The Beast Marshall JCM800 2203 Kerry King

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 19 October 2015
  • 2816 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Marshall JCM800, untuk musisi/gitaris penggemar rock 80-an ampli ini mungkin terdengar familiar karena hampir selalu ada sebagai dipanggung bersama band-band mulai dari band classic Judas Priest sampai band glam-rock Poison. Ampli yang bersuara crunch rock n roll ini selalu menjadi pilihan pada jamannya.

Hal yang cukup ajaib pada era itu adalah ketika Kerry King (gitaris dari band trash metal “Slayer”) berhasil membangkitkan ampli ini untuk menghasilkan distorsi ke level berikutnya yang kemudian menjadi acuan sound bagi para gitaris Hardcore, Trash dan Death Metal di generasi berikutnya.

Sehingga pada tahun 2005, Manager dari Marshall amplification meminjam ampli yang digunakan oleh Kerry King lalu dibuatlah seri Marshall JCM800 2203KK (Kerry King). Yang membedakan ampli ini dengan JCM800 2203 umumnya adalah adanya penambahan dua buah knob; “Assault” dan “gate”. Knob Assault berfungsi sebagai booster, sehingga kita dapat mengatur kadar boost yang kita inginkan. Sedangkan knob gate berfungsi sebagai noise gate.

Saat kita memainkan ampli ini dengan settingan gain yang cukup rendah, kita akan mendapatkan sound classic JCM800; Crunchy! Dan ketika mulai membuka gain lebih tinggi, kita akan mendapatkan sound classic Hard Rock khas JCM800 2203, drive yang lebih banyak dan tetap punya clarity yang oke.

Dari titik inilah knob assault mulai berperan untuk mendapatkan sound yang brutal khas Kerry King. Tetapi saat kita memutar knob assault terlalu tinggi, clarity akan sedikit berkurang dan mulai muculnya noise tambahan, namun dengan knob Gate yang ada berfungsi seperti seharusnya; langsung menghentikan suara saat kita berhenti memainkan gitar.

Kesimpulannya, Benda ini memang ampli Heavy Metal, pure and simple. Jika kita ingin sound Blues yang lebih spesifik atau sound clean, mungkin sebaiknya cari ampli lain. Kabar baiknya adalah, gitar ini dijual dengan harga yang bisa dibilang cukup murah,, jika dibandingkan dengan ampli signature series juga tentunya ;)

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
322 views
supergears
322 views
supergears
322 views
supergears
322 views
supergears
322 views
supergears
336 views