Peavey 5150 Tidak sebatas Van Halen

  • By: Agung Hellfrog
  • Senin, 21 September 2015
  • 5204 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

5150. Bagi para gitaris, sosok yang muncul di kepala saat melihat angka tersebut pastilah Edward Van Halen, gitaris legendaris yang membawa permainan gitar ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun bukanlah sosok sang gitaris yang akan dibahas pada artikel kali ini, melainkan sebuah ampli gitar keluaran dari Peavey Electronics pada tahun 1992 yaitu Peavey 5150. Ampli yang pada awalnya dibuat sebagai signature model untuk Edward Van Halen ini mungkin merupakan salah satu ampli impian para gitaris metal. Ya, sepertinya sang gitaris (Eddie Van Halen) merupakan seseorang dengan visi yang sangat jauh kedepan. Entah disengaja atau tidak ampli Peavey 5150 ternyata mampu mengakomodasi tidak hanya sebatas untuk musik rock saja, tapi hingga musik yang menurut saya jauh lebih keras dari musik Van Halen itu sendiri, sebut saja band-band seperti; Soilwork, Arch Enemy, Machine Head, In Flames, All that Remain, dll.

Selain knob pre/post gain mungkin hampir tidak ada yang yang berbeda bila dibandingkan dengan ampli tabung lainnya. Lantas “What’s so special about this amp?” Apa yang special dari ampli ini sehingga banyak dicari oleh para gitaris;

LOUD, (keras, kencang, berisik, apapun namanya) ampli dengan 5 tabung preamp 12AX7 dan 4 tabung power 6L6 ini mempunyai headroom yang besar yang membuatnya bisa bersuara sangat keras.

Clarity yang tetap terjaga saat di setting high gain. Ya, stand out point dari ampli ini adalah kalian dapat memiliki tone yang jelas meskipun dengan balutan distorsi yang Heavy. mungkin salah satu ampli yang mempunyai tone paling jelas saat digeber high gain. Sangat cocok untuk gitaris yang memainkan jenis musik rock dan yang lebih keras dari itu.

Kekurangan dari ampli ini adalah, ampli ini sangat tidak cocok untuk dipakai sebagai ampli latihan gitar, terutama latihan dikamar berukuran 3x3 meter, karena ampli ini bersuara sangat baik saat dimainkan dengan level yang lumayan tinggi, terkecuali mungkin untuk gitaris dengan pendengaran yang sudah kurang baik ATAU gitaris yang siap nerima konsekuensi dari memainkan ampli berdaya 120 watt yang digeber. Kekurangan lainnya adalah ampli seri ini sudah lumayan sulit dicari, jikapun ada mungkin kondisi tabung sudah mulai menurun (penyakit umum ampli tabung), namun kabar baiknya adalah Peavey Electronic mengeluarkan seri lanjutan dari seri 5150 ini yaitu seri 6505 atau seri 6534+ yang mungkin kita dibahas di artikel selanjutnya.

Overall, untuk kalian para gitaris metal ampli ini merupakan recommended gear dari segi harga dan kualitas.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
119 views
supergears
119 views
supergears
119 views
supergears
119 views
supergears
448 views
supergears
448 views