industri alat musik lokal

Menghidupkan Industri Musik dengan Membeli Gears Lokal

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 30 April 2020
  • 2340 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Industri musik merupakan istilah umum yang memayungi segudang operasional yang berbeda. aspek-aspek  dalam musik industri dapat dibagi menjadi tiga kategori di antaranya: rekaman, publikasi dan pertunjukan. Berjalannya industri musik ideal sangat dipengaruhi keselarasan setiap pekerjaan dalam industri yang terkait erat dengan beberapa hubungan simbiosis. Salah satunya ialah produksi alat musik yang mencakup pabrik, distributor, retail, sehingga sampai ke tangan musisi atau konsumen lainnya.

Kemunculan merek-merek internasional di industri musik Indonesia bukanlah suatu hal yang luar biasa. Puluhan tahun mereka memiliki banyak peminat dan dipercaya sebagai alat penunjang pertunjukan mereka. Ketika menyebut amplifier atau gitar, nama yang umum terpikirkan adalah Marshall, Peavey, Trace Elliot, Fender, Gibson, Ibanez dan Yamaha. Semuanya adalah amplifier dan gitar asal luar negeri. Oleh karena itu, harga yang dibanderol merk-merk tadi tergolong mahal. Namun demikian, faktanya, produk buatan dalam negeri tidak kalah dengan produk buatan luar negeri, bahkan tercatat beberapa merek alat musik lokal yang namanya mulai mendunia. Di tengah persaingan merek-merek lokal ini perlahan mulai mencari peluang di pasaran. Bahkan disampaikan oleh Reily (2019) Indonesia dikenal sebagai salah satu negara eksportir komoditas alat musik terbesar ke Eropa, khususnya Jerman.

Beberapa faktor mengapa musisi lebih memilih brand luar ialah kepercayaan akan kualitas, gengsi, dan mudah ditemukan. Ini menunjukkan bahwa brand luar menempati posisi-posisi strategis dalam kompetisi pasar tanah air. Kondisi ini pula yang menjadi kelemahan brand lokal Indonesia dan harus menjadi tugas kita sebagai anak bangsa untuk mendukung dengan membeli brand lokal.  

Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan membeli gears musik lokal berarti mendukung industri musik tetap hidup. Penjelasan ini merupakan hasil pencermatan saya selama menggeluti bidang musik dalam 20 tahun terakhir ini.

1. Membeli gears lokal adalah bukti kecintaan kita terhadap negeri

Secara ekonomi, uang yang dikeluarkan kita untuk membeli gears lokal akan kembali mengalir di Indonesia. Analoginya seperti ini, uang akan mengalir ke supplier, serta pabrik lokal yang akan semakin berkembang dan pastinya Negara akan semakin makmur. Dari analogi tersebut dapat dilihat bahwa supplier-supplier material di Idonesia akan mendapatkan masukkan dana yang nantinya akan digunakan kembali  untuk pengembangan usahanya.

Selanjutnya, karyawan yang mendapat gaji dari pabrik dan supplier itu kemudian akan digunakan untuk membeli barang-barang di Indonesia, baik kebutuhan primer dan sekunder. Itu berarti terjadi perputaran uang di Indonesia yang akan berdampak pada perputaran ekonomi yang semakin sehat. Sehingga dengan ini dapat memberi kesadaran terhadap pemerintah Indonesia bahwa musik dapat menjadi kontributor serius bagi perekonomian lokal dan melalui badan terkait untuk membuat kebijakan untuk penataan industri musik yang lebih ramah terhadap pelakunya.

2. Membeli gears lokal berarti Ikut membantu mengembangkan produk dalam negeri

Dengan membeli gears lokal secara langsung turut membantu pengembangan produk dalam negeri semakin maju. Hal ini didasarakan pada berbagai faktor, yang paling terlihat ialah hasil penjualan ini akan digunakan kembali untuk riset dan pengembangan produknya. Selain itu, pendapatan mereka akan digunakan kembali untuk biaya pemasaran. Seperti iklan di media dan pameran alat musik untuk mencapai target konsumen seperti musisi, pengusaha di bidang musik, komunitas pecinta musik dan fasilitator dalam bidang musik di luar Indonesia. Dengan demikian produk tersebut kan semakin dikenal dan akan melebarkan potensi pembeliannya di luar negeri. Itu berarti Indonesia akan semakin diperhitungkan dalam segi musik dan bisnisnya.

3. Membeli gears lokal akan membuka lapangan kerja bagi mayarakat sekitar dan membangun komunitas.

Menurut pengamatan saya produsen gears lokal tidak hanya mempertimbangkan perihal profit semata, tapi kelanjutan dari hobi yang bisa merepresentasikan nama Negara dan membantu perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya. Seperti prinsip snowball, mendukung usaha lokal dengan membeli produk lokal berarti mendukung bisnis tetap berjalan dan menyediakan lapangan pekerjaan yang kemudian akan turut meningkatkan perekonomian lokal.

Tidak hanya itu, kecintaan terhadap gears lokal juga akan membantu terbentuknya komunitas dan menyatukan orang-orang yang mempunyai kecintaan yang sama terhadap musik. Dampaknya, hal Ini akan memberikan energi pada gerakan lokal sekaligus membantu mengubah perspektif bahwa gears adalah segalanya. Lebih jauh lagi, ketika komunitas lokal terbangun lebih kuat maka peluang tumbuhnya kreativitas dan ide baru akan semakin terbuka. Dengan ini pula kita bisa menunjukan pada dunia apa yang sedang dan telah kita kerjakan.

Demikianlah ulasan saya mengenai alasan memilih gears lokal sebagai upaya menghidupi industri musik tanah air. Seperti dijelaskan pada awal artikel ini, bahwa hidupnya industri musik merupakan output dari kerjasama simbiosis dari seluruh aspek-aspek pendukungnya. Intinya, hidup matinya industri musik ditentukan oleh kita karena dengan membeli gears lokal berarti anda turut menopang infrastruktur pendukung industri musik Indonesia. Oleh karena itu, mari kita dukung industri musik dengan membeli gears lokal sebagai senjata kalian di panggung maupun di studio rekaman. Selamat berbelanja.

0 COMMENTS