Berbagai Instrumen dan Instrumentasi Musik Pop

Mengulik Instrumentasi Musik Pop

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Selasa, 26 November 2019
  • 403 Views
  • 10 Likes
  • 39 Shares

Secara tidak sadar, setiap hari musik pop berseliweran di telinga kita. Saat berkendara, di kendaraan umum, di tempat makan, di rumah, di mall, bahkan di toilet. Tetapi, pernahkah kita bertanya-tanya apa definisi dari musik pop?

Kali ini, saya akan membahas tentang genre pop secara umum serta instrumen-instrumen yang dianggap dapat merepresentasikan dan menghasilkan musik pop. Sehingga buat teman-teman yang berencana membentuk band pop, artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dikutip dari berbagi kamus, istilah "musik pop" berasal dari Inggris pada pertengahan 1950-an sebagai gambaran untuk rock n’ roll dan gaya musik anak muda yang cenderung repetitif.

Pengaruh dan Pengembangan

Sepanjang perkembangannya, pop telah menyerap pengaruh dari sebagian besar genre musik populer lainnya. Hingga saat ini, pop menggunakan balada sebagai bentuk lagunya. Contohnya adalah penggunaan harmoni vokal dari gospel dan soul, instrumentasi jazz, country, orkestrasi klasik, tempo dari musik dansa, hentakan rock, instrumentasi elektronik, beat hip-hop, dan baru-baru ini mengambil rima dari rap.

Pemanfaatan dan inovasi teknologi juga dilakukan. Dari era 40-an hingga hari ini, musik pop telah mengalami beragam transformasi: dari perkembangan mikrofon, instrumen, alat rekam, sampai pola distribusi digital.

Karakteristik

Ahli musik sering mengidentifikasi karakteristik berikut sebagai ciri khas genre musik pop:

  • Ditujukan bagi khalayak umum.
  • Penekanan pada rekaman, produksi, dan teknologi.
  • Kecenderungan mencerminkan tren yang sedang marak.
  • Digunakan untuk mengiringi tarian, atau menggunakan irama yang berorientasi pada tarian.
  • Durasi singkat antara dua setengah dan tiga setengah menit.
  • Umumnya ditandai oleh elemen ritmik konsisten dan struktur musik sederhana.
  • Melodi, lirik dan hook yang mudah diingat.
  • Irama dan melodi sederhana.
  • Lirik lagu-lagu pop modern biasanya berfokus pada tema-tema sederhana, seringkali cinta dan hubungan romantis, meskipun ada beberapa pengecualian.
  • Harmoni dalam musik pop sering "dari nada suara Eropa klasik, hanya lebih sederhana."

Instrumentasi

Satu penelitian menyatakan bahwa rata-rata jumlah instrumen dalam sebuah lagu berjumlah tujuh benda. Hasil itu diperoleh dari analisis 53 lagu yang dianggap paling sukses setiap tahunnya, dari 1960 hingga 201 di tangga musik pop Australia.

Umumnya, instrumen tersebut meliputi drum, bass, gitar elektrik, synthetizer, strings, vokal dan backing vocal. Bahkan, hari ini lebih berkembang dengan penggunaan sequencer.

Sumber foto

Vokal adalah kekuatan utama musik pop. Musik sering disusun agar sesuai dengan lirik ditulis oleh vokalis. Sementara drum dalam musik pop dapat dimainkan oleh seorang drummer atau dapat dibuat secara elektronik. Drum elektronik memiliki suara yang lebih digital yang terasa kurang alami dibandingkan drum yang dimainkan.

Alat musik tiup seperti saksofon, trompet dan seruling lebih berfungsi sebagai tambahan agar aransemen terdengar lebih berisi. Instrumen strings orkestra seperti biola dan cello kadang juga tampil, atau diganti fungsinya oleh kibor elektronik. Gitar adalah instrumen umum musik pop, jenis yang digunakan seperti gitar elektrik, akustik, dan gitar bass.

Khusus gitar, bisa kita lihat apa yang dilakukan oleh The Edge bersama U2 sebagai representasi musik pop. Melalui eksplorasi yang panjang menggunakan delay dan overdubs, ternyata membawanya menjadi salah satu dari 25 Guitar Gods versi Bob Gulla (2009). Dia mampu mendefinisikan kembali permainan gitar “pop” di milenium baru.

Sumber foto

Pendekatan The Edge adalah pola permainan sederhana pada Gibson Explorer, yang disambung ke suara khas amplifier VOX AC-30s ditambah penggunaan efek digital delay, reverb, dan fokus pada texture and melody sederhana yang sangat khas dan bekerja dengan sangat baik. Eksplorasi sound The Edge membantu U2 mencapai tingkat kreatif tertinggi mereka. Hal itu bisa kita simak pada lagu “Achtung Baby” dan “All That You Can't Leave Behind”.

Dan tentunya masih banyak gitaris ataupun musisi yang mempunyai karakter kuat di kancah musik pop. Jadi walaupun sederhana adalah image dari musik pop, tapi genre musik ini bisa dibilang genre musik yang sangat kuat. Tidak hanya dari sisi musikal melainkan sangat kuat dari sisi bisnis dan industri.

Feature image: sumber

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
108 views
superbuzz
216 views
superbuzz
182 views
superbuzz
198 views
superbuzz
361 views