TASCAM DP008

TASCAM DP008, Membuat Studio Menjadi Portabel

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 5 March 2019
  • 558 Views
  • 5 Likes
  • 0 Shares

Sudah lebih dari 30 tahun mereka mengenalkan produknya kepada publik, yaitu produk multi-track untuk rekaman pada media kaset dengan feature mixer didalamnya. Sampai saat ini, mereka terus mengembangkan produknya, pengembangan dari analog menjadi digital dengan konsep pengoperasian yang sama.

Salah satu produk unggulan mereka adalah alat perekam pocket-sized digital dengan microphone didalamnya. Alat ini tentunya menjadi sebuah media yang sangat sederhana untuk digunakan, dan dibawa kemanapun tentunya menjadi sebuah alat yang dapat digunakan oleh profesi apapun.

Sekarang mereka meluncurkan sebuah produk baru yaitu alat perekam portable dengan feature mixing studio dan microphone built-in didalamnya. It's cool, isn't it? Kita bisa bawa alat rekam itu kemanapun sekaligus mixing audio di mana pun, so a little finishing can be applied!

Design Brief

Dengan mempertahankan konsep portable-nya alat ini hanya membutuhkan empat baterai AA dengan durasi sepanjang enam jam. Media penyimpanan data alat ini menggunakan SD atau SDHC media, yang tentunya akan memudahkan transfer file WAV ke perangkat yang lain.

Tascam DP008 juga dilengkapi dua buah port USB dimana hal ini akan memudahkan juga untuk transfer file dari DAW manapun seperti Sonar, Cubase atau Protools.  Menariknya, kita bisa export dan import file secara individual track atau keseluruhan hasil mixing.

Di samping semua hal yang serba ringkas, alat ini belum bisa digunakan untuk merekam lebih dari dua track secara bersamaan atau dengan konsep live band. Namun bagi saya, khususnya gitaris, alat yang seukuran kertas A4 dan tentunya masih bisa dimasukan kedalam gig bag ini adalah sebuah alat yang sangat membantu untuk proses berkarya bagaimanapun alat ini merupakan sebuah portable notepad untuk membangun sebuah kerangka lagu.

Media yang sangat kecil menyebabkan alat ini tidak menggunakan fader untuk mengkontrol masing masing track-nya semua dikontrol dengan rotary knobs 8 tracks. Untuk menghindari routing confusion, Tascam membuat assigment page yang sangat sederhana

Dengan tetap mempertahankan konsep yang user friendly seperti produk-produk sebelumnya, secara hasil audio beberapa reviewers mengatakan hasil audionya bisa dibilang sangat baik dengan didukung oleh high impedance input dan free digital noise.

Conclusion

Setelah saya melihat beberapa review tentang alat ini, saya merasa alat ini merupakan rekomendasi bagi instrumentalist khususnya gitaris dan bassis yang selalu ingin merekam ide-ide mereka, merekam hasil jamming atapun merekam hasil manggung dengan dua track tanpa harus membawa apapun lagi.

Drum machine, tuner, amp simulator, bass synth, effects sudah include di dalamnya. Sekali lagi, alat ini bisa dimasukan ke gig bag gitar, jadi alat ini bisa terlupakan sampai dia diperlukan.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
693 views
supergears
985 views
supergears
7135 views
supergears
5505 views
supergears
6049 views
supergears
7293 views

Memilih Audio Interface