Pilihan Para Gitaris Hebat, Digitech Whammy

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 5 October 2015
  • 3565 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Salah satu efek legendaris yang membuat merek DigiTech masuk ke dalam list wajib di rangkaian efek para gitaris. Efek ini pertama muncul pada awal 90-an dan secara cepat diadopsi oleh gitaris-gitaris handal seperti Steve Vai dan Joe Satriani.

Pedal yang awalnya dibuat untuk membantu para pengguna gitar fixed bridge; seperti gitar Les Paul atau Telecaster untuk memanipulasi permainan whammy bar, dimana pada saat itu teknik dive bomb mulai popular dikalangan para gitaris.

Seiring perkebangannya, para gitaris mulai mengeksplorasi efek tersebut dan melihat bahwa memainkan efek tersebut secara “pitch up” terdengar lebih musikal dibandingkan “pitch down”. Mulai dari saat itu terjadilah revolusi cara memainkan efek tersebut yang berimbas pada permainan gitar dan musik itu sendiri.

Era akhir 90-an, di saat munculnya era Hip Metal. kita dapat menemukan banyak gitaris Digitech Whammy pedal dalam karyanya, sebut saja Tom Morello (RATM/Audioslave) yang banyak menggunakan whammy pedal untuk meniru s suara DJ, juga Wes Borland (Limp Bizkit). Atau gitaris metal Dimebag Darrel (Pantera/Damage Plan) dan shredder Herman Li (Dragon Force) yang juga banyak menggunakan efek ini didalam lagu-lagu mereka

Efek yang bisa dibilang user friendly ini menyediakan banyak pilihan suara mulai dari Harmony bend, pitch bend sampai 2 octave ke atas dan juga dive bomb. Hingga saat ini, Digitech Whammy telah dirilis sampai generasi ke-lima.

In My Opinion (menurut saya), digitech whammy harus masuk dalam list wajib bagi gitaris yang suka meng-eksplorasi sound atau style permainan baru terlepas dari style musik yang dimainkan.

Foto: musik-produktiv.co.uk, proaudiostar.com, sweetwater.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
12 views
supergears
12 views
supergears
12 views
supergears
12 views
supergears
12 views
supergears
12 views