Practice Amps: ‘Mood Booster’ untuk Latihan

  • By: Agung Hellfrog
  • Kamis, 31 August 2017
  • 2437 Views
  • 3 Likes
  • 0 Shares

Salah satu anugerah Tuhan yang diberikan kepada manusia adalah kemampuan kita untuk berlatih. Bagi para musisi atau teman-teman yang ingin menjadi musisi, Practice atau berlatih adalah salah satu hal mutlak yang harus dilakukan. Beberapa teman di sini pasti sudah menyadari betapa pentingnya latihan dan bagaimana latihan-latihan yang telah kita lakukan memberikan hasil yang signifikan terhadap apa yang kita mainkan.

Namun bukan tentang bagaimana kita berlatih atau pola latihan yang paling baik yang akan kita bahas di sini. Meskipun hanya sekadar latihan, ternyata mood kita memainkan peranan penting saat kita berlatih. Dan salah satu hal yang cukup memengaruhi mood kita adalah ‘sound’. Pastinya teman-teman di sini sering merasakan mood yang baik saat kita berlatih dengan sound yang juga baik. Demikian juga sebaliknya, sound yang kurang baik akan memengaruhi mood kita saat memainkan instrumen, apapun instrumennya.

[bacajuga]

Saat kita berbicara tentang sound saat latihan, ada beberapa teman yang memang ingin menggunakan sound yang sama persis dengan saat dia di panggung; lengkap dengan ampli head+cabinet 100 watt dan segala jenis efek yang digunakan saat panggung. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan teman-teman lain yang tidak mempunyai fasilitas tersebut, baik dari equipment maupun ruangan yang memadai untuk alat dan volume dari alat tersebut – karena semakin besar watt ampli yang kita gunakan akan semakin besar pula volume yang kita butuhkan agar ampli tersebut bersuara optimal.

Berita baiknya adalah, saat ini bagi para musisi—terutama bagi para gitaris dan bassis—sudah tersedia beberapa pilihan ampli yang dapat digunakan sebagai practice amps atau ampli yang memang khusus untuk latihan. Dan seiring perkembangan teknologi, ampli-ampli tersebut sudah bersuara sangat baik dan menyediakan banyak fitur-fitur lainnya (selain knob volume dan tone saja), yang pastinya akan membuat ‘mood’ kita semakin baik untuk latihan.

Berikut adalah beberapa ‘practice amps’ yang bisa dijadikan referensi bagi teman-teman yang ingin memiliki ampli untuk latihan di kamar ataupun di backstage:

1. Roland Cube 10w

Salah satu hal yang paling menonjol dari ampli ini adalah kualitas dari sound-nya. Dengan teknologi COSM (Composite Object Sound Modeling) yang sering kita temui di efek-efek seperti BOSS seri GT.  Ampli ini memang memberikan tone yang sangat baik dan terasa natural saat kita memainkannya. Selain itu kita diberikan beberapa fitur efek seperti Delay, Chorus, Reverb dll. Meskipun efek-efek yang disediakan ampli ini terbilang basic, namun untuk ‘practice amps’ sudah lebih dari cukup.

2. Blackstar ID: core stereo 20

Ampli yang mungkin cukup ideal untuk digunakan saat recording dan music production. Dengan enam model pilihan suara dan juga 12 stereo effect, ampli ini memberikan user banyak opsi untuk digunakan. Dengan tambahan fitur Tuner, headphones output dan juga software bawaan yang memungkinkan kita untuk connect ke PC untuk recording atau membuat looping sederhana.

3. Vox Valvetronix VT20+

Ide Vox untuk membuat hybrid amps (untuk yang belum tahu apa itu hybrid amps bisa dilihat di artikel sebelumnya) merupakan keunikan sendiri yang ditawarkan kepada para user-nya. Karena ampli ini mampu memberikan kesan ‘warm’ yang merupakan ciri khas dari dari ampli tabung.  Namun dengan gabungan power-amp solid-state, yang membuat ampli ini mempunyai overdrive yang smooth tapi tetap menggigit.

4. Orange Tiny Terror

Jika kalian mencari ampli yang sedikit lebih serius, ampli Orange Tiny Terror pantas untuk dimasukkan kedalam list. Karena meskipun wujudnya yang terlihat kecil, ampli ini merupakan ‘Amp Head’ dan kalian akan membutuhkan sebuah cabinet untuk membuat ampli ini berbunyi. Namun penambahan budget untuk cabinet akan tetap worth untuk sound yang akan dihasilkan oleh ampli ini.

5. Line 6 Spider IV

Line 6 yang memang sudah tidak asing sebagai pembuat amp modelling yang berkualitas dengan harga yang masih terjangkau, juga mengeluarkan seri ampli 30 watt-nya dengan fitur-fitur yang hampir mirip dengan roland cube. Dengan besaran watt tersebut, ampli ini bersuara cukup kencang sehingga dapat digunakan untuk sekadar latihan sampai venue kecil.

Yang harus diingat adalah beberapa ampli di atas tidak ditulis berdasarkan urutan, dan juga sebenarnya masih banyak beberapa jenis ampli lainnya yang dapat digunakan sebagai practice amps seperti Yamaha, Marshall, Mesa/Boogie dan sebagainya. Jadi masih banyak opsi lainnya bagi kalian yang ingin mencari ampli untuk latihan, baik dari segi fitur maupun dari segi harga.

Foto dari berbagai sumber

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
280 views
supergears
280 views
supergears
280 views
supergears
280 views
supergears
675 views
supergears
675 views