MICs FOR GUITARISTS: Mengetahui Mikrofon yang Tepat Untuk Rekaman

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 20 April 2017
  • 6379 Views
  • 3 Likes
  • 0 Shares

Bagi kebanyakan musisi—khususnya gitaris, dari awal kita bermain/belajar gitar, kita akan berada pada pencarian tanpa akhir dalam mencari apa yang disebut ‘perfect tone’. Namun itupun baru setengah dari perjalanan yang harus ditempuh, karena sound/tone tersebut harus tetap bersuara sama bagusnya pada saat rekaman.

[bacajuga]

Memang bisa dibilang pencarian sound saat rekaman adalah topik yang tidak pernah bosan untuk dibahas. Namun langkah pertama dalam mencari ‘good sound’ dimulai dengan good microphone.

Berikut adalah beberapa list mikrofon yang paling sering digunakan untuk rekaman sound gitar.

1. Shure SM57

Untuk teman-teman yang baru memasuki dunia recording (meskipun itu home studio), dynamic microphone adalah pilihan yang tepat untuk digunakan. Di samping harganya yang ekonomis, mikrofon ini cenderung lebih simpel untuk digunakan.

Dan salah satu dynamic microphone yang paling sering digunakan adalah Shure SM57.

Bisa dibilang hampir setiap studio pasti mempunyai mic Shure SM57. Mikrofon yang sangat populer ini sangat mudah didapatkan dan sangat ekonomis. Dan juga ini adalah mic yang sangat direkomendasikan bagi para pemula.

2. Sennheiser MD421

Sering kali disebut sebagai pengganti alternatif dari Shure SM57. Banyak yang berpendapat mikrofon ini bekerja sebaik SM57 tetapi menghasilkan sound yang sedikit berbeda dari SM57.

Jika dibandingkan, MD421 mempunyai respons frekuensi yang lebih lebar dari SM57 (menangkap low dan high lebih banyak ketimbang SM57).

Sebagaimana SM57, Sennheiser MD421 juga sangat fleksibel. Sehingga banyak yang berpendapat ini adalah salah satu benda yang wajib ada dalam daftar mikrofon di studio, karena dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

3. Sennheiser e609

Berbeda dari SM57 dan MD421 yang fleksibel dapat digunakan untuk keperluan lain, mikrofon e609 ini memang sengaja dibuat khusus untuk satu tujuan, yaitu rekaman gitar elektrik.

Terdapat beberapa fitur menarik dari mikrofon e609 ini, seperti:

  • Bentuk yang fleksibel untuk digunakan. Desainnya yang unik membuat kita dapat menggunakan mic ini tanpa menggunakan stand mic di panggung/studio
  • Terdapat hum-compensating coil yang sangat berguna untuk menghalau masuknya bunyi-bunyi lain kedalam mic, seperti bunyi instrumen lain, noise, dll.
  • Supercardioid polar pattern. yang memungkinkan kita untuk mendapatkan variasi tone dengan hanya merubah posisi mic sedikit saja.

4. AKG C414

Berbeda dari ketiga mikrofon sebelumnya, AKG C414 adalah condensor microphone. Ada yang berpendapat jika mic ini adalah mic paling fleksibel dan paling baik yang pernah ada, karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan tetap mempunyai hasil yang sangat baik.

Alasan kenapa mikrofon jenis ini termasuk jarang untuk dijumpai di beberapa studio adalah karena harganya yang bisa dibilang tidak murah.

Banyak yang menggunakan kombinasi antara mikrofon ini dengan dynamic microphone untuk merekam sound gitar.

5. Neumann U87

Jenis condensor microphone yang recommended untuk merekam gitar adalah Neuman U87. Sebagaimana AKG C414, mic ini mempunyai reputasi yang sangat baik di kalangan audio engineer.

Untuk beberapa hal, mic condensor yang mempunyai ‘diaphragm’ yang besar cenderung mempunyai sound yang lebih baik. Meskipun mic condensor memerlukan perlakuan khusus, baik dalam pengoperasian maupun maintenance.

6. Royer 121

Setelah sebelumnya kita membahas beberapa dynamic dan condensor microphone, masih terdapat satu lagi jenis mikrofon untuk merekam sound gitar, yaitu mic jenis ribbon. Jika kita punya cukup waktu untuk membaca berbagai forum tentang mikrofon, kita akan menemukan hal menarik; hampir semua orang yang telah mencoba ribbon microphone untuk merekam sound gitar mereka selalu merasa puas dengan kinerja mic jenis ini.

Namun sayangnya mic jenis ini memang mempunyai harga yang mahal jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Namun, jika budget kalian memang memenuhi untuk mendapatkan mikrofon ini, why not?

Saat kita mulai mendalami tentang dunia rekaman, mikrofon adalah salah satu benda yang akan sering kita jumpai dalam dunia tersebut. Semoga uraian diatas dapat dijadikan acuan bagi teman-teman yang ingin mendalami lebih jauh tentang dunia rekaman yang nantinya dapat membantu teman-teman dalam berkarya lebih baik.

Foto: HOFA TV.

1 COMMENTS
  • manusiakemos

    Todong ya min

Info Terkait

supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
328 views