Mooer Ocean Machine

Ocean Machine, Pedal Stompbox yang Bakal Bikin Main Tanpa Banyak Mikir

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Kamis, 4 April 2019
  • 264 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

“Echo, is all about Interacting with the past.”

- Devin Townsend

Sudah lebih dari 25 tahun, Devin Townsend menghiasi dunia musik progressive rock/metal. Tidak hanya terkenal sebagai seorang gitaris, kepiawaiannya dalam bernyanyi pun membuat seorang virtuoso Steve Vai menggaet Devin Townsend untuk mengisi seluruh vokal album kelimanya Sex and Religion (1993).

Dari sudut pandang saya, setelah Townsend mengisi vokal album tersebut terlihat adanya pertukaran energi dari dia dan Steve Vai. Setelah mereka “berkolaborasi” untuk menggarap album seolah-olah permainan gitar Towndsend banyak terpengaruh Vai, pun sebaliknya.

Saya melihat di album-album mereka selanjutnya cara bernyanyi Vai banyak menggunakan alunan vokal ala Townsend. Sebaliknya pun permainan gitarnya pun banyak sekali menggunakan phrasing ala Vai. Dari beberapa sound yang dihasilkan oleh musisi asal Kanada ini, penggunaan echo, reverb dan delay dengan sound yang sangat rich, classy terbilang dominan.

Dalam suatu wawancara, Townsend mengutarakan latar belakang pedal ini yaitu dari 30 album yang ia produksi banyak sekali menggunakan echo, reverb dan delay. Penggunaan echo dan delay ini digunakan dari saat proses awal pembuatan sebuah karya. Namun, hal ini menggunakan banyak tools di dalamnya, contohnya saat membuat karya dia minimal menggunakan dua buah efek delay dan satu pedal echo, yang secara berurutan dimulai dari delay menuju echo ke delay berikutnya.

Hal ini menjadi permasalahan ketika dia tampil di tempat yang sangat kecil, atau di acara keluarga yang tentunya memerlukan banyak kabel dan beberapa perangkat lainnya. Pada akhirnya ia menyiasati bagaimana caranya sound echo atau delay yang ia inginkan bisa dimainkan dalam satu pedal. Meskipun awalnya perkiraan biaya riset dan produksi alat itu akan memakan banyak biaya, tapi akhirnya salah satu produsen alat/instrumen musik yang sudah sangat dikenal di kalangan gitaris mewujudkan mimpi mahal Townsend.

Brand audio Mooer menerima tawaran Devin Townsend untuk berkolaborasi membuat signature effect bernama Ocean Machine. Sebelum menggunakan produk ini, saya sudah sangat percaya bahwa ini adalah pedal efek yang sangat menarik untuk dimiliki oleh seorang gitaris. Saya yakin kalian tidak perlu repot dan banyak berpikir karena produk ini memang sesuatu yang sangat brilian, dan kesenangan dimulai ketika kita mengaktifkannya.

First Impression

Mooer sebagai produsen biasanya membuat efek-efek berukuran kecil, kali ini mereka membuat dimensi yang lebih besar dari biasanya.  Berdimensi 8” X 5” X 1.5” dimensi yang tidak kecil ini bukanlh identitas produk Mooer, tapi Ocean Machine terbukti sangat efisien.

Kesan pertama dari pedal efek ini adalah desainnya yang sangat modern dan eye catching, seolah-olah kita bisa melihat karakter dari seorang Devin. Banyaknya jumlah knob memancing kita untuk selalu memainkan dan bereksplorasi. Desain berwarna biru, knob berwana hitam dan layar LCD di tengah benar-benar akan sangat mengundang mata apabila ditempatkan pada sebuah floorboard saat disandingkan dengan pedal efek lainnya.

Deep See Digital

Dua hal dasar yang digunakan produk ini adalah dua delay terpisah, satu reverb dan sebuah looper. Kita bisa mendapatkan 17 tipe delay, 9 jenis reverb dan merekam untuk proses loop selama 60 detik.

Ocean Machine mempunyai dua model yaitu Pay and Patch. Dalam mode Play, pengaturan dari knob tersebut akan merefleksikan apa yang sedang kita dengar seperti pedal analog biasa. Sedangkan dalam mode Patch, kita bisa save dan recall preset yang sudah kita buat. Semua 24 kombinasi efek dan semua preset akan dikirim ke dalam satu footswitch. Keunggulan lainnya, kita masih bisa tweak settings sambil bermain dalam Patch. Jangan khawatir saat kita mengoperasikan dalam mode Patch, karena LCD pedal tersebut akan memberikan banyak informasi dari apa yang sedang operasikan.

Conclusion

Ide dasar pedal ini adalah agar kita bisa membuat suara atmospheric ambience dengan sederhana, dan hanya dengan memainkan semua tombol yang sedang aktif secara acak.

Ini memberikan banyak solusi karena kita bisa membuat banyak kesempatan untuk memainkan sound yang sangat kaya hanya dengan satu alat yang kecil di manapun. Hal ini akan berdampak pada efisiensi saat kita memainkan dan membuat sebuah karya.

Pedal ini juga memiliki fungsi praktis yang sangat membantu: kita bisa membuat beberapa atmosfir suara pendukung mood saat kita berlatih memainkan nada yang melodius.

Kepintaran dari Ocean Machine adalah sebuah warisan besar dari seorang Devin Townsend yang akan membuat kita bermain tanpa harus berpikir.

*Foto: effectsdatabase

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
625 views
supergears
647 views
supergears
1671 views
supergears
3299 views
superbuzz
3093 views

5 Musicians with Big Muff Pedal