Portal Music

Mic Vlogging

Rekomendasi Mikrofon USB Terbaik untuk Musisi yang Bikin Konten Video

  • By: Agung Hellfrog
  • Minggu, 31 May 2020
  • 17571 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Hal terpenting yang diperlukan untuk vlogging atau bikin konten video adalah mikrofon yang bagus, kamera berada di posisi kedua. Logikanya adalah, tidak ada yang akan mengikuti tips dan trik kamu jika informasi yang disampaikan tidak tersampaikan dengan jelas. Menurut saya, memilih mikrofon terbaik untuk konten video adalah langkah penting dalam menciptakan konten yang berkualitas. Kualitas suara menjadi sebuah faktor yang sama pentingnya dengan kualitas gambar vlog yang diproduksi. Artinya memastikan suara yang berkualitas dalam video yang di produksi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kualitas vlog kamu.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa sebagian besar kamera dilengkapi dengan mikrofon built-in. Tetapi kualitas audio yang dihasilkan mikrofon built-in ini tidak cukup layak untuk digunakan. Solusinya adalah kamu harus menggunakan mikrofon eksternal untuk menangkap suara. Jenis mikrofon yang dapat digunakan sangat beragam, bisa usb mikrofon, lavalier, portabel, dan shotgun, semuanya memiliki manfaat berbeda. Dalam kesempatan ini saya hanya akan membahas mikrofon USB yang menurut saya sangat direkomendasikan untuk kebutuhan vlogging.

Apa dan Mengapa Harus Menggunakan Mikrofon USB

Nah, jika kamu membutuhkan mikrofon portabel dan sangat mudah digunakan, mikrofon USB ini jawabannya. Meskipun beberapa ulasan menyatakan bahwa mikrofon non-USB kemampuan merekamnya lebih bagus dari salah satu dari mikrofon USB yang diulas dalam artikel ini. Tetapi kamu juga tahu kelebihan mikrofon USB ialah lebih irit, dan tidak memerlukan perekam eksternal yang notabene lebih mahal.

Selanjutnya ada beberapa hal yang harus kamu  ketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan mikrofon USB, antara lain:

-Tidak semua mikrofon USB berfungsi dengan sistem operasi Mac dan Windows. Tetapi tenang saja saya telah memastikan bahwa mikrofon usb yang diulas dalam artikel ini memang kompatibel dengan keduanya.

-Terdapat berbagai fitur pola perekaman yang ditawarkan mikrofon USB ini. Jadi sebelum dipakai, jangan lupa untuk mempelajari fiturnya terlebih dahulu disesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya kamu membutuhkan mikrofon yang dapat menangkap suara langsung di depan sumber suara sekaligus mengurangi tangkapan background suara noise, maka pilihlah yang mempunyai pola cardioid. Begitupun sebaliknya jika ingin menangkap audio dari semua sisi mikrofon pilihlah omnidirectional.

Mikrofon USB Audio Technica AT2020+

Perusahaan audio yang berbasis di Jepang ini telah lama masuk ke daftar gear yang harus dibeli dan banyak direkomendasikan pengguna. Harus diklarifikasi bahwa dalam artikel ini saya akan membahas tentang mikrofon AT2020+ dengan output USB, jangan sampai tertukar dengan versi XLR AT2020. Jadi, yuk kita lihat apa saja kelebihan dari produk Audio Technica ini.

Audio-Technica AT2020+ adalah salah satu mikrofon USB dengan pola cardioid dengan harga yang cukup terjangkau. Ukurannya cukup kecil sekitar 62 mm dengan maksimum diameter 52.0 mm. Mikrofon dengan bobot hanya 386 gr ini memiliki kualitas konstruksi berbahan logam yang solid yang dilengkapi grill logam pada permukaan. Jika kamu membeli mikrofon ini biasanya akan dapat satu paket aksesoris seperti yang dilengkapi dengan pop-filter, tripod meja, kantong pelindung, mic adapter, kabel USB dan kartu garansi selama 1 tahun.

Di bagian depan mikrofon kamu akan mendapat beberapa fitur seperti lampu LED biru tepat di belakang grill untuk menunjukkan bahwa mikrofon ini mendapatkan power. Fitur yang menjadi kelebihan lainnya ialah kamu dapat menghubungkan headphone langsung ke mikrofon untuk mengontrol kualitas audio secara real-time dengan nol latensi dan dapat diatur dari tombol di sebelah kiri. Di sisi lainnya kamu juga dapat mengatur tombol volume mikrofon. Di bagian belakang kamu juga dapat menggunakan jack 3.5 mm untuk dihubungkan ke headphone.

Yang menurut saya paling penting ialah kompatibel dengan Windows 10, Windows 7, Vista, XP, 2000 dan Mac OS X. Mikrofon ini juga dirancang untuk menangkap sumber suara apa pun menggunakan perangkat lunak perekaman favorit kamu. Jadi, soal kualitas suara, tidak usah diragukan lagi mikrofon kondensor ini sebanding dengan harga yang dibanderol.

Jika kamu seorang podcaster, vlogger, YouTuber, atau musisi yang ingin membagikan konten secara online. Mikrofon USB ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti tutorial musik dan demo produk karena memiliki fitur respons frekuensi yang halus sehingga cocok untuk podcasting, rekaman di studio atau di luar rumah. Singkatnya, memiliki mikrofon eksternal pada deretan alat-alat vlogging adalah hal wajib dan sangat penting. Jika berpikir bahwa karier sebagai YouTuber akan menambah penghasilan kamu, maka tidak boleh berpikir dua kali untuk berinvestasi dengan membeli mikrofon berkualitas. Karena tidak peduli seberapa hebat ceritamu, seberapa bagus video dan pencahayaannya, jika audionya tidak bagus maka peluang meningkatkan viewers dan penghasilan akan tertutup.

0 COMMENTS