Peran Penting Pedal Noise Gate Bagi Gitaris

  • By: Agung Hellfrog
  • Minggu, 29 October 2017
  • 9321 Views
  • 6 Likes
  • 1 Shares

Pernahkah kalian mendengar pedal efek noise gate? Beberapa mungkin masih ada yang asing. Fungsi dari noise gate sebenarnya simpel: menghilangkan bunyi yang tidak diinginkan. Untuk sekadar pengetahuan bagi teman-teman, cara kerja sebuah noise gate adalah dengan mematikan atau menurunkan besaran sinyal audio sesaat setelah sinyal tersebut turun melewati titik amplitude tertentu, di mana titik tersebut bisa di-setting oleh user. Penjelasan yang terlalu teknis tersebut mungkin lebih mudah dimengerti saat kalian mencoba sebuah noise gate nantinya.

Secara umum, sebuah noise gate selalu memiliki knob pengaturan yang hampir selalu ada di setiap noise gate, yaitu knob threshold, yang fungsinya untuk mengatur di titik amplitude di mana noise gate akan bekerja. Selain knob threshold, beberapa noise gate juga umumnya dilengkapi dengan knob tambahan yang berfungsi untuk mengatur seberapa agresif sebuah noise gate akan bekerja (mematikan atau menurunkan sinyal), yang mana knob ini diberi nama ‘decay’.

[bacajuga]

Menggunakan noise gate menurut saya pribadi bisa dibilang gampang-gampang-susah. Karena apabila kita salah set, akan berpengaruh besar pada cara kita memainkan instrumen kita. Salah satu dampak paling jelas apabila kita salah setting noise gate adalah berkurangnya sustain dari instrumen kita dan juga terdapat perubahan tone dari sound kita keseluruhan. Yang harus diingat saat menggunakan noise gate adalah benda ini berfungsi untuk menghilangkan noise yang tidak kita inginkan, bukan memperbaiki sound kita. Berikut akan kita bahas mengenai beberapa fungsi noise gate.

Menghilangkan Hum

Salah satu masalah yang dapat diatasi dengan mudah oleh noise gate adalah menghilangkan hum dari gitar kita. Sebagaimana kita tahu, pickup single coil lebih rentan terhadap noise khususnya bunyi hum, dan noise gate dapat mengatasi hal tersebut tanpa harus mengorbankan sustain dari si gitar. Secara simpel kita dapat mengeset threshold dari noise gate cukup rendah. Sehingga saat kita berhenti memainkan gitar, noise gate akan langsung bekerja untuk meng-cut bunyi hum tersebut. Mungkin kita akan menyadari bahwa sebenarnya bunyi hum tersebut tetap ada saat kita memainkan gitar kita, karena memang begitulah cara noise gate bekerja, dia hanya akan mematikan sinyal saat sinyal tersebut turun dibawah level threshold yang kita set. Dan saat kita memainkan instrumen kita (di mana sinyal lebih besar dari level threshold yang kita set), noise gate tersebut akan berhenti bekerja.

Noisy Pedals

Noise gate juga dapat mengurangi noise yang dimunculkan oleh pedal lain seperti overdrive, distortion, compressor, dll. Yang biasanya diakibatkan oleh berbagai faktor seperti wiring yang kurang baik, atau solder-an yang sudah lama, ground listrik yang kurang bagus dll. Sebenarnya langkah pertama untuk menghilangkan noise (yang disebabkan oleh pedal) adalah dengan menggunakan “isolated” power supply (dapat dilihat pada artikel sebelumnya). Selain itu noise juga bisa dikurangi dengan menggunakan kabel berkualitas untuk konektor antar pedal yang kita gunakan

Untuk teman-teman yang sudah mulai berniat untuk menghadirkan noise gate dalam rangkaian efeknya, berikut ada beberapa noise gate yang bisa kalian jadikan referensi:

Bersambung ke halaman 2...

[pagebreak]

Berikut beberapa pedal noise gate yang bisa kalian jadikan referensi:

1.BOSS NS-2 Noise Suppressor

Dengan kualitas merek BOSS sudah banyak diketahui orang, dan juga harga yang ‘atraktif’. Noise gate ini bisa dibilang sebagai noise gate yang paling banyak digunakan oleh para gitaris dibandingkan noise gate yang lain.

2. ISP Technology DECIMATOR II

Dengan fitur yang simpel, yaitu hanya menyediakan satu knob threshold saja. Noise gate ini bekerja dengan sangat baik untuk menghilangkan noise dari gear yang kita gunakan, Dan poin pentingnya adalah hampir tidak ada tone yang berubah meskipun kita menge-set threshold cukup tinggi. Meskipun demikian, noise gate ini bisa dibilang pilihan ‘premium’ dan mungkin bukan pilihan menarik bagi yang memiliki budget terbatas.

3. MXR M135 Smart Gate

Seperti namanya, MXR smart gate memang dapat berfungsi secara smart dan juga merupakan pilihan noise gate yang banyak digunakan oleh gitaris professional sekelas Eddie Van Halen dan Slash

4. Behringer NR300 Noise Reducer

Bisa dibilang ini adalah cloning dari BOSS NS-2, dengan fitur yang sama. Pedal noise gate ini merupakan pilihan yang tepat untuk kalian yang mempunyai budget terbatas ataupun kalian yang ingin sekedar meng-explore tentang noise gate. meskipun konstruksinya tidak sekokoh pedal lainnya, namun benda ini dapat bekerja cukup baik dalam mengatasi noise meskipun ada penurunan dari kualitas tone keseluruhan. Namun dari segi ekonomis pedal noise gate ini pantas masuk list.

5. Electro-Harmonix Hum Debugger

Dengan fitur true bypass, mungkin pedal ini lebih pas untuk menghilangkan noise dari gitar kita ketimbang untuk menghilangkan noise yang ditimbulkan oleh pedal yang lain.

Bisa dibilang memiliki noise gate bukanlah sebuah keharusan, karena mungkin ada beberapa teman pernah menemukan contoh kasus tentang gitaris yang tidak menggunakan noise gate. Namun untuk teman-teman yang memang sedang atau akan membangun sebuah pedalboard, sebuah noise gate dalam rangkaian efek kalian akan sangat membantu, meskipun nantinya tidak selalu kalian gunakan, tapi siapa yang tahu kondisi panggung nantinya.

*Foto: Paisante Review, Musician's Friend

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
367 views
supergears
367 views
supergears
367 views
supergears
367 views
supergears
367 views
supergears
341 views