Slant (Angled) vs Straight Cabinet

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 31 May 2016
  • 1639 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Agak berbeda dari artikel-artikel sebelumnya, kali ini kita tidak akan membahas tentang gear keluaran brand tertentu. Kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan (yang mungkin pernah ditanyakan oleh kalian juga) yang ditanyakan kepada saya tentang speaker cabinet pada ampli gitar. Salah satu pertanyaan yang sering muncul pada saat kita ingin menggunakan speaker cabinet adalah; apakah lebih bagus yang Slant/angled/miring atau yang straight/lurus?

Terlepas dari banyaknya hal yang mempengaruhi bagaimana pendengaran kita menangkap suara, saat kita mendengar langsung suara speaker cabinet (tanpa ada perantara mic dsb) suara dari dari masing-masing bentuk cabinet tersebut akan terasa berbeda satu sama lain. Suara slant cabinet akan terdengar lebih bright ketimbang suara straight cabinet. Demikian juga suara straight cabinet akan terdengar lebih “full” dengan bottom yang lebih jelas dan treble yang tidak setajam ketimbang slant cabinet.

Namun lain halnya saat kita sudah menggunakan media tambahan seperti microphone yang kemudian keluar dari speaker monitor di panggung. Meskipun di beberapa forum banyak yang berpendapat bahwa sound keluaran straight cabinet tetap lebih bagus. Namun, menurut pendapat sound engineer untuk recording ataupun panggung berpendapat bahwa tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan antara keduanya (dengan catatan tidak ada perbedaan lain selain dari bentuknya saja), terutama bila kita menempatkan microphone sedekat mungkin dengan speaker.

Untuk membuat lebih singkat, pemilihan bentuk cabinet speaker (slant & straight) dapat disesuaikan dengan environment kita memainkan musik. namun semua kembali lagi ke selera dan sugesti kita masing-masing hehe..

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
111 views
supergears
111 views
supergears
405 views
supergears
405 views
supergears
405 views
supergears
405 views