Mengulik Basic Toolkit untuk Gitaris

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 31 July 2018
  • 530 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Jika kamu adalah jenis gitaris yang sering otak-atik gitar sendiri, ataupun gitaris yang mulai berpikir untuk mengeset gitar sendiri untuk sekedar setup basic atau maintenance rutin, mungkin ada baiknya kamu mulai mengetahui perangkat yang diperlukan. Karena dengan peralatan yang tepat, melakukan basic setting di gitar sendiri tidaklah serumit yang dibayangkan, apalagi jika maintenance tersebut hanyalah sekadar ganti senar, hehe.

Berikut adalah beberapa perangkat basic yang kamu butuhkan untuk mengeset gitar, dan perangkat berikut dapat kamu dapatkan di toko-toko musik terdekat.

1. String winder and wire cutter

String winder adalah salah satu alat yang akan sangat mempercepat proses penggantian senar pada gitar kita. Namun selain string winde,  alat lain yang juga akan mempercepat proses penggantian senar kita adalah string/wire cutter atau bisa kita sebut pemotong senar. Dua benda tersebut adalah benda-benda yang akan sangat membantu, terutama saat emergency. Menariknya, saat ini Planet Waves sudah mengeluarkan produk yang menyatukan antara string winder dan string/wire cutter.

2. Kunci L

Salah satu benda yang terlihat sepele tapi sangat penting adalah Kunci L. Yup, bagi para gitaris yang menggunakan tremolo up-down pasti akan selalu menyimpan benda ini di gig bag mereka, karena bisa dibilang gitar yang menggunakan tremolo up-down hampir selalu memerlukan kunci L, baik itu untuk keperluan ganti senar sampai sekedar tunning.

Namun, pada kenyataannya tidak hanya gitaris-gitaris ber-tremolo saja yang memerlukan kunci L, karena untuk gitar-gitar dengan tremolo tertentu (contoh: Stratocaster) akan tetap membutuhkan kunci L dengan ukuran tertentu untuk mengeset intonasi dll.

Berikut adalah beberapa ukuran kunci L yang akan kalian butuhkan untuk melakukan setting pada gitar/bass kalian:

  • 1.5mm - metric bridge saddle adjustment
  • 2mm - bass bridge adjustment
  • 2.5mm - Floyd Rose Intonation
  • 3mm - Floyd Rose Locking nuts
  • 4mm, 5mm, 6mm - Guitar Truss rod adjustment / 8mm, 10mm - Bass Guitar Truss rod adjustment

3. Obeng atau screwdriver

Dikarenakan saya belum pernah melihat sebuah gitar yang tidak menggunakan mur/baut, saya rasa screwdriver merupakan alat yang pasti dibutuhkan, baik itu obeng plus ataupun minus.

4. Measuring tools

Alat ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan luthier ataupun di kalangan para teknisi. Namun bagi teman-teman yang memang belum tau apa fungsi alat ini, sebenarnya alat ini digunakan untuk mengukur berbagai hal yang ada di sebuah gitar, terutama dari segi playability.

Umumnya alat ini digunakan untuk mengukur ketinggian senar dan juga untuk mengukur neck sebelum kita melakukan setting truss rod pada gitar. Sekarang ini, measuring tools yang banyak digunakan oleh para gitaris adalah string action gauge keluaran dari Stewart-MacDonald.

Beberapa peralatan di atas adalah benda-benda yang akan sangat membantu para gitaris untuk melakukan beberapa setting simpel pada gitar mereka. Meskipun sebenarnya kita bisa saja tinggal datang ke servis gitar dan terima beres, tetapi sepertinya tidak ada salahnya juga jika kita prepare peralatan di atas, karena toh tukang servis gitar langganan kita tidak selalu ada di samping panggung kan, hehe. Kecuali memang sudah kita hire sebagai teknisi sebelumnya.

*Foto diambil dari berbagai sumber

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
405 views

Mengenal Roll-Up Piano

supergears
572 views
supergears
442 views
supergears
1465 views

Membedah Efek Fractal AX8

supergears
1641 views
supergears
1063 views