Seberapa Pentingkah Punya Power Supply pada Pedalboard?

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 20 October 2017
  • 7215 Views
  • 4 Likes
  • 1 Shares

Meskipun terdengar simpel, tapi pada kenyataannya memilih power supply untuk pedalboard kita memerlukan ketelitian yang lebih dalam. Karena dengan mempunyai power supply yang baik pada pedalboard, akan memberikan perubahan yang cukup signifikan pada sound yang nantinya keluar dari gear kita secara keseluruhan. Perubahan yang paling mudah untuk dideteksi adalah kualitas dari soundclean’ kita dan juga noise yang berkurang  dari sound keseluruhan.

Di artikel kali ini saya akan membahas sedikit lebih dalam mengenai power supply dan juga memberikan beberapa opsi yang nantinya dapat kalian gunakan sebagai referensi dalam memilih power supply. Sebelumnya jangan khawatir karena kita tidak akan membahas terlalu ilmiah mengenai power supply ini.

[bacajuga]

Mengapa kita perlu power supply?

Menggunakan power supply akan memberikan beberapa benefit yang nyata, seperti:

  • Kita tidak perlu gonta-ganti batere untuk setiap pedal kita
  • Pedal kita akan lebih rapi karena semua kabel power berujung pada satu benda, yaitu si power supply sendiri
  • Terdapat noise yang mengganggu di pedalboard kita
  • Beberapa pedal memerlukan voltase yang berbeda dari pedal umum

Sebagaimana dapat kita lihat, menggunakan power supply akan mempermudah kita dalam beberapa hal, mulai dari cable management, noise, sampai voltase. Terlepas apakah kalian sedang melakukan gigs, ataupun sekadar berlatih dikamar.

Mengatasi Power Supply

Kita tahu, pada umumnya pedal efek (distorsi, overdrive, delay dll) memerlukan listrik dengan spesifikasi 9 volts DC (direct current) untuk hidup. Dan biasanya, untuk mendapatkan ‘listrik’ tersebut, kita akan melakukan satu dari dua hal ini; mencari adaptor 9 volts atau baterai kotak 9 volts. Dan sebagaimana disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa pedal yang memang memerlukan ‘listrik’ selain 9 volts, sebagai contoh: pedal MXR DD-11memerlukan ‘listrik’ 18 volts untuk dapat hidup.

Biasanya kita akan menggunakan adaptor yang dapat menyediakan beberapa pilihan voltase. Jika kita hanya ingin sekadar untuk menghidupkan pedal yang kita gunakan, penggunaan adaptor dengan merek ‘apapun’, asalkan voltasenya sama tidak akan menjadi masalah. Namun jika kita sudah membicarakan kualitas suara, kita akan mulai melihat lebih jauh lagi, yaitu kebesaran arus yang dikeluarkan adaptor tersebut. Seperti misalnya pedal Morley Bad Horsie 2 memerlukan arus sebesar 300mA untuk dapat bekerja secara optimal, dan sayangnya adaptor bawaan Morley dijual terpisah dan termasuk benda yang cukup jarang.

Lantas bagaimana cara mengatasi problem untuk pedal-pedal khusus, ataupun pedal umumnya? Bisa dibilang ada tiga cara yang umum digunakan oleh banyak teman-teman musisi:

1. Menggunakan baterai sebagai sumber ‘listrik’

Sekadar pengetahuan untuk teman-teman, dalam konteks memberikan ‘listrik’ yang stabil dengan noise yang rendah, baterai adalah yang paling baik. Yap, that’s true.

Namun di sisi lain, kita akan selalu butuh untuk membeli baterai baru, terutama saat mau manggung. Karena kasus baterai habis ditengah manggung sudahlah tidak asing, and it's not funny.

2. Menggunakan adaptor

Andaikan kita tetap bersikukuh untuk menggunakan adaptor, kita tinggal memikirkan bagaimana caranya untuk memberikan ‘listrik’ kepada pedal yang lain. Ketimbang membeli satu adaptor untuk satu pedal, terdapat cara lain yang disebut daisy chain (yang mungkin akan kita bahas di artikel lainnya).

Menggunakan daisy chain bisa dibilang merupakan cara paling hemat dan mudah untuk memberikan ‘listrik’ kepada pedal-pedal yang kita gunakan. Namun di sisi lain, menggunakan daisy chain akan memperbesar kemungkinan untuk meningkatnya kadar noise dalam sound yang kita keluarkan, yang disebabkan oleh ground loop dari kabel yang kita gunakan untuk daisy chain tersebut.

3. Isolated power

Gabungan antara ‘listrik bersih’ yang dihasilkan oleh baterai dan juga kemudahan daisy chain adalah dengan menggunakan isolated power atau yang kita sebut dengan power supply.

Yang dimaksud dengan isolated power adalah, penggunaan transformer yang membuat setiap soket dari power supply tetap terisolasi antara satu dan lainnya. atau lebih simpelnya: karena ‘listrik’ dari setiap soket terisolasi, maka "listrik" yang dihasilkan lebih bersih dari daisy chain yang juga berarti lebih rendah noise.

Bersambung ke halaman kedua..

[pagebreak]

Which one?

Berikut adalah beberapa list power supply yang dapat kalian jadikan opsi dalam memilih power supply:

1. Voodoo Lab Pedal Power 2+

Salah satu power supply terbaik yang ada di market saat ini, dengan material yang kokoh, dan juga dengan kualitas ‘listrik’ yang memang reliable. Tapi mungkin dari segi ekonomis, pedal ini bisa dibilang cukup mahal.

2. Truetone 1 SPOT

Jika kalian mencari power supply dengan harga yang friendly, Truetone bisa masuk dalam list kalian. Meskipun masih terdapat sedikit noise, tapi jika kalian tidak keberatan dengan hal tersebut maka benda ini merupakan solusi ideal untuk ‘gitaris kamar’ dengan budget ekonomis.

3. T-Rex Fuel Tank Junior

Jika kalian mencari jalan tengah antara dua opsi diatas, T-Rex Fuel Tank Junior merupakan pilihan yang pas, dengan harga dibawah Voodoo Lab tapi dengan kualitas yang tetap terjaga.

4. Walrus Audio Phoenix

Jika kalian adalah gitaris yang menggunakan banyak pedal dalam pedalboard kalian, Power Supply Walrus Audio Phoenix mungkin akan sangat membantu kalian. Karena pedal ini mempunyai 15 output soket dengan berbagai pilihan voltase.

5. Truetone 1 SPOT Pro CS12

Mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pesaing terdekat Voodoo Lab, dengan 12 output soket dan juga kualitas yang baik, benda ini merupakan opsi bagi gitaris dengan pedalboard besar yang juga menginginkan ‘listrik’ yang berkualitas.

Meskipun sebenarnya masih banyak pilihan untuk power supply di luar sana, setidaknya list diatas dapat kalian jadikan referensi dalam memilih power supply.

Keep playing and stay hungry for information!

Foto cover: RuppertMusicTools

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
263 views
supergears
328 views