STEPHAN SANTOSO: LIVE GUITAR GEARS FOR MUSIKIMIA

  • By: STEPHAN SANTOSO
  • Kamis, 7 April 2016
  • 7777 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Gear yang saya pakai untuk live boleh dibilang cukup unik dan tidak umum digunakan gitaris lain, yaitu Peavey ReValver software dan Muse Receptor hardware.

Beda halnya dengan di studio dimana saya lebih sering memakai amplifier fisik (Marshall, Mesa, dan lain-lain) yang ditodong dengan microphone, untuk keperluan live saya menggunakan sistem digital amp. modelling, direct tanpa mic.

Peavey ReValver adalah amp. modeller yang soundnya cukup meyakinkan bagi saya sebagai pengganti amplifier yg ditodong di atas panggung. Bahkan di studio pun kadang saya menggunakan software ini. Selain sound-nya, yang juga membedakan dengan amp modeller lain adalah full tweakability, yaitu bisa merubah dan mengatur nilai komponen (tube, resistor, dan lain-lain) secara detail.

Muse Receptor adalah computer atau VST player yang dirancang untuk stage live performance. Jika dibandingkan dengan desktop atau laptop/komputer, konstruksinya jauh lebih kuat dan stabil, dan mempunyai koneksi audio dan MIDI built in. Berbagai software dalam format VST dapat di instal di dalamnya.

RJM Mastermind adalah MIDI foot controller yang saya gunakan untuk memanggil preset-preset yang sudah di program di receptor.

Radial JDI adalah passive transformer direct box yang berfungsi sebagai perantara antara output Muse Receptor ke splitter/mixer. Disini level output diturunkan dari line level +4dBu ke mic level untuk menyesuaikan dengan input preamp di mixer.

Keuntungan sistem yang saya pergunakan, jika dibandingkan dengan menggunakan amplifier fisik:

1. Praktis dan simpel (mengurangi jumlah alat dan koneksi kabel, dengan demikian mengurangi kemungkinan terjadinya masalah di atas panggung dan juga mempersingkat waktu setting ketika sound check)

2. Fleksibel (bisa menggunakan berbagai setting dan jenis amp dan effect yang disimpan di dalam user preset, dan dipanggil hanya dengan satu injakan)

3. FOH (Front of House) engineer bisa memaksimalkan sound guitar di PA pengeras suara tanpa terganggu volume level ampli dari panggung. Dengan demikian hampir seluruh audiens bisa mendengarkan suara yang jauh lebih jelas, detail dan seimbang.

4. Sound gitar yang realistis dan konsisten dari venue ke venue, karena model dan setting kabinet & mic sudah tersimpan dalam bentuk IR (Impulse Response).

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
18 views
supergears
18 views
supergears
18 views
supergears
18 views
supergears
18 views
supergears
18 views