Agung 'Hellfrog'

Persiapan: Apa Saja yang Harus dibawa Saat Tur?

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Rabu, 28 August 2019
  • 190 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Beberapa hari lagi di Jakarta akan digelar festival musik internasional yang diselenggarakan Supermusic dan Java Festival Production, yaitu Hodgepodge Superfest 2019. Festival ini banyak sekali diisi band-band Internasional.

Nah, ngomongin band internasional yang akan tampil di Indonesia, awalnya mereka adalah band kecil yang punya mimpi menggelar tur internasional. Saat ini, semua penampil internasional tentunya sudah mencapai salah satu impian mereka.  

Tur adalah impian bagi sebagian besar band yang sudah terbentuk. Terlihat banyak sekali hal yang menyenangkan saat tur, inilah masa untuk memperkenalkan karya, mengekspresikannya sembari berkeliling ke tempat baru, memperluas pertemanan dan kekeluargaan dengan bermusik.

Selain hal-hal menyenangkan, banyak yang kurang menyenangkan saat tur. Contohnya kondisi tubuh kurang fit, hingga berita kematian diterima saat sedang tur ini adalah konsekuensi bagi band yang sedang menjalankan tur.

Jadi, sebelum berangkat untuk menjalankan rangkaian tur, kita harus sudah mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Selain persiapan fisik dan mental, ada persiapan teknis yang harus kita persiapkan.

Teknis bisa mencakup logistik bawaan kita, ada beberapa daftar kecil yang biasa saya jadikan catatan sebelum berangkat tur. Saya lebih memilih untuk mencatat barang bawaan untuk lebih memastikan, karena bisa dibilang saya termasuk yang pelupa, hahaha.

**

Things For The Band

1. Vehicle Maintenance

Kendaraan seringkali sedikit dilupakan, yang diperhatikan hanya booking-nya saja. Jarang sekali kita mempersiapkan back-up kendaraan apabila terjadi seperti mogok, atau kendala teknis lain, ini akan menjadi masalah besar.

Saat kendaraan yang kita tumpangi bermasalah dan saat itu juga kita harus mencari kendaraan back-up. Jika kita sudah mempersiapkan kendaraan cadangan dari awal, saat terjadi masalah tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan kendaraan pengganti.

Sedikit berlebihan memang, tapi saya pernah mengalaminya bersama Burgerkill. Saat itu, kendaraan mogok di tengah perjalanan tapi karena skenario terburuk sudah disiapkan, yaitu dengan booking satu bis atau kendaraan. Tidak lama kemudian, kendaraan penggantinya datang untuk mengganti bis sebelumnya.   

2. ID Contact Info and Business Laptop

Untuk tur di luar Indonesia, atau luar negara asal kita, ID dan contact info adalah hal yang paling utama diperhatikan oleh petugas imigrasi. Mereka pasti akan mempertanyakan kelengkapan identitas kita, ini adalah penentu apakah kita akan mendapatkan akses untuk tur di negara itu atau tidak.

Merchandise

Merchandise bisa menjadi mesin uang yang bernilai besar saat tur. Hasil keuntungan penjualan merch bisa dijadikan alat penunjang operasional selama perjalanan.

Music Gear

1. Case

Jalanan adalah area yang tidak ramah bagi alat dan instrumen yang kita bawa. Seperti di bandara, semua barang sangat mungkin untuk dilempar walaupun sticker FRAGILE menempel banyak di petinya. Sangat penting untuk melindungi alat-alat berharga kita dengan wadah yang keras dan kasar.

2. Accessories

Dimulai dari pick gitar, senar, drumheads, hingga instrument maintenance tools, ini adalah alat sederhana yang jika tidak ada akan menghambat, bahkan menghentikan kinerja kita. Usahakan bawa dua kali lebih banyak dari yang kita butuhkan. Pernah lihat seorang gitaris mencari toko alat musik terdekat untuk mencari sebuah senar dan tidak mendapatkannya? Saya pernah merasakannya (tertawa).

3. Cables, cables, cables and adapters

Sangat jelas disini, kabel instrumen, kabel mikrophone, kabel patch dan kabel pedalboard. Jangan lupa juga untuk adaptornya. Bawa selengkap mungkin, bahkan lebih untuk menghindari rusaknya kabel pada saat perjalanan. Lebih baiknya setiap kita selesai manggug atau akan melakukan soundcheck di panggung berikutnya kita  cek setiap kabel dengan alat pkhusus pengukur fungsi kabel.

4. Practice tools

Di sebuah perjalanan, alat-alat kita akan disimpan dalam satu tempat secara rapih, pada bagasi kendaraan. Di sisi lain, kita perlu media-media latihan untuk menstabilkan kemampuan bermain kita. Alat-alat ini haruslah yang bersifat minimalis, seperti mini amp, mini effect, traveller guitar, drum pad. Semuanya sangat mudah dijangkau oleh tangan, tanpa perlu bongkar bagasi dan alat yang sudah disusun untuk mengambil instrumen latihan.

5. Laptop, hard drives and storage

Di jaman sekarang yang serba digital, laptop membawa laptop adalah. Set up efek sudah lebih simpel menggunakan laptop, begitupun set up Midi, sequencer yang rata-rata digunakan setiap band untuk konser. Storage yang masih kosong juga sangat diperlukan bagi masing-masing musisi yang mau membuat dokumenter atau vlog perjalanan pribadi.

**

Ada juga beberapa hal yang harus kita ingat. Sifatnya lebih personal, dan hanya kita yang tahu. Dari segi apapun, usahakan kita bisa menyimpan barang-barang secara compact dan seminimal mungkin. Serba salah kan? Hahaha.

Setelah semuanya lengkap dalam daftar check list dan kita sudah siap pergi. Jangan lupa bahwa hal terpenting saat sedang tur adalah selalu berdoa dan bersikap baik.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
36 views
superbuzz
237 views
superbuzz
136 views
superbuzz
189 views
superbuzz
154 views
superbuzz
199 views