu roll-up piano paling compact yang ada di market saat ini.

3. iWord Rainbow Roll-up Piano

Mungkin bisa dibilang sebagai roll-up piano yang paling cocok untuk anak-anak. Karena sesuai namanya, roll-up piano ini hadir dengan warna yang berbeda jika dibandingkan dengan roll-up piano lainnya. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan warna yang ditampilkan, mungkin ini roll-up piano yang cocok bagi teman-teman yang ingin mencari roll-up piano yang lebih berwarna.

Alasan utama kenapa memilih menggunakan roll-up piano bisa dibilang karena flexibility yang ditawarkan oleh benda ini. Meskipun roll-up piano masih mempunyai banyak keterbatasan, tapi benda ini bisa menjadi pemicu untuk kita mempelajari instrumen piano, baik untuk orang dewasa apalagi anak-anak. Dan juga roll-up piano umumnya mempunyai harga yang lebih friendly jika dibandingkan dengan piano konvensional yang memang mempunyai harga yang… you know lah, hehe.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
1138 views