Boss Metal Zone

Metal Zone: Efek Legendaris Penyelamat Saat Tur

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Selasa, 3 September 2019
  • 452 Views
  • 3 Likes
  • 0 Shares

Pada artikel sebelumnya, saya menulis soal gear yang harus dibawa dan diperhatikan saat tur. Kali ini, saya akan sedikit bercerita tentang alat saya saat tur Super Invasion 2018 di beberapa negara Eropa.

Pada tur tersebut, banyak sekali yang harus dipertimbangkan secara serius dalam pemilihan alat. Salah satunya adalah kebijakan tentang berat maksimum alat yang akan kita bawa.

Perjalanan tur Burgerkill ke luar negeri dimulai pada 2009, di Australia. Saat itu, kami berpikir bahwa tur luar negeri harus membawa alat sebanyak mungkin, dan sebaik-baiknya. Tujuannya menunjukan kualitas terbaik yang kita punya.

Ternyata, dengan pola pikir seperti itu banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi. Semakin banyak alat, selain akan direpotkan dengan beban bawaan, kita juga akan direpotkan dengan urusan birokrasi terutama petugas maskapai penerbangan dan imigrasi dengan regulasi berbeda di tiap negara.

Contoh kasusnya adalah saat salah satu alat yang kami bawa, yaitu head amplifier gitar yang dibawa ke Australia punya cerita lucu.

Saat keberangkatan, ampli itu boleh dibawa ke bagasi pesawat, tapi berbeda dengan kepulangan dari Australia. Amplifier ini tidak bisa diangkut karena alasan berat berlebih dua kilogram dari batas berat yang sudah ditentukan.

Akhirnya, amplifier itu harus dipulangkan lewat pengiriman kargo, tentu biayanya itu sangat mahal.

Dari pengalaman itu, saya dan personel Burgerkill selalu berpikir untuk membawa peralatan seminim mungkin, tapi lengkap kebutuhannya. Awalnya, kita harus membawa amplifier kemana pun, dan harus diantisipasi dengan cara lain. Misal, mengganti amplifier dengan efek digital atau stompbox.

Di tur tahun lalu, saya membawa stompbox efek, ini sangat membantu dan menjadi solusi bagi saya saat menjalani tur Eropa 2018. Stompbox efek ini adalah produk dari merek Boss, seri Metal Zone.

Metal Zone bukanlah efek asing di telinga gitaris. Efek ini mulai dikenal saat hampir setiap studio rental memilikinya. Di tahun 90-an, efek ini sangat cepat digemari oleh gitaris karena menghasilkan distorsi yang sangat besar.

Namun, di era 2000-an saat efek analog lainnya dan digital mulai bermunculan, Metal Zone menjadi cibiran dan bahan ejekan gitaris. Apa yang menyebabkan ejekan ini? Efek ini menghasilkan suara high frequency yang sangat tidak nyaman di telinga. Saya juga pernah menjadi salah satu orang yang pernah mengolok-olok efek ini.

Setelah mendapat beberapa informasi dari beberapa teman yang sudah membaca manual book efek ini, akhirnya saya coba untuk beberapa event seperti workshop dan klinik gitar. Hasilnya pun sangat cukup untuk digunakan.

Akhirnya, saya memberanikan diri membawa efek ini di tur Eropa, bahkan menjadi main source distorsi ketika saya tidak mendapatkan amplifier high gain di atas panggung.

Bagaimana set up yang saya pakai di panggung? Sistem yang saya pakai sangat sederhana: hanya memasukan channel output Metal Zone ke return amp. Hasilnya akan jauh berbeda sekali dibanding kita memasukan channel output dari Metal Zone ke input amplifier.

Ternyata suara high frequency yang sangat khas dari efek Metal Zone akan berkurang saat kita memasukannya ke channel return di amplifier. Sangat sederhana, tapi memiliki hasil suara yang jauh berbeda.

Saya rasa setiap gitaris harus mempunyai efek ini, walaupun hanya sekedar punya. Karena efek ini termasuk kelas legendaris di kalangan gitaris. Saya sudah membuktikannya sendiri.

*sumber foto

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
358 views

10 Album Indonesia Terbaik

supergears
190 views
superbuzz
189 views
superbuzz
271 views
superbuzz
1090 views