ESP LTD Alexi Laiho 600 Signature Series dari Vokalis/Gitaris Children of Bodom

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 2 November 2015
  • 2843 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Gitar signature series dari vokalis/gitaris Children of Bodom yang sepertinya didesain untuk menjadi Ultimate guitar machine oleh pabrikan gitar ESP. dilengkapi dengan Floyd Rose Tremolo, EMG pickup dan desain warna dan inlay yang memang “metal” banget.

Gitar yang menggunakan kayu alder pada body dan maple pada neck-nya, sepertinya mengadaptasi dari bentuk signature series milik Randy Rhoads. Namun dengan sedikit perubahan seperti penambahan cutaway yang memudahkan user untuk mengakses fret-fret tinggi. Konstruksi neck-through pada gitar ini juga mengakomodasi user untuk mendapatkan sustain yang lebih panjang dan artikulasi yang baik. Dan tremolo Floyd Rose tentunya juga menjadi bagian penting dari gitar ini, terutama bagi para gitaris yang senang memainkan teknik dive bomb, warbles, dan dips.

Konfigurasi pickup pada gitar ini hanya menggunakan satu buah Humbucker pickup di posisi bridge, yang mungkin akan membuat beberapa gitaris memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan sound-nya, terutama yang biasa menggunakan neck pickup pada gitarnya. Namun dari segi sound pickup ini mampu mengantarkan kita pada sound high gain dengan clarity yang baik. Saat memainkan chord, setiap not-nya akan terdengar jelas, dan saat memainkan lead di nada-nada tinggi tetap punya punch yang oke (disamping pengaruh dari posisi bridge pickup tentunya), sebagaimana yang dapat kita dengar dari permainan Alexi Laiho sendiri pada lagu-lagunya.

Seri ESP LTD Alexi 600 ini merupakan versi yang lebih “ekonomis” dibanding seri ESP-nya. Secara spec perbedaannya hanya terdapat pada strap button, tuner, dan switch untuk pickup boost (yang hanya terdapat pada seri ESP saja).

Overall gitar bisa dibilang memang diperuntukan untuk musik metal, dilihat dari body shape-nya, dan juga konfigurasi pickup yang memang merupakan posisi pickup yang sering digunakan untuk membuat ampli berteriak. Disamping konfigurasi pickup yang membuat kita lebih terbatas untuk explorasi sound, memainkan gitar ini juga mempunyai tantangan lebih. Jika memang tangan kita belum terlatih untuk memainkan teknik-teknik advance, resiko “kedengaran” salah lebih besar pada gitar ini, karena artikulasi dan clarity yang dihasilkan gitar ini sangat jelas ;)

Foto: boppshop.de

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
16 views
supergears
16 views
supergears
16 views
supergears
16 views
supergears
16 views
supergears
16 views