Practice Everywhere: Ampli Portabel untuk Latihan di Manapun

  • By: Agung Hellfrog
  • Rabu, 28 March 2018
  • 1748 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Perlukah?

Manfaat yang paling jelas jika kalian memiliki ampli portabel adalah kalian bisa membawa ampli ini kemanapun. Karena ukurannya yang relatif kecil, maka sangat memungkinkan bagi kalian untuk memasukkan benda ini ke dalam gig bag gitar kalian, dan kalian akan bisa menggunakannya di manapun, kapanpun.

Ampli portabel yang ada di pasaran saat ini telah tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang ukuran kecil, agak besar dan juga terdapat berbagai macam tipe untuk menggunakannya, dari mulai headphone-speaker, kabel-baterai. Intinya adalah kategori ‘ampli portabel’ saat ini bukan sekadar ampli kecil dan murahan, karena beberapa jenis benda tersebut juga menyediakan banyak fitur yang lumayan kompleks, bahkan sampai ada yang memungkinkan kita untuk melakukan ‘recording’ simpel di rumah.

Seiring munculnya berbagai permintaan dari fitur-fitur yang ada pada ampli-ampli portabel yang ada di market; mulai dari yang hanya sebagai sebuah ‘practice amp’, sampai dengan yang menginginkan ampli portabel tersebut cukup kuat untuk keperluan manggung. Semakin banyak pula bermunculan jenis-jenis  ampli ini di pasaran, dan juga fitur-fiturnya. Berikut saya akan coba mengulas beberapa ampli portabel yang cukup baik untuk kalian miliki.

Marshall MS-2 Mini Amp

Merupakan salah satu ampli terkecil yang bisa kalian dapatkan tapi dengan kualitas suara yang bisa dibilang sangat baik, dibandingkan dengan ukuran dan harganya. Meskipun Cuma berdaya 1-watt, ampli ini mampu memberikan kalian volume yang lebih dari cukup untuk latihan. Ampli ini menyediakan dua channel suara (clean/dist) dan dapat dihidupkan dengan menggunakan baterai 9v. Jika mobilitas adalah salah satu aspek yang kalian cari, ampli ini harus masuk kedalam list kalian.

Vox amPlug 2 AC30

Ampli yang masuk ke dalam kategori ampli headphone ini menghadirkan sound yang menarik untuk para calon konsumennya. Tidak hanya menghadirkan sound-sound dari ampli-ampli legendaris, ampli ini juga menyediakan beberapa fitur efek-efek seperti reverb, delay, dll. Benda ini dioperasikan dengan baterai (seperti handphone) dengan lifetime kurang lebih 20 jam.

Yamaha THR10C Classic Combo

Sebagaimana kita tahu bahwa brand Yamaha dikenal untuk berbagai produk, tapi amplifier gitar bukanlah salah satu produk yang pernah dikeluarkan Yamaha. Meskipun begitu, saat ini mereka telah berhasil membuat salah satu ampli portabel yang paling fleksibel dengan fitur paling lengkap. Selain sound yang dihasilkan juga sangat baik, produk ini juga mengakomodasi user untuk menggunakan instrumen lain seperti bass ataupun gitar akustik pada ampli ini. Yang membuat ampli ini sangat menarik adalah ukurannya yang masih portable, meskipun banyak sekali fitur yang dihadirkan dalam produk ini. Ampli ini juga dapat dioperasikan menggunakan baterai.

Fender ’57 Mini Twin Amp

Selain gitar, brand terkenal satu ini ternyata juga mengeluarkan produk amp portabelnya. Dan sesuai dengan ekspektasi kebanyakan orang akan brand ini, Fender Mini Twin ini memang sebuah ampli yang layak. Ampli ini menyediakan dua channel (clean/ overdrive) dengan output yang lumayan keras, karena ampli ini menggunakan dua buah speaker dua inci. Meskipun menurut saya pribadi fitur-fitur yang ada di ampli ini tidak sebanyak di ampli portabel lainnya, tapi dari segi kualitas sound, durability desain dan tampilan (meskipun gak penting) benda ini adalah sebuah ampli yang layak… and it’s Fender.

Roland Micro Cube GX

Salah satu produk ampli mini yang pasti sudah tidak asing bagi teman-teman. Roland seri cube ini memang sudah dikenal sebagai ampli kecil yang menghadirkan fitur ‘amp modeling’ yang memang didesain untuk penggunaan di rumah. Seri Micro Cube GX ini adalah seri terkecil dari seri-seri ‘cube’ lainnya. Terlepas dari ukuran kecilnya, ampli ini menghadirkan 8 jenis ‘amp emulation’ yang dapat dipilih. Selain itu, user juga menyimpan (nge-save) setting-an yang sudah dibuat. Dibandingkan dengan ukurannya yang kecil, ampli ini bisa dibilang powerful. Selain itu ampli ini juga dapat dinyalakan menggunakan adaptor atau baterai.

Seperti yang bisa kita lihat, beberapa ampli di atas mempunyai kompleksitas antara satu dan lainnya. Karena tidak bisa dipungkiri, beberapa gitaris mempunyai kebutuhan yang berbeda; mulai dari yang hanya menginginkan fitur ‘plug and play’ sampai dengan yang butuh untuk keperluan home recording. Semakin kompleks ampli maka semakin besar juga budget yang harus kalian keluarkan. Namun harga rata-rata dari list di atas tidak akan menyentuh kisaran Rp 6 jutaan.

So, pilihannya kembali lagi kepada kebutuhan dan keinginan kamu. Yang harus diingat adalah ampli portabel adalah solusi paling real untuk menggunakan ampli tanpa melalui soket listrik, dan apapun ampli yang kamu pilih, jangan lupa tujuan awal kita memiliki ampli ini adalah untuk semakin sering berlatih.

0 COMMENTS