ROBOTIC TUNER: Cara Mudah ‘Tuning’ Gitar

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 21 July 2017
  • 2953 Views
  • 4 Likes
  • 0 Shares

‘Robotic tuner’ pastinya merupakan istilah yang masih asing bagi para teman-teman musisi, bahkan mungkin bagi para teman-teman gitaris sekalipun. Teknologi yang pertama kali diperkenalkan tahun 2007 ini langsung mengundang banyak komentar dari industri ini. Sejak saat itu teknologi terus diperbaiki dan dikembangkan yang akhirnya membawa kita pada produk Tronical Tune.

[bacajuga]

Mungkin kita akan berpikir, bahwa kita tidak memerlukan gear seperti ini karena kita sudah mengetahui cara tuning gitar atau kebutuhan kita sudah bisa dipenuhi dengan memiliki tuner. Namun ternyata persepsi tersebut berubah ketika kita telah mencoba gear tersebut atau ketika kita mempunyai setlist lagu yang membutuhkan tuning yang berbeda setiap lagunya.

Benda ini mempunyai tiga banks yang dapat memuat enam tuning preset di setiap banknya. Totalnya kita mempunyai 12 preset bawaan pabrik dan enam preset yang dapat kita save sendiri. Preset bawaan sudah menyediakan beberapa tuning umum seperti Drop D, half-step down, open G,A,D dan lain sebagainya. Jadi meskipun cuma terdapat enam preset yang dapat kita ubah, preset bawaan pabrik sudah mengakomodasi kita dengan tuning yang banyak digunakan.

Meskipun pada awalnya saya sedikit skeptis terhadap produk ini, namun saat saya ada gigs dengan setlist lagu yang mempunyai tuning berbeda-beda di setiap lagu, benda ini sangat berguna sekali. Karena saya tidak perlu untuk membawa banyak gitar, dan juga lebih menghemat waktu untuk mengubah tuning saat di panggung.

Benda yang dibanderol seharga US$299 ini mungkin hanya dibutuhkan dalam beberapa kondisi khusus. Namun untuk para gitaris, terutama para session player, alat ini akan sangat membantu, baik untuk kebutuhan panggung maupun latihan. Selain itu, untuk para gitaris yang gemar bereksperimen dengan tuning-tuning yang ‘tidak biasa’, alat ini pasti sangat membantu dan bisa saya simpulkan alat ini worth to try kok.

So, Keep learning and open minded!

Foto: skatingdog.com, musicradar.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
328 views