MXR Carbon Copy Analog Delay

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 4 February 2016
  • 1916 Views
  • 0 Likes
  • 2 Shares

Pada tahun 1969 terjadi inovasi dimana efek delay yang tadinya dihasilkan oleh tape echo unit berukuran besar (sebesar meja) dibuat menjadi lebih compact atau mobile friendly, sehingga para gitaris dapat membawa efek delay ke atas panggung. Meskipun efek analog sempat digantikan oleh digital prosesor, kini efek analog kembali banyak digunakan oleh para gitaris, khusnya efek analog delay. Salah satu efek analog delay yang sedang trend saat ini adalah efek Carbon Copy Delay keluaran MXR.

Secara fitur dan penggunaan. Efek ini dibilang simple, dengan tiga knob; Regen (atau di efek lain disebut feedback), Mix, dan Delay (delay time). Cukup colok jack, sedikit tweak dan kita mendapatkan sound delay yang organic, simple hehe.

Seperti seharusnya analog delay, sound delay yang keluar memang lebih “dark”. Tetapi memang itulah karakter yang dicari dari analog delay, yang sering digunakan untuk “menjinakkan” brightness dari kebanyakan ampli. Untuk delay time, yang disediakan oleh efek ini adalah 600ms, mungkin tidak sebesar yang disediakan oleh digital delay, namun tetap lebih besar dari yang disediakan oelh efek analog delay kebanyakan.

Untuk yang tidak pernah bereksperimen dengan analog delay sebelumnya, efek ini bisa jadi starting point yang bagus. Untuk ukuran analog delay yang pernah saya dengar, efek ini bisa bersuara layaknya unit yang harganya dua kali lebih mahal dari efek ini.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
279 views
supergears
279 views
supergears
279 views
supergears
279 views
supergears
675 views
supergears
675 views