STL Tonality

Mengulik STL Tonality, Plugin Gitar STL Tones Versi Andy James

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 29 June 2020
  • 405 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ketika ingin menciptakan tone gitar terbaik, mungkin saja anda akan berpikir banyaknya hardware yang dibutuhkan. Gitar, amplifier, pedal (stomp box), dan microphone menjadi deretan alat yang wajib dimiliki. Tapi pasti anda juga sadar bahwa deretan alat tersebut akan membuat isi dompet menipis. Tapi tenang dulu, dengan ditemukannya Virtual Studio Technology (VST) plugin, anda dapat menggunakan instrumen virtual dengan kualitas hampir seperti aslinya. Selain lebih murah dan  menyenangkan, pilihan tone dapat anda eksplorasi tanpa batas, persis sama jika anda mempunyai semua alat tersebut. Caranya cukup membuka plugin di komputer, mencolokkan gitar, dan mencoba beberapa preset bawaan dan menyesuaikan settingan dengan kebutuhan.

Belakangan ini salah satu gitaris paling sadis secara teknik di dunia baru saja bekerjasama dengan STL Tones, sebuah perusahaan yang bergerak di di bidang audio plugin untuk menciptakan Signature Guitar Plug-In pribadinya. Plugin ini juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar, terutama mengenal cara gitaris kawakan Andy James meramu formula karakter sound gitarnya. Jadi, apa saja fitur dari STL Tonality ini, mari kita simak bahasannya di bawah ini.

Pada dasarnya STL Tonality adalah plugin gitar lengkap yang dikembangkan secara eksklusif dan merupakan simulasi skema amplifier dan pedal yang digunakan Andy James dalam kesehariannya. Kesan pertama mencoba plugin ini memang membuat perasaan saya takjub. Bukan hanya urusan tone yang dihasilkan, tapi tampilan awal yang cukup futuristik menarik perhatian mata saya.

Ketika awal membuka plugin, saya menemukan deretan model amplifier yang sering kami gunakan saat Burgerkill manggung atau rekaman. Terdapat 3 model amplifier, model pertama; salah satu amp utama yaitu 5150 yang dari segi desain terlihat lebih sedikit modern. Jika anda  memainkan musik rock atau metal model ampli pertama ini sangat cocok untuk menghasilkan karater suara gitar berat, tebal, dan terdengar seperti di depan muka anda. Model ampli kedua dimodelkan dari salah satu amplifier terkemuka di industri musik metal yaitu simulasi 6505 atau bahkan lebih mendekati 6505+ yang bisa digunakan untuk menghasilkan warna tone yang berbeda. Model kedua ini menghasilkan tone yang cukup brutal ketika pengaturannya tepat. Tapi jika dipaksa memilih, saya lebih suka model 5150, ini murni selera pribadi, bagi saya model kedua ini tidak memiliki ketebalan yang sama dengan model pertama. Model ampli ketiga ialah model Vox AC30, kali ini saya harus mengakui bahwa plugin ini berkualitas tinggi. Amplifier ini setidaknya mampu memenuhi kebutuhan saya akan versi plugin dari ampli Inggris yang legendaris.

Anda juga dapat mengatur settingan ampli virtual ini dengan leluasa dan sesuai selera. Misalnya, jenis tabung dapat diubah yang membuka sejumlah kemungkinan karakter tone gitar anda. Beberapa jenis tabung dapat dipilih seperti 6L6, EL34 dan KT88. Lebih dari itu setiap model ampli memiliki pilihan kabinet simulator, namun saya rasa kualitas kabinet simulator bawaan plugin ini lebih dibandungkan dengan kabinet simulator versi lain yang dapat anda panggil pada menu IR loader.

Sebelum kita selesai berbicara tentang amp, plugin Andy James ini memiliki opsi lain yang tersedia. Beberapa pedal bisa digunakan seperti model virtual pedal overdrive maxon 808, preamp Revenant, dan preamp routing switch untuk dapat menggunakan pedal Revenant di depan Amp Anda, atau di bagian Power Amp seperti yang biasa digunakan.

Pedal Revenant bukan hanya pedal distorsi, tetapi juga berfungsi sebagai pedal preamp. Cukup menekan preamp pada routing pedal dan itu akan menonaktifkan preamp dari ketiga model ampli yang sedang digunakan. Itu berarti memungkinkan untuk menggabungkan pedal Revenant dengan masing-masing dari tiga bagian power amp untuk menawarkan warna suara lainnya. Menurut saya ini fitur hebat dan benar-benar membuka banyak kemungkinan ragam tone gitar dengan menggunakan preamp pedal bukan ampli utama.

Saya mempunyai sedikit trik yang dapat anda lakukan untuk menggabungkan beberapa model ampli ini. Anda  hanya perlu beralih ke mode mixer tepat sebeleh kanan normal mode di bagian di kiri atas layar. Trik ini cukup jitu untuk mendapatkan tone yang mungkin saja lebih sesuai selera anda. Kerjasama ini tampaknya berhasil, kombinasi efek Delay, Reverb, dan Lo-Fi yang menjadi favorit Andy James dapar diakses oleh anda sehingga tone lead akan menyerupai settingan Andy James.

Jadi singkatnya, jika Anda ingin mendapatkan tone gitar mirip dengan Andy James, maka plugin ini akan dapat melakukannya dengan mudah. Plugin ini tidak hanya dapat digunakan untuk band-band death metal, metalcore, black metal, djent, dan hampir semua jenis musik yang memerlukan karakter high gain, tetapi anda juga bisa memanfaatkan karakter suara clean dan crunch yang menurut saya lebih dari cukup untuk digunakan di rumah atau di studio latihan. 

Berita baik lainnya STL TONALITY mempunyai versi standalone.  Dengan model standalone sobat bisa dengan mudah menginstal Plug-In, tanpa perlu DAW (Pro Tools, Logic, atau Cubase). Versi tampaknya akan sangat cocok dan praktis digunakan  saat latihan, bepergian, dan dalam situasi live. Jadi penasaran kan??? Selamat berbelanja dan selamat mencoba. 

0 COMMENTS