Tiga Efek Gitar Digital Terbaik 2019

Tiga Efek Gitar Digital Terbaik di 2019

  • By: Agung 'Hellfrog'
  • Senin, 27 January 2020
  • 2458 Views
  • 6 Likes
  • 8 Shares

Bagi seorang gitaris, efek gitar menjadi perangkat yang sangat menunjang penampilan panggung maupun studio. Setiap tahunnya, merk-merk ternama menawarkan efek-efek digital dengan fitur yang cukup menggoda. Selain menawarkan teknologi terbaru dengan sound yang hampir menyerupai amplifier aslinya, tools ini menawarkan kepraktisan yang tidak akan didapatkan jika menggunakan perangkat analog. Unit multi-efek yang akan dibahas di artikel adalah solusi bagi gitaris, saat manggung atau tur.

Di tengah kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi, banyak gitaris yang banting setir menggunakan efek digital. Salah satu kelebihan efek digital adalah fleksibilitas dan multi-fungsi; terdapat beragam jenis amplifier dan efek yang bisa digunakan dalam satu perangkat. Sementara, kekurangan yang paling sering diulas oleh adalah suara yang dianggap kurang natural, atau mudah rusak (ini berhubungan dengan ketidakstabilan tegangan listrik di Indonesia), serta kerumitan operasional.

Kemudian, 'Mengapa digital multi-efek?. Jawaban paling sederhana adalah “kepraktisan” yang bisa didapatkan tanpa mengurangi kualitas karakter sound yang dibutuhkan. Dari segi biaya, dapat dianggap sebanding dengan amplifier dan efek analog. Mari kita lihat jajaran pedal multi-efek terbaik di 2019.

1. Fractal Audio AX8

Fractal Audio AX-8 adalah salah satu pedal multi-efek terbaik dikelasnya. Pedal ini dapat di-upgrade, dan menawarkan banyak pilihan efek. Dari segi fitur, pedal ini juga tergolong multi-efek yang berbahan kokoh dengan desain modern. Selain itu, efek ini juga cukup portable, dengan bobot yang tidak terlalu berat efek sehingga kita bisa membawanya menggunakan tas punggung.

Pilihan model cabinet, amplifier, dan speaker di sini sangat banyak dan mencakup hampir jenis amplifier klasik era 50-an hingga saat ini. Memori internal dapat menyimpan 512 preset, sementara tambahannya bisa disimpan dengan USB AX8 saat terhubung ke komputer. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, banyak gitaris dunia seperti Joe Satriani, Steve Vai, Guthrie Govan, mulai beralih menggunakan Fractal Audio AX-8.

2. Line 6 Helix LT

Line 6 Helix LT menjadi pilihan selanjutnya. Line 6 dapat disebut pelopor hardware amplifier yang terjangkau. Dengan efek ini, anda akan mendapatkan 62 model amplifier, 37 kabinet, 16 microphones, dan 104 efek. Belakangan ini, efek dengan fitur pemodelan amplifier menjadi pusat perhatian para gitaris. Kemudian, Line 6 merilis Helix LT dengan menggabungkan model amp dan efek dalam pedalboard yang cukup kokoh. Sama seperti Fractal AX 8, yang berbahan aluminium, Line 6 Helix LT memiliki daya tahan sangat baik jika dibawa tur, sehingga tidak aneh jika Andra Ramadhan dan Choki ‘Netral’ mempunyai jadwal tur padat memilih Helix.

3. Mooer GE-200

Saya punya cerita menarik dengan efek ini: berbobot sekitar 1.4 kg, efek ini menjadi senjata selama tur Amerika Serikat bersama Burgerkill. Jangan tertipu ukurannya, efek ini menjanjikan fitur sangat lengkap jika dibandingkan dengan harganya. Menariknya, efek ini dapat dioperasikan dengan mudah, dan dapat digunakan sebagai audio interface. Kalian dapat menyimpan 200 preset dengan ramuan 55 model amplifier, 36 model cabinet, 70 macam efek, looper dan drum machine. Bahkan, anda dapat mengupload IR sendiri.

Bagi anda yang senang melakukan eksperimen suara, multi efek kecil ini dilengkapi pedal ekspresi dan casing berbahan logam. GE 200 dapat digunakan langsung melalui input amplifier atau direct, sekaligus mengatur output sesuai kebutuhan. Efek ini saya kira didesain untuk dapat disesuaikan dalam berbagai set-up. GE- 200 menjadi sebuah produk multi-efek yang cukup bersaing dengan merk-merk ternama di atas, karena dengan harga murah kalian dapat mendapat keuntungan serupa.

Rasanya cukup logis jika tiga merk tadi menjadi tiga urutan teratas pilihan gitaris Indonesia di 2019. Dengan kemampuan Dual Signal Processor yang berkembang pesat dari prosesor modern, tiga pedal multi-efek ini juga sudah dapat memberikan satu solusi karakter sound dan meramunya dengan amplifier serta efek yang tersedia. Keduanya lengkap dengan pemodelan amplifier gitar klasik hingga modern dan beberapa impulse response (IR).

Saya kira tahun 2020 akan menjadi tahun yang menyenangkan dan menyedihkan untuk gitaris. Beberapa merk ternama telah mengumumkan perilisan multi efek terbaru dengan berbagai kelebihannya. Jadi, mari kita tunggu saja multi efek apa lagi  yang akan dirilis tahun ini.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
443 views
superbuzz
466 views
superbuzz
964 views